MATEMATIKA KREATIF: PEMBELAJARAN MATEMATIKA BAGI ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN YANG MENYENANGKAN DAN BERMAKNA

Isi Artikel Utama

Mirawati .

Abstrak

Artikel ini membahas penelitian terkait implementasi program matematika kreatif di Taman Kanak-kanak (TK) dan Kelompok Bermain (KB) Laboratorium UPI sebagai alternatif solusi terhadap maraknya penggunaan pendekatan akademik dalam pembelajaran matematika bagi anak usia dini yang lebih menekankan pada penguasaan kemampuan berhitung dan operasi bilangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kasus yang dilaksanakan di TK & KB Laboratorium UPI. Adapun teknik pengumpuan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara yang kemudian dianalisis melalui pendekatan kualitatif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi penerapan pembelajaran matematika bagi anak melalui berbagai kegiatan kreatif seperti  fun cooking, permainan matematika kreatif, pola gerak berirama dan aktivitas berkebun. Kesimpulan penelitian ini merujuk matematika kreatif sebagai salah satu alternatif pembelajaran matematika bagi anak usia dini yang dikemas dalam kegiatan yang menyenangkan dan bermakna. Matematika kreatif merupakan salah satu sarana yang dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan berpikir dan mendorong pengembangan berbagai potensi intelektual yang dimiliki anak, agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.

 Kata Kunci: Anak Usia Dini, Kreatif, Matematika

Rincian Artikel

Referensi

  1. Bergen, Doris. (2009). Play as the Learning Medium for Future Scientists, Mathematicians, and Engineers. American Journal of Play: The Board of Trustees of the University of Illinois.
  2. Clements & Sarama. (2005). Math Play: How Young Children Approach Math. Scholastic Early Childhood Today: EC
  3. Mayeski, Mary. (2002). Creative Activities for Young Children, 7th Edition. United States: Delmar.
  4. Mirawati. (2014). Permainan matematika kreatif: Kreasi pembelajaran matematika bagi anak melalui aktivitas bermain. Prosiding Konferensi Nasional Pendidikan Dasar SPs UPI 2014 (hlm. 672-678). Bandung: Rizki Press.
  5. Özdogan, Ece (2011). Play, Mathematic and Mathematical Play in Early Childhood Education. Procedia Social and Behavioral Sciences 15 (2011) 3118–3120: ELSEVIER.
  6. Perry, Bob & Dockett, Sue. (2011). Playing With Mathematics: Implications From The Early Years Learning Framework and The Australian Curriculum. Mathematics Traditions And New Practices: Aamt & Merga.
  7. Rachmawati. Y. (2008). Bahan ajar diklat pendidik anakusia dini; Matematika untuk anak usia dini. Jakarta: Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.
  8. Santrock. (2007). Perkembangan anak, Child development, eleventh edition, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
  9. Sriningsih, N. (2008). Pembelajaran matematika terpadu untuk anak usia dini. Bandung: Pustaka Media.
  10. Yusuf, S. (2012). Psikologi perkembangan anak dan remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.