Studi Komparatif: Pemikiran Pendidikan Islam Menurut KH. Ahmad Dahlan Dan KH. Hasyim Asy‟ari
DOI:
https://doi.org/10.30651/ah.v4i2.2646Abstract
Abstrak
Pendidikan Islam dalam perspektif K.H. Ahmad Dahlan adalah merupakan
suatu sarana dan upaya sadar yang dilakukan dalam rangka mengentaskan
pemikiran manusia yang statis menuju pemikiran yang dinamis yang bertujuan
melahirkan manusia yang siap tampil sebagai ulama-intelek dan intelek-ulama
yang memiliki keteguhan iman dan ilmu yang luas, serta kuat jasmani dan
rohani yang tetap mendasarkan semua itu pada Al-Qur‟an dan Hadis.
Sedangkan pendidikan Islam dalam perspekti K.H. Hasyim Asy‟ari merupakan
sarana dan upaya strategis yang dilakukan oleh manusia dalam rangka mencapai
kemanuisannya,se hingga mampu mengetahui hakikat penciptaannya,
penciptanya dan tugas serta tanggung jawab manusia sebagai khalifah di bumi
yang kemudian bertujuan agar dengan pendidikan Islam, manusia mampu
mendekatkan diri kepada Allah SWT., sehingga mendapatkan kebahagian dunia
dan akhirat yang juga tetap melandaskan pada Al-Qur‟an dan Hadis. K.H.
Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim Asy‟ari memiliki persamaan dan perbedaan
dalam memandang pendidikan Islam. Namun, secara umum mereka berdua
sepakat bahwa pendidikan Islam merupakan sarana dan upaya yang tepat dan
strategis dalam rangka menyelamatkan kehidupan manusia dari hal apapun.
Sedangkan perbedaan yang terlihat dari kedua tokoh tersebut dalam memaknai
pendidikan Islam adalah masalah substansi dari pendidikan Islam tersebut.
K.H. Ahmad Dahlan cenderung bercorak modernis, sedangkan K.H. Hasyim
Asy‟ari cenderung bercorak tradisionalis. Kontribusi K.H.Ahmad Dahlandan
K.H. Hasyim Asy‟ariterhadappendidikan Islam di Indonesia sangatlah banyak.
K.H. Ahmad Dahlan dengan Muhammadiyahnya sudah mendirikan ribuan
lembaga pendidikan, dan K.H. Hasyim Asy‟ari dengan Nahdlotul Ulamanya
juga sudah melahirkan lembaga pendidikan yang tersebar diseluruh Indonesia.
Dan sampai sekarang system pendidikan Islam yang mereka berdua tawarkan
masih dipergunakan dalam lembaga-lembaga pendidikan.
Kata Kunci: Pendidikan Islam, K.H. Ahmad Dahlan, K.H. Hasyim Asy’ari
Downloads
Published
Issue
Section
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Al-Hikmah journal and Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Al-Hikmah journal and Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya, the Editors and the Advisory Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Tadarus are sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
Rights of Authors
The Al-Hikmah Jurnal And Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya recognize the retention of the following:
- Patent and trademark rights and rights to any process or procedure described in the article.
- The right to photocopy or make single electronic copies of the article for their own personal use, including for their own classroom use, or for the personal use of colleagues, provided the copies are not offered for sale and are not distributed in a systematic way outside of their employing institution (e.g. via an e-mail list or public file server). Posting of an article on a secure network (not accessible to the public) within the author’s institution is permitted.
- The right, subsequent to publication, to use the article or any part thereof free of charge in a printed compilation of works of their own, such as collected writings or lecture notes.