Pendampingan Masyarakat Dalam Perencanaan Pengembangan Masjid Al-Barkah, Cipedak, Ciganjur, Jakarta Selatan

Ari Widyati Purwantiasning, Saeful Bahri, Muhammad Akbar Rafsyanjani, Muhammad Cakra Buana

Sari

Kegiatan pendampingan masyarakat dalam pengembangan perencanaan Masjid Al-Barkah di Cipedak, Ciganjur, Jakarta Selatan ini merupakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang dilakukanoleh Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Program Studi Arsitektur FT UMJ dalam upaya meningkatkan kualitas dan kemampuan masyarakat baik dalam menentukan keputusan dalam hal ini sebagai pemegang keputusan, maupun kemampuan dalam menerjemahkan sebuah kebutuhan ke dalam skematik disain. Pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk mendampingi masyarakat khususnya para pengurus masjid dan pemangku keputusan di dalam msayarakat dalam memberikan solusi disain pada perencanaan pengembangan bangunan masjid yang semula hanya satu lantai menjadi dua lantai. Kegiatan pendampingan ini dilakukan dalam tiga tahapan kegiatan, tahap pertama meliputi observasi lapangan, kegiatan kedua berupa diskusi kelompok antar warga dan pengurus masjid dalam menentukan kebutuhan dan memberikan keputusan-keputusan terkait disain pengembangan dan tahap terakhir adalah eksekusi dari disain pengembangan perencanaan Masjid Al-Barkah yang dibantu oleh para mahasiswa Program Studi Arsitektur FT UMJ. Hasil akhir dari kegiatan pendampingan masyarakat ini diharapkan dapat memberikan pembelajaran bagi masyarakat dalam menentukan keputusan terkait dengan disain sesuai kebutuhan pengguna dalam hal ini tentunya masyarakat sekitar Masjid Al-Barkah.

Kata Kunci

disain pengembangan, masjid, partisipasi masyarakat

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Abdullah, MQ., Ramli, Yuliasari, N. Manajemen Masjid Dalam Peningkatan Kualitas Pengurus dan Jamaah Masjid Al-Birr Perumnas Wekke’e Kota Parepare. Jurnal Komunika: Media Komunikasi dan Dakwah, Vol. 09 No. 01, Hal. 103-122, Desember 2019.

Asnudin, A. (2010). Pendekatan Program Partisipatif Dalam Pembangunan Proyek Infrastruktur di Indonesia. Jurnal SMARTek, Vol. 8 No. 3, Hal. 182-190, Agustus

Bintoro, DB dan Purwantiasning, AW. (2019). Kajian Konsep Partisipatif Pada RPTRA Sungai Bambu. Jurnal Arsitektur PURWARUPA, Vol. 3 No. 2, Hal. 169-174, Mei 2019.

Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Permanasari, E; Nugraha, H dan Nurhidayah, F. (2018). Metode Desain Partisipatif Sebagai Model Pembangunan 6 RPTRA DKI Jakarta. Jakarta: UPJ Press.

Hawari, D. (2002). Dimensi Religi Dalam Praktek Psikiatri dan Psikologis. Jakarta: FKUI.

Ibrahim, FW. (2012). Pembentukan Masyarakat Madani di Indonesia Melalui Civic Education. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, Vol. XIII. No.1, Hal. 130-149.

Maslow, A. (1943). A Theory of Human Motivation. Psychological Review.

Muslim, A. (2004). Manajemen Pengelolaan Masjid. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, Vol. 5 No. 2, Hal. 105-114.

Purwantiasning, AW, et.al. (2020). Desain Pengembangan Masjid At- Muttaqin Yayasan YASPIA, Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik, Vol. 3 No.1. Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Simmel, G. (2009). Sociology: Inquiries into the Construction of Social Forms. (translated by Blasi, A & Jacobs, A).USA: Brill.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/aks.v6i2.4666

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.