Prototipe Pengusir Hama Tanaman Padi Berbasis Arduino Uno Dengan Energi Alternatif Solar Cell

Isi Artikel Utama

Achmad Syauqi
Aswin Rosadi
Tining Haryanti

Abstrak

Padi merupakan salah satu komoditas yang paling banyak dibudidayakan di Indonesia, termasuk di Desa Karang Anyar Kec Ketapang Kab Sampang Madura Jawa Timur. Terlepas dari melimpahnya lahan dan produksi padi sebagai komoditas unggulan Indonesia. Indonesa juga merupakan salah satu negara agraris yang penduduknya mayoritas bekerja di sektor pertanian karena makanan pokoknya adalah beras, namun para petani juga selalu memiliki kendala yang bisa mempengaruhi menurunnya hasil panen padi, baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Penurunan kuantitas padi, faktor utamanya ialah serangan berbagai hama. Oleh karena itu pada Tugas Akhir ini dirancanglah sebuah Prototipe Pengusir Hama Tanaman Padi Berbasis Arduino Uno Dengan Energi Alternatif Solar Cell. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dalam konteks kehidupan nyata Petani padi di Desa Karang Anyar Kec Ketapang Kab Sampang Madura Jawa Timur, di desa tersebut para petaninya menggunakan cara manual untuk mengusir hama burung yaitu dengan menggunakan tali yang di gantungi boneka sawah dan ditarik-tarik ketika ada burung yang hinggap disawahnya. Dalam prototipe ini direalisasikan dengan Mikrokonrroler Arduino uno dan dua sensor yaitu Sensor Cahaya / LDR dan Sensor Ultrasonik. Prototipe Pengusir Hama ini mampu mengusir Hama Burung, Tikus, dan Wereng dengan otomatis. sehingga dengan adanya Prototipe ini memberikan kemudahan bagi petani padi dalam pengawasan tanaman padinya dari serangan hama tentunya dengan cara yang lebih efektif dan efisien karena tanpa harus datang ke sawahnya untuk mengawasi tanaman padinya dari berbagai serangan Hama. Prototipe ini ketika sensor ultrasonik mendeteksi hama burung dengan jarak 0 – 4m maka Motor servo bergerak 90° dan Buzzer mengeluarkan frekuensi 33339,75 Hz untuk mengusirnya. Dan ketika Sensor cahaya/LDR tidak terkena Cahaya otomatis Alat Pengusir Tikus dan Infrared LED On (Alat Pengusir Tikus mengeluarkan frekuensi 36468,5 Hz dan Infrared LED Menghasilkan Cahaya dengan Intensitas 275 lux) untuk mengusir Tikus dan Menjebak Wereng pada Baskom yang ada dibawah Infrared LED. dan ketika LDR terkena Cahaya otomatis Alat Pengusir Tikus dan Imfrared LED Off.

Kata Kunci : Arduino Uno, Prototipe Pengusir Hama, Tanaman Padi

Rincian Artikel

Referensi

  1. Andri Alfriadi, M.T, Ir. Agus Ganda Permana., and M.T, Dadan Nur Ramadan., "Perancangan Dan Implementasi Orang-Orangan Sawah Pengusir," , 2018, p. 1.
  2. Muhammad Fauzi and Iwan Krisnadi, "Rancang Bangun System Pendeteksi Dan Pengusir Hama Burung Pada Perkebunan Padi Berbasis Internetof Things," , Jakarta, 2018, p. 1.
  3. Putut Joko Prasetyo, "Teknologi Tepat Guna Penetasan Telur," Jurnal Ilmiah Computing Insight, vol. Vol.1 No.1, p. 2, 2019.
  4. Immersa. (2018, Februari) Pengertian sensor LDR, fungsi dan cara LDR.
  5. Ulfa Mediaty Arif, "Pengujian Sensor Ultrasonik PING untuk Pengukuran Level Ketinggian," Jurnal Ilmiah "Elektrikal Enjeniring", vol. 09 / No.02, p. 73, Mei - Agustus 2019.
  6. Ajifahreza.com. (2017, April) Website Tutorial Elektronika Indonesia.
  7. Trikuensi Dermanto. (2014) Desain sistem kontrol.
  8. Amazon. (2019) Amazon.com. [Online]. https://www.amazon.com/Infrared-Diode-Wavelength-940nm-Degree/dp/B01FB6U43A