Isi Artikel Utama

Abstrak

Munculnya era baru revolusi industri 4.0, menuntut tiap bidang keilmuan memiliki perkembangan teknologi yang tinggi, mutakhir, mudah diakses, dan berbasis internet. Tuntutan era baru ini juga mengharuskan bidang keilmuan geografi semakin berkembang menyesuaikan zaman. Perkembangan teknologi di bidang geografi yang saat ini berkembang sebagai bentuk tuntutan era revolusi 4.0 yaitu teknologi drone. Teknologi drone atau yang dikenal dengan pesawat tanpa awak dapat dimanfaatkan untuk pengambilan data dasar dalam kajian-kajian geografi. Di sisi lain, perkembangan teknologi ini belum terintegrasikan dengan silabus pendidikan pada tingkat pendidikan menegah sehingga pembelajaran geografi di tingkat ini cenderung masih bersifat teoretis dan kurang aplikatif. Padahal tuntutan kebutuhan seorang pembelajar geografi harus paham dan mengerti mengenai perkembangan teknologi ini. Adanya kegiatan sosialisasi dan pelatihan mengenai perkembangan teknologi di bidang geografi utama teknologi drone dapat menginisiasi diintegrasikannya pengetahuan mengenai perkembangan teknologi utamanya drone dalam pembelajaran di tingkat menengah. Hal ini nantinya dapat digunakan untuk memicu perubahan sistem pembelajaran geografi di tingkat menengah yang bersifat teoretis menjadi lebih aplikatif. Selain itu, lulusan atau produk dari tingkat menengah dapat memiliki kompetensi dan ketrampilan yang sesuai dengan tuntutan era revolusi industri 4.0 utamanya pada bidang kajian geografi.

Kata Kunci: geografi; teknologi drone; pembelajaran; revolusi 4.0.

 

Improving Student Skills in Facing Geographic Scientific Development in Era 4.0 through the Introduction of Drone Mapping

 

ABSTRACT 

The emergence of a new era of the industrial revolution 4.0 requires each scientific field to have high technological development, easily accessible, and internet-based. The demand of this new era also requires that the field of geographic science developed according to the times. The development of technology in the field of geography which is currently developing as a form of the demands of the revolution era 4.0 is the drone technology. Drone technology, known as drone aircraft, can be used to collect basic data in geography studies. On the other hand, the development of this technology has not been integrated with the syllabus of education at the mid-level education so that geography learning at this level tends to be theoretical and less applicable. Though the demands of the needs of a geography learner must understand and understand about this technological development. The existence of socialization activities and training on technological developments in the main geographic fields of drone technology can initiate the integration of knowledge about the development of technology, especially drones in learning at the secondary level. This can later be used to trigger changes in geographic learning systems at the secondary level that are theoretical to be more applicable. In addition, graduates or products from the middle level can have competencies and skills that are in accordance with the demands of the industrial revolution era 4.0, especially in the field of geography studies.

Keywords: drone mapping; geography; learning system; revolution 4.0.

Kata Kunci

Revolusi 4.0 Geografi Teknologi Drone Pembelajaran

Rincian Artikel

Referensi

  1. Casagrande, G., Sik, A., & Szabo, G. (2018). Small Flying Drones. Netherlands: Springer International Publishing.
  2. Custers, B. (2016). The Future of Drone Use : Opportunities and Threats from Ethical and Legal Perspectives. Netherlands: Springer International Publishing.
  3. Garret, B., & Anderson, K. (2018). Drone Methodologies: Taking Flight in Human and Physical Geography. Transactions of the Institute of British Geographers, 43(3), 341–359.
  4. Hartono, D., & Darmawan, S. (2018). Pemanfaatan Unmanned Aerial Vehicle (UAV) Jenis Quadcopter untuk Percepatan Pemetaan Bidang Tanah. Reka Geomatika, 2018(1), 30–40.
  5. Marfai, M. A., Rosaji, F. S. C., Cahyadi, A., & Ghozali, M. R. (2014). Analisis Dinamika Pantai di Teluk Baron Menggunakan Teknologi Pesawat Tanpa Awak. Prosiding Pekan Ilmiah Tahunan Ikatan Geograf Indonesia (PIT IGI) 2014.
  6. Shofiyanti, R. (2011). Teknologi Pesawat Tanpa Awak untuk Pemetaan dan Pemantauan Tanaman dan Lahan Pertanian. Informatika Pertanian, 20(2), 58–64.
  7. Suciani, A., & Rahmadi, M. T. (2019). Pemanfaatan Drone DJI Phantom 4 untuk Identifikasi Batas Administrasi Wilayah. Jurnal Geografi, 11(2), 218–223. https://doi.org/10.24114/jg.v11i2.10604
  8. Suroso, I. (n.d.). Peran Drone atau Unmanned Aerial Vehicle (UAV) Buatan STTKD dalam Dunia Penerbangan. Jakarta.
  9. Utomo, B. (2017). Drone untuk Percepatan Pemetaan Bidang Tanah. Media Komunikasi Geografi, 18(2), 146–155.
  10. Wulan, T. R., Ambarwulan, W., Putra, A. S., Ibrahim, F., & Putra, M. D. (2017). Pemetaan Cepat Kawasan Terdampak Bencana Longsor dan Banjir di Kabupaten Bangli , Provinsi Bali. Majalah Geografi Indonesia, 31(2), 44–51.