STRATEGI PENGEMBANGAN KEMAMPUAN SAINS ANAK TAMAN KANAK-KANAK DI KOTO TANGAH PADANG

Isi Artikel Utama

Nurhafizah Nurhafizah

Abstrak

Artikel penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan perkembangan ketrampilan sains di Taman Kanak-kanak, khususnya di Kecamatan Koto Tangah, Padang. Karena kawasan ini merupakan wisata agro dan memiliki tampilan alam yang sangat bagus untuk dijadikan media pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, yang merupakan hasil observasi awal dalam memperkuat permasalahan penelitian dengan teknik triangulasi. Berdasarkan hasil observasi pada  tiga sekolah Taman Kanak-kanak yang telah diamati, dapat disimpulkan bahwa strategi  pengembangan ketrampilan sains tidak maksimal. Anak-anak lebih cenderung belajar dalam kegiatan klasik. Dari pengamatan dan wawancara yang dilakukan, anak-anak hampir tidak pernah belajar di luar kelas, serta pemanfaatan lingkungan alam seperti tumbuhan dan hewan bahkan tidak dijadikan sebagai  sumber belajar. Tidak ada praktik langsung, hanya kegiatan rutin di kelas menggunakan lembar kerja atau  majalah.. Berdasarkan amatan  pengembangan ketrampilan sains belum dikembangkan dengan optimal. Hal ini terlihat mulai dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan dan evaluasi pengembangan sains anak.

 

Kata Kunci: Strategi; Pengembangan kemampuan sains; Taman Kanak-kanak

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Nurhafizah Nurhafizah, Universitas Negeri Padang

PGPAUD FIP Universitas Negeri Padang

Referensi

  1. Aisiyah, Laily N. 2014. Peningkatan Keterampilan Proses Sains Dasar dengan Pendekatan Open-Inquiry. JURNAL PENDIDIKAN USIA DINI (PPs UNJ), Volume 8 Edisi 1, April 2014
  2. Broström, S., & Frøkjær, T. (2013). Science i dagtilbud: et aktionsforskningsprojekt. [Science in preschool: an action research project]. Vera 2(22), 48-53.
  3. Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
  4. Daryanto. 2012. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka
  5. Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 tentang system pendidikan nasional, Jakarta : Depdiknas.
  6. Depdiknas. 2010. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan TK dan SD.
  7. Harjanto. 2011. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
  8. Hartati, Sofia. 2005. Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.
  9. http://id.shvoong.com/writing-and-speaking/presenting/2035422-defenisi-perencanaan-pembelajaran-menurut-para/#ixzz4OhTWGQiw
  10. Hamzah B. Uno. 2011. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
  11. Jamaris Martini. 2006. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Grasindo
  12. Kustandi, Cecep dan bambang Sutjipto.2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Ghalia Indonesia
  13. Moeslichatoen.R. 2004. Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
  14. Musfiroh, Tadkiroatun. 2005. Bermain Sambil Belajar dan Mengasah Kecerdasan: Stimulasi Multiple Intelligences Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas.
  15. Moleong, Lexy J. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  16. Nugraha, Ali. 2008. Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini. Bandung: JILSI Foundation
  17. Nurhafizah,N.& Azlina.2015. Implementasi Permainan Tradisional Indonesia di Taman Kanak-Kanak Kota Padang. Pedagogi: Jurnal Pendidikan,(l5(1),85-93.2)
  18. Nurhafizah.2015.Pengembangn Kreatifitas Menggambar Anak Usia Dini dengan Penerapan Ekspresi Bebas (Proseding Seminar Nasional Paud SPS UPI Bandung jilid 1).Rizqy Offset: Bandung
  19. kecil Bisa Jadi Ilmuan. Jogjakarta: Diva Press.
  20. Oemar, hamalik. 2011. Proses belajar mengajar. Jakarta : Bumi aksara.
  21. Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  22. Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
  23. Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks
  24. Sudono, Anggani. 2000. Sumber belajar dan alat permainan untuk pendidikan usia dini. Jakarta: Grasindo.
  25. Sanjaya, Wina. 2012. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana
  26. Tim Direktorat Pembinaan PAUD. (2014). Pedoman Penyusunan Perencanaan Pembelajaran PAUD. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, Dan Informal Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan RI
  27. Yulianti, Dwi. 2010. Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT. Indeks