PROGRAM BIMBINGAN MENGGUNAKAN MEDIA MUSIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN PADA ANAK TAMAN KANAK-KANAK KELOMPOK A SURABAYA

Isi Artikel Utama

Isabella Hasiana
Aniek Wirastania

Abstrak

Pemahaman konsep bilangan merupakan sesuatu yang sangat penting khususnya bagi anak usia dini. Hal ini dikarenakan bilangan selalu digunakan sepanjang proses kehidupan. Selain itu memahami bilangan merupakan langkah awal dari pelajaran matematika, tanpa pemahaman akan bilangan, maka anak akan mengalami kesulitan dalam tahapan pembelajaran selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mengenal bilangan siswa  kelompok A melalui program bimbingan menggunakan media musik. Dengan menggunakan metode penelitian  quasi experimental design  (eksperimen semu). Penggunaan metode ini dilakukan agar dapat mencapai tujuan penelitian.  Desain quasi eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-equivalen pretest-posttest control group design yang dilakukan dalam uji lapangan program bimbingan menggunakan media musik dalam meningkatkan kemampuan mengenal bilangan pada anak TK Kelompok A. Hasil penelitian ini dianalisa dengan rumus Uji T yang dilakukan menggunakan bantuan program SPSS.  Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh dengan sig (0,000) < 0,05 yang berarti ada perbedaan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol dalam mengenal lambang bilangan dengan menggunakan musik. Maka dapat disimpulkan bahwa program bimbingan dengan menggunakan media musik yang telah disusun dapat dikatakan memiliki pengaruh dalam meningkatkan kemampuan mengenal bilangan pada anak kelompok A.

 

Kata Kunci: anak usia dini; bilangan; musik; eksperimen

Rincian Artikel

Referensi

  1. Agung. 2010. Metodologi Pendidikan, Suatu Pengantar. FIP Undiksaha. Singaraja
  2. Apriliani. 2013. Penerapan Model Number Head Together dengan Media Dadu Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.
  3. Azhar. 2011. Media Pembelajaran. PT. Raja Grafiondopersada. Jakarta
  4. Copley. 2000. The Young Child and Matematics. Boston: Journal
  5. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009, tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta.
  6. Pujianti. 2003. Bahan Ajar Matematika SD. Penggunaan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika SD. Direktorat Tenaga Kependidikan. Jakarta.
  7. Sugiono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta
  8. http://tataitusinta.blogspot.com/2012/06/pemanfaatan-musik-sebagai-media.html
  9. https://witarafianti.wordpress.com/2016/04/21/media-yang-digunakan-dalam-proses-belajar-bimbingan-konseling-anak-di-sekolah/