KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA DINI DENGAN MEDIA MOVING FLASHCARD DI TAMAN KANAK-KANAK DARUL FALAH LUBUK BUAYA PADANG

Yulsyofriend .

Sari

Kemampuan membaca anak di Taman Kanak-kanak Darul Falah Lubuk Buaya Padang, belum berkembang dengan optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Media Moving Flashcard terhadap Kemampuan Membaca Anak di Taman Kanak-kanak Darul Falah Lubuk Buaya Padang. Populasi penelitian adalah seluruh anak Taman Kanak-kanak Darul Falah Lubuk Buaya Padang, dan teknik pengambilan sampelnya menggunakan cluster sampling, yaitu kelas B3 dan kelas B4 masing-masingnya berjumlah 12 orang anak. Jenis penelitian ini menggunakan Pendekatan Kuantitatif yang berbentuk kuasi eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, berupa pernyataan sebanyak 5 butir pernyataan dan alat pengumpul data menggunakan lembaran pernyataan. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test) Berdasarkan analisis data, diperoleh rata-rata hasil tes kelas eksperimen yang menggunakan Media Moving Flashcard lebih tinggi (87,5) dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan Media Kartu Baca (78,75). Berdasarkan hasil perhitungan t-test diperoleh bahwa thitung (2,6569) lebih besar dari ttabel (2,074). Maka dapat disimpulkan bahwa Media Moving Flashcard berpengaruh terhadap Kemampuan Membaca Anak di Taman Kanak-kanak Darul Falah Lubuk Buaya Padang.

 

Kata Kunci : Moving Flashcard; Kemampuan Membaca Anak.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Ali, M. 2010. Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Bandung : Pustaka Cendikia Utama

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryana, Dadan. 2013. Pendidikan Anak Usia Dini. Padang: UNP Press.

Syafril. 2010. Statistika. Padang: Sukabina Press.

Undang-Undang (UU) Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003.

Yulsyofriend. 2013. Permainan Membaca dan Menulis Anak Usia Dini. Padang: Sukabina Press.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/pedagogi.v3i3b.1071

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.