Isi Artikel Utama

Abstrak

Keju Mozarella merupakan salah satu produk olahan susu yang cukup populer di masyarakat. Sebagian besar masyarakat hanya sebagai membeli produk tersebut dengan harga yang cukup mahal.  Belum banyak yang mengetahui bagaimana cara membuat produk keju tersebut, sehingga sangat diperlukan kegiatan penyuluhan dan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan masyarakat dalam membuat Keju Mozarella tersebut. Pelatihan dilakukan pada Ibu-Ibu PKK di Desa Cileles Kecamatan Jatinangor. Kegiatan pelatihan meliputi pre-test, pemberian materi, praktek pemebuatan Keju Mozarella dan post-test. Peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pelatihan dan memberikan respon positif terhadap kegiatan tersebut. Kegiatan pelatihan dan penyuluhan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya dalam mengolah susu segar menjadi Keju Mozarella. Pada saat pre test jawaban benar mencapai 25,26  persen meningkat menjadi 93,51 persen pada post test.  

Kata Kunci

desa Cileles ibu-ibu pkk susu keju mozzarella

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Wendry Setiyadi Putranto, Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran

Dosen dengan pangkat (III d/ Lektor) pada Departemen Teknologi Hasil Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Padjadjaran.

Lilis Suryaningsih, Departemen Teknologi Hasil Peternakan, Fakultas Peternakan.Universitas Padjadjaran

Dosen dengan pangkat (IVa/Lektor Kepala) pada Departemen Teknologi Hasil Peternakan, Fakultas Peternakan.Universitas Padjadjaran

Kusmajadi Suradi, Departemen Teknologi Hasil Peternakan, Fakultas Peternakan.Universitas Padjadjaran

Dosen dengan Pangkat (IVd/ Guru Besar) pada Departemen Teknologi Hasil Peternakan, Fakultas Peternakan.Universitas Padjadjaran

Andry Pratama, Departemen Teknologi Hasil Peternakan, Fakultas Peternakan.Universitas Padjadjaran

Dosen dengan Pangkat (IIIb/ Asisten Ahli) pada Departemen Teknologi Hasil Peternakan, Fakultas Peternakan.Universitas Padjadjaran

Referensi

  1. Fox PF, Guinee TP, Cogan TM, Mc Sweeney PLH.2017.Fundamentals of cheese Science.Second Edition.Springer.New York.
  2. Hartati CH, Lilis N, Hasni A, Eka W, Wendry SP, Nanah.2018.Upaya Peningkatan Kesaadaran Masyarakat Dalam Konsumsi Susu dan Olahannya Di Desa Cileles Jatinangor. Media Kontak Tani Ternak. Vol.1.No.1: 26-30.
  3. Stefanini, G. 1991. Mozzarella Cheesemaking in Italy. Procedings of Marschall Italian and Speciality Cheese Seminars.
  4. Walstra, P,Wouters, J. T. M, dan Geurts, T. J. 2006. Diary Science and Technology. CRC Press. Boca Raton
  5. Waluyo ES, Enike DK, Aju TNK, Henny L, Dimas PPH, Tri IWK, Syam R.2018.Pelatihan dan Pendampingan Pengolahan Susu Afkir di Desa Kemantren Kecamatan Jabung.Conference on Inovation of Science Technology (CIASTECH). ISSN on line : 2622-1284.Universitas Widyagama Malang.
  6. Willman, C dan Willman, N. 2003. Home Cheese Making. The Australian Diary Corporation. Melbourne.
  7. Wiriaatmadja. 1982. Pokok-pokok Sosiologi Pedesaan. Cetakan kedelapan. Cv Yasaguna. Jakarta. Hal. 7-8.
  8. Wendry SP, Eka W, Yuli AH, Nanah.2010.Studi Pemanfaatan Ekstrak Jeruk Lemon Dalam Pembuatan Fresh Cheese. Prosiding Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan 2.Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran.
  9. Wendry SP, Roostita L B, Kusmajadi S, Hartati C, Obin R, Hendronoto AW Lilis S, Eka W, Nanah.2014.Potensi pengembangan papa cheese sebagai produk keju lokal Indonesia.Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan 6. Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran.