Implementasi Learning Organization dalam Pengembangan Manajemen Pendidikan Sekolah Dasar di Kabupaten Pringsewu

Riswandi Riswandi, Lungit Wicaksono, Renti Oktaria, Mujiyati Mujiyati

Sari


Kegiatan pelatihan yang diselenggarakan di Kabupaten Pringsewu Provinsi Lampung ini sebagai program pengabdian pada masyarakat dan bertujuan membantu para stakeholder seperti kepala sekolah dan guru yang terlibat di sekolah dasar untuk menerapkan Pendekatan Learning Organization secara optimal. Dengan menerapkan seluruh komponen-komponen yang ada di dalam Pendekatan Learning Organization seperti system thinking, personal mastery, mental models, shared vision dan team learning diharapkan para peserta pelatihan dapat mengembangkan sistem manajemen pendidikan berbasis sekolah dan menyempurnakan pola kepemimpinan kepala sekolah di seluruh sekolah dasar yang tersebar di Kabupaten Pringsewu Provinsi Lampung. Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini membutuhkan waktu lebih kurang enam bulan, yang meliputi persiapan, pelaksanaan, laporan, dan evaluasi. Pada pelaksanaan kegiatan pelatihan dilakukan pre-test dan post-test untuk mengetahui kemampuan awal dan akhir para peserta. Pelatihan dikemas dalam bentuk workshop pada beberapa sesi untuk membuat rancangan program kerja secara benar berdasarkan konsep Pendekatan Learning Organization sebagai upaya untuk mewujudkan sekolah efektif berdasarkan manajeman pendidikan sekolah. Hasil dari pengabdian masyarakat ini diperoleh peningkatan signifikan dari 65,71% dikategori sangat rendah menjadi 57,14% dikategori baik, untuk wawasan pengetahun peserta tentang Pendekatan Learning Organization dan peningkatan evaluasi diri atas kemampuan peserta dalam menerapkan Pendekatan Learning Organization dalam manajemen pendidikan berbasis sekolah.

Kata Kunci

learning organization; manajemen pendidikan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Chapman, C., Armstrong, P., & Harris, A. (2012). School effectiveness and improvement research, policy and practice. Scarbourough: Routledge.

Che Rose, R., Kumar, N., & Ong, G. P. (2009). The Effect of Organizational Learning on Organizational Commitment, Job Satisfaction and Working Performance. The Journal of Applied Business Research, 1(6), 25.

Garvin, D. A. (2012). Building a learning organization. Harvard Business School Press. Boston: Messachusettes.

Gazali, M. (2013). Optimalisasi Peran Lembaga Pendidikan untuk Mencerdaskan Bangsa. Al-Ta’dib, 6(1), 126–136.

Hikmah. (2009). Manajemen Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Hoy, M., & Miskel. (2005). Educational administration. Theory Research, and Practice. New York: McGraw-Hill Companies. inc.

Lezzote, W. (2002). Learning for all. Journal for Effective School Research, Practice, Policiesorrelates of Effective Schools, 1(1), 7.

Marquardt, M. J. (2002). Building The Learning Organization. New York: McGraw HIll international Edition.

Mulyasa, E. (2007). Manajemen Berbasis Madrasah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, Enco. (2007). Kurikulum tingkat satuan pendidikan sebuah panduan praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nomor, U. U. S. P. N. (20AD). Tahun 2003, 2005. Sinar Grafika, Jakarta.

Oktaria, R. (2019). Evaluasi Hasil Akreditasi Lembaga PAUD se-Kota Depok. Journal of Early Childhood Education (JECE) (P-ISSN: 2686-2492 E-ISSN: 2715-8918), 1(2). https://doi.org/10.15408/jece.v1i2.12888

Preedy, M., Bennett, N., & Wise, C. (2012). Education leadership (Context, strategy and collaboration). Milton Keynes: The Open University.

Riswandi, R. (2016). PELATIHAN MANAJEMEN SEKOLAH SEBAGAI UPAYA UNTUK MENCIPTAKAN SEKOLAH EFEKTIF PADA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN TANGGAMUS. JURNAL TARBIYAH, 22(1).

Rosady, R. (2007). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Saatchi, M. (2006). Psychology of productivity (5th ed.). Tehran: Virayesh Publications.

Sachan, S., Aurora, S., & Pande, S. (2016). Concept of Learning Organization: Facilitators and Flow of Learning. Journal of Engineering Research and Aplications, 6(2), 42–47.

Scheerens, J. (1992). Effective schooling research. research, theory and practice. London: Cassell.

Schermerhorn, J., R, J., Hunt, J. G., & Osborn, R. N. (2002). Organizational Behavior, Eighth Edition. New York: John Wiley.

Senge, P. (1990). The fifth discipline: the art and practise of the learning organization Doubleday Currency. New York.

Senge, P. (1994). The Fifth Discipline: The Art and Practice of The Learning Organization. New York: Doubleday Currency.

Stoner, J. A. F. (2003). Management. New York: Prentice-hall,inc.

Watkins, K. E., & Marsick, V. J. (1997). Dimensions of the learning organization. Warwick: RI: Partnersfor the Learning Organization.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/aks.v6i2.4431

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.