Isi Artikel Utama

Abstrak

Pada saat pandemic Covid 19, masyarakat kurang mampu dalam melihat peluang tentang budidaya dalam ember dengan sistem akuaponik Masyarakat juga kurang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola ketersediaan pangan. Program ini bertujuan membantu masyarakat sasaran dalam mengatasi penurunan kondisi ekonomi akibat di PHK karena pandemi Covid-19, serta untuk menambah keterampilan dalam pengelolaan ketersediaan pangan yang diperoleh dari Budikdamber dengan sistem akuaponik. Target yang ingin dicapai adalah tercapainya kesejahteraan sosial dan meningkatkan pendapatan masyarakat sasaran untuk menunjang tercukupinya ketahanan pangan di masa pandemi. Target lain yang ingin dicapai yaitu masyarakat sasaran memiliki keterampilan tentang Budikdamber (Budidaya Dalam Ember) dengan sistem akuaponik di tengah pandemi Covid-19. Metode yang digunakan adalah metode pelatihan dalam bentuk demonstrasi melalui video pembelajaran yang bertujuan untuk memperjelas suatu kegiatan dengan mempelihatkan cara melakukan sesuatu. Hasil dan implikasi yang diperoleh dalam program kerja ini adalah tercukupinya kebutuhan dan kesedian pangan di masyarakat. Masyarakat juga memiliki pendapatan, karena hasil pemanenan ikan dan sayur dapat dijual belikan. Selama pandemi ini masyarakat memiliki keterampilan baru untuk mengelola kesediaan pangan untuk mencukupi hidupnya.

Kata Kunci

akuaponik budikdamber pelatihan

Rincian Artikel

Referensi

  1. Haidiputri, T. ., & Elmas, M. S. . (2021). Pengenalan BUDIKDAMBER (Budidaya Ikan Dalam Ember) untuk Ketahanan Pangan di Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo. Jurnal Abdi Panca Marga, 2(1).
  2. Junaidi, M. (2020). Pemanfaatan Budidaya Ikan Dalam Ember Dengan Sistem Aquaponik Terhadap Ketahanan Pangan Keluarga di Tengah Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat Universitas Islam Madura, 4(1), 89–94.
  3. Muttaqin, H. M., & Devi, A. (2020). MEMBANGKITKAN PEREKONOMIAN WARGA DIMASA PANDEMI. Jurnal Program Mahasiswa Kreatif, 4(1), 88–96.
  4. Nasrudin, & Nurhidayah, S. (2021). Budikdamber Guna Menjamin Ketersediaan Pangan Saat Pandemi Covid-19 di KWT Bodas Kota Tasikmalaya. Abditani : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 33–37.
  5. Nursandi, J. (2018). Budidaya Ikan Dalam Ember “ Budikdamber †dengan Aquaponik di Lahan Sempit. 129–136.
  6. Perwitasari, D. A., & Amani, T. (2019). Penerapan Sistem Akuaponik ( Budidaya Ikan Dalam Ember ) Untuk Pemenuhan Gizi Dalam Mencegah StuntingDi Desa Gending Kabupaten Probolinggo. Jurnal Abdi Panca Marga, 1(1), 21–26.
  7. Purnaningsih, N., Ihsan, T., Tryantono, B., Almer, R., & Masruri, G. A. (2020). Diseminasi Budidaya Ikan Dalam Ember Sebagai Solusi Kegiatan Budidaya di Lahan Sempit. Jurnal Pusat Inovasi Masyarat, 2, 112–120.
  8. Saddiyah, P., & Astuti, R. P. (2021). Pemberdayaan Keluarga Menghadapi Pandemi COVID-19 Melalui Program Kemasyarakatan : Budikdamber dan Pembuatan Instalasi Cuci Tangan Sistem Injak. Jurnal Budimas, 03(01), 26–34.
  9. Saputri, S. A. D., & Rachmawatie, D. (2020). Budidaya ikan dalam ember: strategi keluarga dalam rangka memperkuat ketahanan pangan di tengah pandemi covid-19 fish culture in a bucket: family strategy in order to strengthen food security in the covid-19 pandemic period. Jurnal Ilmu Pertanian Tirtayasa, 2(1), 102–109.
  10. Setiyaningsih, D., Bahar, H., Iswan, & Al-Mas’, R. A. A. A.-M. (2020). STRATEGI DALAM MEMPERKUAT KETAHANAN PANGAN DI. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1–10.
  11. Suryana, A. A. H., Dewanti, L. P., & Andhikawati, A. (2021). Penyuluhan Budidaya Ikan dalam Ember (Budikdamber) di Desa Sukapura Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung. Bandung. Farmers: Journal of Community Services, 2(1), 47–51.