Konsep Toleransi Beragama Menurut Buya Syafi’i Ma’arif

Authors

  • M. Wahid Nur Tualeka Dosen Prodi Studi Agama-agama UMSurabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/ah.v4i1.2333

Abstract

Abstrak         

Fokus penelitian ini adalah menjawab tiga permasalahan pokok, yaitu: pertama, bagaimana Sejarah Hidup Buya Syafii Maarif? Kedua, bagaimana toleransi dalam pandangan Buya Syafii Maarif? Ketiga, bagaimana Sumbangsih Pemikiran Toleransi Beragama Buya Syafii Maarif?

Penelitian ini merupakan studi literer (library research) dengan metode deskriptif, konten analisis dan komparatif yaitu penelitian yang tidak mengadakan perhitungan data secara kuantitatif. Penelitian pustaka dilakukan dengan membaca dan menginterprestasikan buku-buku dan dokumen yang memiliki kaitan erat, penulis berusaha mensistematisasi berbagai penemuan dari bermacam literature menjadi sebuah kumpulan kalimat atau paparan yang bermakna.

Temuan penelitian ini: pertama, Mengenal bagaiaman sejarah hidup dari seorang cendekiawan muslim yang juga pernah menjadi seorang ketua pimpinan pusat Muhammadiyah, yang di kenal sebgai organisasi masyarakat terbesar kedua di Indonesia .Kedua,mengetahui sumbangsih pemikiran seorang Buya Syafii Maarif terhadap kehidupan toleransi bangsa Indonesia.KetigaMemahami konsep toleransi beragama yang diadopsi oleh Buya Syafii Maarif dalam menyikapi keragama suku, budaya dan agam di bumi Indonesia ini.

Rekomendasi dari penelitian ini adalah untuk mengkaji seberapa pentingnya mengaplikasikan toleransi dalam kehidupan sehari-hari di bumi yang penuh akan keragaman, suku, budaya, dan agama ini agar tidak terjadi konflik sosial yang besar dalam kehidupan bermasyarakat melalui mengkaji pemikiran seorang cendekiawan muslim terkait toleransi beragama. Semoga dari mengkaji pemikiran belliau kita dapat memilih dan memilah mana yang seharusnya kita lakukan dalam hidup bermasyarakat.

 

Kata Kunci : Toleransi, Buya Syafi’i Ma’arif

Published

2019-01-06

Issue

Section

Artikel