Studi Komparatif: Dosa Dan Taubat Menurut Islam Dan Katholik

Authors

  • M. Maulana Mas'udi Dosen Prodi Studi Agama-agama UMSurabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/ah.v4i1.2331

Abstract

Abstrak

Banyak kalangan yang menilai bahwa kegagalan hidup disebabkan oleh dosa yang dilakukan sehari-hari karena hanya memperhatikan aspek kognitif belaka dan mengabaikan aspek  konitif-volatif, yakni kemauan dan tekad untuk mengamalkan nilai-nilai ajaran agama. Akibatnya terjadi kesenjangan antara pengetahuan dan praktek, karena kita hanya sekedar mengetahui, tanpa memahami dan mengamalkannya, sehingga tidak mampu membentuk pribadi-pribadi yang baik dan benar. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pengertian dosa dalam agama Islam dan Katholik. 2) Bagaimana cara bertaubat yang benar sesuai ajaran agama Islam dan Katholik. 3) Adakah persamaan dan perbedaan dalam masalah dosa dan taubat dalam agama Islam dan Katholik.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualiatatif deskriptif dengan rancangan peneltitian studi kasus, sesuai dengan pendekatan ini kehadiran narasumber agama Islam dan Katholiksangat penting, karena narasumber adalah instrument kunci untuk makna yang ada, sumber data utama dalam penelitian ini adalah kata-kata dan tindakan yang diperoleh melaui wawancara observasi, dan dokumentasi.

Penelitian ini dapat menghasilkan pengetahuan dan pemahaman yang sebelumnya seseorang pernah melakukan perbuatan dosa, lalu ia bisa berubah dan bertaubat setelah memahami makna yang benar bagaimana dosa itu dan cara bertaubat sesuai dengan tuntunan agama Islam dan Katholik.

Kata kunci: Pengertian dosa dan cara bertaubat yang benar menurut Agama Islam dan Katholik

 

Kata Kunci: Dosa Dan Taubat

Published

2019-01-06

Issue

Section

Artikel