Pengembangan Sistem Monitoring Penghitung Sit Up & Denyut Nadi Menggunakan Android Berbasis Mikrokontroller

Isi Artikel Utama

Rini Rahmawati
Tining Haryanti
Erie Kresna Andana

Abstrak

sit up dan denyut nadi bertujuan untuk mengukur ketahanan tubuh dalam berolahraga. Manfaat sit up dalam kesehatan meningkatkan kemampuan sirkulasi kerja jantung dan dapat mencegah penyakit jantung. Pada tes olahraga yang masih manual, rawan kesalahan dalam menghitung jumlah sit up & denyut nadi sehingga diperlukan penghitungan secara otomatis dengan Pengembangan aplikasi berbasis android untuk monitoring jumlah sit up dan denyut nadi. Pengembangan ini bertujuan untuk memudakan sistem monitoring penghitung sit up dan denyut nadi saat berolahraga pengembangan ini di lengkapi dengan sensor proximity yang berfungsi untuk menghitung jumlah sit up & sensor pulse berfungsi untuk menghitung denyut nadi saat berolahraga. Monitoring penghitung sit up ini berbasis android di lengkapi micro sd card sebagai penyimpanan data melalui sensor. Dengan demikian alat dan aplikasi akan memudahkan cara monitoring jumlah sit up dan denyut nadi saat berolahraga menggunakan sistem aplikasi android secara online.

Kata Kunci : Sit Up, Denyut Nadi, Android

Rincian Artikel

Referensi

  1. Adytia dwi and Soegiyanto, "pengembangan kartu permainan edukatif untuk pengetahuan cabang-cabang olahraga," Journal of sport sciences and fitness, pp. 20-26, 2015.
  2. Egih Rahmat, Agus Rusdiana and Yati Ruhayati, "pengembangan teknologi tes chin up berbasis arduino uno dan sensor laser infrared dengan lcd display," fakultas pendidikan olahraga dan kesehatan, no. 2549-6360, pp. 14-17, 2017.
  3. s. m. sari, "BAB II TINJAUAN PUSTAKA," 2015.
  4. Atom, "mamentronika," rabu januari 2018. [Online].
  5. v. maulin, rancang bangun sistem monitoring pirolisis 2.0 menggunakan wireless berbasis mikrokontroler, surabaya, 2019.
  6. N. Made, aplikasi pemantau posisi dan lokasi penderita alzheimer berbasis gps, surabaya, 2019.
  7. Siswoko, H. singgih and H. Hariyadi, "KAJIAN KINERJA KENDALI PWM PADA RANCANG BANGUN SISTEM EFISIENSI AIR WUDHU MENGGUNAKAN SENSOR INFRA-MERAH," vol. 16 No. 01, no. 1693-4024, pp. 64-73, 2018.
  8. h. r. z. arifin, "Pemrosesan data pulse sensor amped pada rancang sistem informasi dokter dan pasien," no. 5 no. 1 april, pp. 24-31, 2016.