Rukun Islam Dalam Kajian Tekstual dan Kontekstual

Authors

  • Imtihanatul Ma’isyatuts Tsalitsah Dosen Prodi Studi Agama-agama UMSurabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/ah.v6i1.5412

Abstract

ABSTRAK
Fokus penelitian ini adalah menjawab tiga permasalahan pokok, yaitu: pertama, bagaimana kajian tekstual tentang rukun Islam? Kedua, bagaimana kajian kontekstual tentang rukun Islam? Ketiga, bagaimana faktor penunjang dan penghambat terhadap tekstualitas rukun Islam?
Penelitian ini merupakan studi literer dan fakta sosial dengan model tekstual-kontekstualol yaitu fakta dokumental dan sosial keagamaan Islam tentang rukun Islam dan pentrapannya. Keduanya (tekstual dan kontekstual) diletakkan sebagai obyek penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, nilai-nilai yang ada di balik tekstualitas dan kontekstualitas. (sebagian) umat Islam Indonesia.
Temuan penelitian ini: pertama, bahwa sesungguhnya sumber-sumber ajaran agama tentang rukun Islam telah sempurna produk Allah SWT dan petunjuk pelaksanan dan tehnisnya oleh Rasul Allah SAW plus para ulama’ fiqh. Kedua, faktor hambatan, terputusnya garis komunikasi dakwah Wali Songo oleh kolonialisme dan imperialisme Barat dan munculnya brbagai aliran kepercayaan kebatinan.
Rekomendasi dari penelitian ini adalah hendaknyalah dakwah Islam amar makruf nahi munkar selalu dihidup-suburkan dan jangan pernah berhenti, kapan dan di manapun insan Muslim berada, Wallahu A’lam Bisshshawab.
Kata Kunci : Rukun Islam, Tekstual, Kontekstual.

Published

2020-07-15

Issue

Section

Artikel