TIK UNTUK AUD: PENGGUNAAN PLATFORM “KAHOOT!” DALAM MENUMBUHKAN JIWA KOMPETITIF DAN KOLABORATIF ANAK

Isi Artikel Utama

Fitri Rofiyarti
Anisa Yunita Sari

Abstrak

Integrasi teknologi dalam pembelajaran anak harus dilakukan dengan tepat. Pembelajaran berbasis teknologi tetap harus dapat meningkatkan perkembangan sosial emosional anak, terutama jika dikaitkan dengan interaksi anak dengan dalam lingkungan sosialnya. Platform “Kahoot!†merupakan salah satu website yang dapat dijadikan salah satu alternatif. Desain permainan dalam “Kahoot!†yang bersifat multiplayer memungkinkan anak untuk dapat berkolaborasi sekaligus berkompetisi melalui permainan yang interaktif. Aktivitas yang dilakukan dengan menggunakan platform ini dapat memfasilitasi interaksi sosial anak sehingga kecenderungan terjadinya kecanduan terhadap teknologi (gadget addict) dapat dikurangi

Kata Kunci : AUD; kahoot; sosial emosional; TIK 

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Fitri Rofiyarti, Universitas Narotama

Dosen PG PAUD Universitas Narotama

Anisa Yunita Sari, Universitas Narotama

Dosen PG PAUD Universitas Norotama

Referensi

  1. Al-Ayouby, M. Hafiz. 2017. Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini (Studi di PAUD dan TK.Handayani Bandar Lampung). Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Lampung Bandar Lampung.
  2. Daugherty, dkk. 2014. Using Early Childhood Education to Bridge the Digital Divide. Diunduh pada 20 November 2017 dari https://www.rand.org/content/dam/rand/pubs/perspectives/PE100/PE119/RAND_PE119.pdf
  3. Huang, W. H. 2011. Evaluating learners’ motivational and cognitive processing in an
  4. online game-based learning environment. Computers in Human Behavior, 27(2), 694–704.
  5. Johnson, D., Johnson, R., Holubec, E. 2012. Colaboratif Learning Strategi Pembelajaran untuk Sukses Bersama. Bandung: Nusa Media.
  6. Lantip, Prasojo Diat, dan Riyanto. 2011. Teknologi Informasi Pendidikan Yogyakarta : Gava Media.
  7. Nugraheni, Mita. 2014.â€Peningkatan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Media Power Point Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun Di TK SD Model Slemanâ€. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.
  8. Official Website ‘Kahoot!â€. 2017. https://kahoot.com/what-is-kahoot/. Diakses pada 20 November 2017.
  9. Sari, P dan Mitsalia A. A. 2016. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Personal Sosial Anak Usia Pra Sekolah di Tkit Al Mukmin. Jurnal Profesi 13 (2):73 – 77.
  10. Shin, Yee-jin 2014. Mendidik Anak di Era Digital. Bandung: Mizan.
  11. Sofia, Dewi. 2008. Pengaruh Strategi Pembelajaran Kolaboratif dengan Strategi pembelajaran Kompetitif dan Kemampuan Awal terhadap Hasil Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Jakarta, Program Pasca sarjana Universitas Negeri Jakarta.
  12. Suratno. 2005. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.
  13. Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana.
  14. Tedjasaputra, Mayke S. (2001). Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: PT Grasindo.