PELATIHAN MENCIPTA LAGU ANAK PADA GURU PAUD DI KEC. ABTB KOTA BUKITTINGGI DAN KEC. TILATANG KAMANG KAB. AGAM

Isi Artikel Utama

Indra Yeni
Irdhan Epria Putra

Abstrak

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh permasalahan guru dalam mencipta lagu anak dan keprihatinan terhadap perkembangan lagu-lagu anak. Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan, lagu-lagu yang dinyanyikan saat ini pada kegiatan menyanyi di lembaga PAUD secara umum dapat dikatakan : 1) monoton, 2) tidak berkembang seiring dengan perkembangan lingkungan sosial anak; serta 3) Guru-guru umumnya masih mengajarkan lagu-lagu lama. Dapat dikemukakan bahwa hampir tidak ada lagu baru yang dinyanyikan pada setiap kegiatan pembelajaran di lembaga PAUD, baik yang diciptakan guru maupun pihak lainnya. Hal tersebut disebabkan oleh fenomena antara lain : 1) Rendahnya pengetahuan pendidik dalam mencipta Lagu-lagu anak; 2) Materi Musik yang tidak sesuai dengan Usia Anak; dan 3) Sarana dan Prasarana yang tidak memadai. Tujuan pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah guru dapat memiliki keterampilan tentang tata cara dan langkah-langkah mencipta lagu sederhana. Pelatihan ini juga mengulas kembali dan memberi penyegaran kepada guru tentang menggunakan notasi musik untuk mengenalkan lagu anak. Metode pengenalan yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah dan demonstrasi. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dipusatkan di dua lokasi yaitu PAUD Tunas Bangsa dan PAUD Restu Ibu. Hasil dari kegiatan pengabdian ini berupa produk lagu hasil karya guru-guru PAUD di Kecamatan ABTB dan Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam.

Kata Kunci : Cipta Lagu; Lagu Anak; Musik, PAUD.

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Indra Yeni, Universitas Negeri Padang

Universitas Negeri Padang

Irdhan Epria Putra, Universitas Negeri Padang

Universitas Negeri Padang

Referensi

  1. Asyar, Rayandra. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.
  2. Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Fokusmedia.
  3. Elliot, David James. 1995. Music Matters: A New Philosophy of Music Education. London: Oxford University Press.
  4. Hendrie, Gerald dan Bray, Trevor. 1978. Introduction to music. An Arts Foundation Course Series. London: Open University Press.
  5. Jamalus. 1998. Pengajaran Musik melalui Pengalaman Musik. Jakarta: P2LPTK. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
  6. Kamtini, dan Tanjung, Husni Wardi. 2005. Bermain melalui Gerak dan Lagu di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
  7. Kamien, Roger. 1998. Music an Appreciations. Annotated Instructor's Edition. New York: McGraw-Hill Book Company.
  8. Mahmud, A.T. 1995. Musik dan Anak. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
  9. Pekerti, Widia, dkk. 2008. Metode Pengembangan Seni. Jakarta: Universitas Terbuka.
  10. Pilhofer, Michael dan Day, Holly. 2007. Music Theory for Dummies. New Jersey: Wiley Publishing Inc.
  11. Rachmi, Teti, dkk. 2008. Keterampilan Musik dan Tari. Jakarta: Universitas Terbuka.
  12. Sadiman, Arif S., dkk. 1990. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: CV. Rajawali.
  13. Sanaky, Hujair A.H. 2011. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.
  14. Soedarsono, R.M. (ed). 1992. Pengantar Apresiasi Seni. Jakarta: Balai Pustaka.
  15. Yeni, Indra. 2009. Pengantar Seni Musik untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Padang: Sukabina Press.
  16. Yeni, Indra. 2012. Metodologi Pengembangan Seni Musik /Suara. Padang: Jurusan PGPAUD FIP Universitas Negeri Padang.
  17. Yeni, Indra. 2016. Teknik Iringan Lagu Anak Penggunaan Keyboard sebagai Instrumen Ritmis. Jakarta. Prenada Group.