Pengembangan Entity Relationship Diagram Database Toko Online Ira Surabaya

Isi Artikel Utama

Ilhaam Syafruddin Akbar
Tining Haryanti

Abstrak

Pertumbuhan nilai perdagangan elektronik Indonesia diikuti oleh semakin banyaknya pelaku usaha UMKM yang memiliki terjun ke dalam ekosistem digital. Salah satu cara bagi UMKM untuk masuk ke dalam ekosistem digital adalah membuat toko online. Namun dalam aspek pengembangan toko online, ada banyak kesalahan yang dilakukan oleh para pelaku usaha sehingga pada akhirnya toko online yang dikembangkan tidak dipergunakan lagi, bahkan ada beberapa toko online yang ditutup. Penelitian ini berfokus untuk meminimalisir kesalahan pengembangan toko online, dengan cara memastikan fase design yaitu pengembangan database dilakukan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Dalam penelitian ini, Toko IRA dilibatkan sebagai objek penelitian dengan pertimbangan toko tersebut merupakan salah satu UMKM di kota surabaya yang ingin bergabung ke dalam ekosistem digital. Pengembangan database untuk Toko IRA dikembangkan menggunakan metode Entity Relationship Diagram. Selain itu juga digunakan metode wawancara, observasi, serta beberapa metode tambahan lainnya dalam pengumpulan informasi yang diperlukan dalam pengembangan database. Luaran berupa database yang dihasilkan dalam penelitian ini divalidasi oleh stakeholder sudah sesuai dengan kebutuhan pengguna.

 

Kata kunci: Pemodelan Database, Entity Relationship Diagram, Toko Online, Desain Sistem.

 

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Ilhaam Syafruddin Akbar, Universitas Muhammadiyah Surabaya

S1 TEKNIK INFORMATIKA-MAHASISWA

Tining Haryanti, Prodi Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surabaya

SINTA ID: 6155348 

Scopus ID: 57214670632

ORCID: 0000-0002-0172-3310

Google Scholar: https://scholar.google.com/citations?user=Y7YTq6EAAAAJ&hl=en

Referensi

  1. K. L. Pristy, “Pandemi Covid-19 dan Dampaknya Terhadap Ekonomi Digital,†Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM, 2022. https://feb.ugm.ac.id/id/berita/3558-pandemi-covid-19-dan-dampaknya-terhadap-ekonomi-digital (accessed Jul. 28, 2022).
  2. “Kemkominfo: Pertumbuhan e-Commerce Indonesia Capai 78 Persen,†Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, 2019. https://www.kominfo.go.id/content/detail/16770/kemkominfo-pertumbuhan-e-commerce-indonesiacapai-78-persen/0/sorotan_media (accessed Jul. 28, 2022).
  3. E. Catriana, “Kemenkop UKM: Sudah 17,25 Juta UMKM yang Terhubung ke Platform Digital,†kompas.com, 2022. https://money.kompas.com/read/2022/02/24/153800426/kemenkop-ukm--sudah-17-25-juta-umkm-yang-terhubung-ke-platform-digital (accessed Jul. 28, 2022).
  4. L. Jemadu and D. Prastya, “Lebih dari 74 Persen Konsumen Indonesia Pilih Belanja Online,†suara.com, 2022. https://www.suara.com/tekno/2022/06/09/174959/lebih-dari-74-persen-konsumen-indonesia-pilih-belanja-online (accessed Jul. 28, 2022).
  5. “Closed E-Commerce Companies (Top 10K),†Crunchbase News, 2022. https://crunchbase.com/hub/closed-commerce-companies (accessed Jul. 28, 2022).
  6. M. Dawson, D. N. Burrell, E. Rahim, and S. Brewster, “Integrating software assurance into the software development life cycle (sdlc) meeting department of defense (dod) demands,†J. Inf. Syst. Technol. Plan., vol. 3, no. 6, pp. 49–53, 2010, [Online]. Available: www.intellectbase.org/journals%0Ahttp://web.ebscohost.com.library.capella.edu/ehost/pdfviewer/pdfviewer?sid=af3a1ddd-558e-4441-8b04-f936954d83b8@sessionmgr14&vid=2&hid=12
  7. Pemerintah Pusat, Peraturan Pemerintah (PP) No. 7 Tahun 2021 tentang Kemudahan, Pelindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. 2021. [Online]. Available: https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/161837/pp-no-7-tahun-2021
  8. Q. Li and Y.-L. Chen, “Entity-Relationship Diagram,†Model. Anal. Enterp. Inf. Syst., pp. 125–139, 2009, doi: 10.1007/978-3-540-89556-5_6.
  9. E. Didik, “Entity Relationship Analysis,†2017. https://sis.binus.ac.id/2017/09/08/entity-relationship-analysis/ (accessed Sep. 10, 2021).
  10. C. Rahmasari, T. Novianti, and K. Andana, “Rancang Bangun Website Profil Dengan Studi Kasus Pada Toko Cike,†J. Ilm. Comput. Insight, vol. 2, no. 2, p. 40, 2020.
  11. M. I. Affandi and H. E. Rosyadi, “PERANCANGAN APLIKASI TOKO ONLINE AL-IHSAN BERBASIS PHP & MYSQL,†Semin. Nas. Sist. Inf., vol. 3, no. 1, pp. 2164–2169, 2019, [Online]. Available: https://jurnalfti.unmer.ac.id/index.php/senasif/article/view/289
  12. E. Asmawati, D. T. Absari, A. Herlambang, and Y. Haryono, “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Produksi Pada UMKM Kerupuk Sidoarjo,†Teknika, vol. 6, no. 1, pp. 1–6, 2017, doi: 10.34148/teknika.v6i1.64.
  13. Oracle, “Why MySQL?†https://www.mysql.com/why-mysql/ (accessed Jul. 28, 2022).