HUBUNGAN STATUS GIZI DAN KOMORBID IBU SAAT HAMIL DENGAN KEJADIAN STUNTING DI BULAK, PUSKESMAS KENJERAN, KOTA SURABAYA

Isi Artikel Utama

Alyaa Shafira Bhakti Putri
Musa Ghufron
Gina Noor Djalilah
Uning Marlina

Abstrak

Kehamilan adalah masa terjadinya perubahan fisiologis dan kebutuhan nutrisi pada masa kehamilan cenderung meningkat untuk menjaga metabolisme dan mendukung pertumbuhan serta perkembangan janin. Begitu juga dengan kondisi kesehatan ibu seperti penyakit penyerta atau komorbid yang dialami oleh ibu selama kehamilan. Hal tersebut dapat menjadi faktor-faktor yang mempengaruhi bayi atau janin nantinya bisa berkembang baik atau memiliki resiko stunting. Stunting adalah kejadian pada balita yang memiliki perawakan pendek akibat kurangnya asupan nutrisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara status gizi dan komorbid ibu selama kehamilan dengan kejadian stunting balita di Bulak, Puskesmas Kenjeran, Kota Surabaya. 

Desain penelitian yang digunakan adalah analitik observasional dengan jenis studi cross sectional. Terdapat sebanyak 30 sample diperoleh dengan menggunakan total sampling dengan memberikan kuesioner mengenai riwayat penyakit penyerta serta faktor-faktor yang ada pada ibu selama kehamilan serta mengecek penambahan berat badan selama kehamilan di buku KIA ibu dan mencocokannya dengan grafik di buku KIA. 

Melalui uji multivariat yang menentukan hubungan antara status gizi dan komorbid ibu dengan kejadian stunting anak, tidak ditemukan adanya hubungan yang signifikan dengan nilai P = 0,3 (>0,05) antara status gizi ibu selama kehamilan dengan kejadian stunting balita, dan nilai P = 0,4 (>0,05) antara status komorbid ibu selama kehamilan dengan kejadian stunting balita.

Tidak adanya hubungan antara status gizi ibu dan komorbid selama kehamilan dengan kejadian stunting balita di Bulak, Puskesmas Kenjeran, Kota Surabaya.

Kata Kunci: Status Gizi Ibu, Komorbid Ibu, Kehamilan, Balita, Stunting.

Rincian Artikel

Referensi

  1. + B + D8. (n.d.).
  2. Abidin, R., Sumriyeh, S., & Asy’ari, A. (2022). Metode Pembelajaran Berbasis 3r (Reuse, Reduce, Recycle) dalam Upaya Memperdayakan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 222–231. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i2.1732
  3. Arimurti, A. R. R., Rohmayani, V., & ... (2023). The Potential of Indigenous Bacteria From Various Sample Soil in Degrading Polymer Plastic Waste. Al-Hayat: Journal of …, 6(2), 111–125. https://journal.walisongo.ac.id/index.php/hayat/article/view/17539%0Ahttps://journal.walisongo.ac.id/index.php/hayat/article/download/17539/5200
  4. Asy’ari, A., Dian Qonita, & Hefi Rusnita Dewi. (2021). Kelas Elite (Environmental Literacy) Anak Binaan Melalui Kegiatan Pembelajaran di Taman Baca Alam (TBA) Desa Sambogunung. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 3(3), 119–128. https://doi.org/10.36312/sasambo.v3i3.505
  5. Asy’ari, Fitriyah, L., & Putra, D. A. (2022). Implementation of Flora and Fauna-Based Smart Word Learning Media to Empower Elementary School Students’ Motivation and Science Literacy. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 11(2), 123–136. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v11i2.1500
  6. Asy, B., Gayatri, Y., & Rizqiyah, S. (n.d.). Implementing the Hands-on Activity ( HoA ) Learning Model Based on Natural Surroundings ( JAS ) in an Effort to Improve Ecoliteracy and Learning Motivation of the Students of SD Negeri Ombul 3 Bangkalan. Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-022-0
  7. Asyari, Zidni Ilma, P., Wida Dina Tinta, Z., & Mahlullah, Y. (2022). Pemberdayaan Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Upaya Meningkatkan Keikutsertaan dalam Pengembangan Organisasi dan Branding PCM Tambaksari Surabaya. Society : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 45–58. https://doi.org/10.37802/society.v3i1.235
  8. Berfikir, K., Dan, K., & Komunikasi, K. (n.d.). 2) 1,2). 40–47.
  9. Ervayani, E., Holisin, I., & Shoffa, S. (2016). Penerapan Teori Belajar Bruner dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik di Kelas III SD Muhammadiyah 9 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 1(1), 113. https://doi.org/10.30651/must.v1i1.102
  10. Fatihuddin, A., Biologi, P., Muhammadiyah, U., Biologi, P., & Muhammadiyah, U. (2022). RESPON PERTUMBUHAN TANAMAN SAWI PAKCOY ( Brassica rapa L .) TERHADAP PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR DARI LIMBAH SAYUR-SAYURAN. 01, 1–8.
  11. Fauzy, A., & Asy’ari. (2020). Studi Etnobotani Tanaman Obat di Wilayah Jawa Timur dan Pemanfaatannya Sebagai Media Edukasi Masyarakat Berbasis Website. Jurnal Pedago Biologi, 8(2), 46–52. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Biologi/article/view/9333/4112#
  12. Firdaus, Z., Listiana, L., Gayatri, Y., & Asy’ari, A. (2022). Penerapan discovery learning dalam melatih keterampilan berpikir kritis dan meningkatkan motivasi siswa Miftahuddeen School, Nathawee District, Thailand. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 17–22. https://doi.org/10.22219/jppg.v3i1.24003
  13. Holisin, I., Ainy, C., & Wikanta, W. (2019). Improving Reasoning Ability of Elementary Students in Solving Mathematical Problems with the OSCAR Learning Model. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 243(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/243/1/012101
  14. Iis Holisin. (2007). Pembelajaran Matematika Realistik (PMR). Didaktis, 3(3), 1–68. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/didaktis/article/viewFile/255/199
  15. Ismail, A. A., & Suharti, P. (2021). PENGARUH PEMBERIAN CAMPURAN SEDUHAN UMBI BAWANG PUTIH (Allium sativum) DAN LIDAH BUAYA (Aloe vera L.) SEBAGAI BIOPESTISIDA ALAMI TERHADAP AKTIFITAS HAMAJANGKRIK (Tarbinskiellus portentosus) SERTA IMPLEMENTASINYA SEBAGAI EDUKASI MASYARAKAT. Jurnal Pedago Biolog, 9(2), 1–8.
  16. Journal, Tell. (2016). CRITICAL DISCOURSE ANALYSIS RELATED TO POWER RELATION IN FILM “THE JUDGE ” Ahmad Cholilir Rozzaq 1 , Dwijani Ratnadewi 2. 4(1), 9–21.
  17. Journal, The, & Muhammadiyah, O. (2023). Isolasi Dan Karakterisasi Bakteri Termofilik Dari Oil Sludge Asal Kalimantan Timur. 1(6).
  18. Juniawan, M. F., & Wikanta, W. (2023a). Project-Based Learning in the Study of Eco-enzyme Microorganisms to Train Students ’ Critical Thinking in Waste Treatment Engineering Course. VIII(September), 179–185.
  19. Juniawan, M. F., & Wikanta, W. (2023b). The Effect of the Jigsaw Learning Model in Animal Tissue and Body Structure Courses on Student Problem Solving Ability. 9(4), 2042–2046. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i4.3129
  20. Listiana, L. (2020). Learning reflections in the covid-19 pandemic period ( study at the Muhammadiyah educational institutions in Surabaya ). March, 255–262.
  21. Listiana, L., B, A. B., Jamaluddin, A. Bin, & Muharni, A. (n.d.). Enhancing Cognitive Retention of Different Academic Abilities Undergraduate Students (Vol. 2). Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-022-0
  22. Lutfiah, I., Suharti, P., & Asy’ari, A. (2021). Improving Students’ Creative Thinking Skills through the IBSC (Investigation Based Scientific Collaborative) Learning Model Based on E-Learning. SEJ (Science Education Journal), 5(2), 85–97. https://doi.org/10.21070/sej.v5i2.1572
  23. M.Ridlwan, Asy’ari, & Abidin, R. (2021). Learning Motivation Of Students at State High School of Surabaya in Covid-19 Era. International Journal of Education and Research, 9(8), 115–126.
  24. Nailun, L., Gayatri, Y., & Suharti, P. (2022). Pembelajaran Modifikasi CAM ( Concept Attainment Model ) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas X MA Al- Ishlah Sendangagung Universitas Muhammadiyah Surabaya , ABSTRAK Kata kunci : CAM ( Concept Attainment Model ), Keterampilan Berpikir Kritis , Motivasi Belajar , Keterlaksanaan PENDAHULUAN Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting bagi kehidupan sebagai upaya dalam menyiapkan anak-anak bangsa yang berkualitas yang memiliki kemampuan berpikir dan keterampilan , sehingga pada pembelajaran abad ke-21 menuntut peserta didik harus aktif dan memiliki keterampilan yang mampu mempraktikan pengetahuan yang sudah diperoleh ke dunia kerja dan siap dalam berkompetisi dengan negara-negara lain . Setiap pelaksanaan keterampilan abad ke-21 memerlukan kunci pengembangan pengetahuan akademis dan pemahaman di antara semua peserta didik . Mereka yang memiliki keterampilan dan berkomunikasi secara efektif dapat membangun pengetahuan , dalam konteks konstruksi pengetahuan peserta didik . Keterampilan yang diperlukan dalam dunia era globalisasi pada saat ini adalah kemampuan berpikir kritis , pemecahan masalah , komunikasi , dan kolaborasi . ( Partnership , 2015 ). SDM yang berkualitas salah satunya dengan membiasakan membentuk budaya keterampilan berpikir kritis pada siswa dalam proses pembelajaran . Menurut Ennis dalam Sunaryo ( 2014 ) berpikir kritis adalah berpikir yang wajar dan reflektif yang berfokus pada memutuskan apa yang harus dipercayai atau dilakukan . Selain itu menurut Redhana dan Liliasari dalam prayoga ( 2013 ) bahwa tujuan melatihkan kemampuan berpikir kritis kepada siswa adalah untuk menyiapkan siswa menjadi pemikir kritis , mampu memecahkan masalah , dan menjadi pemikir independen . Sehingga mereka dapat menghadapi kehidupan , menghindari diri dari indoktrinasi , penipuan , pencucian otak , mengatasi masalah yang dihadapi , dan membuat. 10(2), 88–102.
  25. Nurlaily, N. Y., Wicaksana, S. U., Irmawanto, R., & Holisin, I. (2021). Pemenuhan Akses Pendidikan Kepada Masyarakat Pinggiran Perkotaan: Studi Kasus SD Budi Yakin Surabaya. Jurnal Dedikasi Hukum, 1(2), 178–189. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jdh/article/view/17101
  26. Oktafiana, L., Iis Holisin, & Himmatul Mursyidah. (2020). Analisis Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS) Tingkat SMP. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 2(2), 112–129. https://doi.org/10.36765/jp3m.v2i2.24
  27. Pedago, J., Vol, B., Penyakit, A., Calabura, M., Calabura, M., & Calabura, M. (2022). Uji Antibakteri Perasan Daun Kersen ( Muntingia Calabura L ) Dalam Berbagai Konsentrasi Terhadap Pertumbuhan Escherichia Coli Secara Invitro Fitrotin Azizah. 10(1), 285–293.
  28. Peningkatan, U. (2021). HIDROPONIK BEKAS SETRO BARU-SURABAYA. V(2).
  29. Penulis, V., Rohmayani, S., Pd, M. S., Anindita, R. R. A., Si, S., Hidayatullah, M. S. N., & Pd, S. (2022). PERAN BAKTERI ROCKWOOL HIDROPONIK TANAMAN SAWI (Brassica rapa L.). http://www.p3i.um-surabaya.ac.id
  30. Protokol, D. A. N., Keguruan, F., Sosial, I., Muhammadiyah, U., Matematika, P. P., & Keguruan, F. (2021). JURNAL HUMANISM Surabaya Sekolah Kreatif Berbasis Pembelajaran Upaya Membangun Budaya Cakap SOSIALISASI BAHAYA COVID-19 BAHAYA COVID-19 KESEHATAN Teknologi Di Era Revolusi Industri KEPADA ANAK-ANAK TEMPAT KEPADA ANAK-ANAK TEMPAT SIDORAHAYU Prodi Pendidika. 2.
  31. Rahmawati, I., & Ratnadewi, D. (2015). A Postcolonial Survey of “A House for Mr. Biswas” by V. S. Naipaul. Advances in Language and Literary Studies, 6(4). https://doi.org/10.7575/aiac.alls.v.6n.4p.72
  32. Ratnadewi, D. (2009). Pembelajaran bahasa inggris tematik integratif: sebuah alternatif model pembelajaran bahasa inggris di smk. Journal Online Universitas Muhammadiyah Surabaya, 8(2), 1–17. https://core.ac.uk/download/pdf/229571972.pdf
  33. Ratnadewi, D., & Yunianti, S. (2019). Indonesian student teachers’ critical thinking skills in text analysis with CDA approach. Humanities and Social Sciences Reviews, 7(3), 424–431. https://doi.org/10.18510/hssr.2019.7362
  34. Ridlwan, M. &, Asy’ari, & Abidin, R. (2021). PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR INDONESIA Pascasarjana Pendidikan Pendidikan Bahasa dan Sastra Universitas Pascasarjana Pendidikan Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surabaya Surabaya 2 PG PAUD Fakultas Keguruan dan. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 7, 141–149.
  35. Ridlwan, M., Asy’ari, A., Suprapti, E., & Abidin, R. (2021). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Upaya Meningkatkan Kinerja Guru SMA Muhammadiyah 7 Surabaya. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 21(3), 314–325. https://doi.org/10.30651/didaktis.v21i3.8606
  36. Rohmawati, A., Holisin, I., & Kristanti, F. (2021). Model Pembelajaran Blended Learning: Kajian Meta-Analisis. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(6), 1453–1464. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i6.1453-1464
  37. Rohmayani, V., Sari M., E. T., Romadhon, N., & Wahyuni, H. I. (2021). Diversity of Bivalvia, Gastropoda and Holothuroidea in Intertidal Zone of North Javan Sea Coastal, Indonesia. Jurnal Biologi UNAND, 9(1), 1. https://doi.org/10.25077/jbioua.9.1.1-7.2021
  38. Rohmayani, Vella, Arimurti, A. R. R., Lukiyono, Y. T., Nuzula, F., Romadhon, N., & Lihabi, L. (2022). Edukasi Infeksi Toksoplasmosis Pada Masyarakat Di Desa Balong Panggang Gresik. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 165–173. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/HMN
  39. Rohmayani, Vella, Arimurti, A. R. R., Romadhon, N., & Lihabi, L. (2023). Prevalence Of Helmint Infection In Cat’s Feces In Surabaya City. Medicra (Journal of Medical Laboratory Science/Technology), 6(1), 32–37. https://doi.org/10.21070/medicra.v6i1.1685
  40. Samani, M., Daryono, M., & Ratnadewi, D. (2018). Developing Character Education Based on Local Wisdom. 173, 230–233. https://doi.org/10.2991/icei-17.2018.60
  41. Sasmi, M. A., Holisin, I., & Mursyidah, H. (2020). Pengaruh Pendekatan RME dengan Model Pembelajaran CPS terhadap HOTS Siswa Kelas VII SMP. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.30738/union.v8i1.4790
  42. Sugiharti, N., & Gayatri, Y. (2021). Profil kemampuan berpikir kritis siswa SMA Muhammadiyah Kota Surabaya pada pembelajaran biologi. Jurnal Pedago Biologi, 9(1), 34–40.
  43. Syarifah, L., Holisin, I., & Shoffa, S. (2021). Meta Analisis: Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, 14(2), 256–272.
  44. Ulfa, N., Jupri, A., & Turmudi, T. (2021). Analisis Hambatan Belajar Pada Materi Pecahan. Research and Development Journal of Education, 7(2), 226. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i2.8509
  45. Utami, N. I., Holisin, I., & Mursyidah, H. (2018). The Development of Engklek Geometri Learning Media to Preserve Traditional Game. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 8(3), 211–224. https://doi.org/10.30998/formatif.v8i3.2710
  46. Wahyuni, H. I., Shoukat, N., & Romadhon, N. (2023). Kearifan lokal inventory of plant utilization and its relevance as a source on ecopedagogic learning based on local wisdom. 7, 23–32.
  47. Wikanta, W. (2011). PENGARUH PENAMBAHAN PERASAN BUAH BELIMBING WULUH ( Averrhoa bilimbi L ) TERHADAP KADAR RESIDU FORMALIN DAN PROFIL PROTEIN UDANG PUTIH ( Letapenaeus vannamei ). 33–39.
  48. Wikanta, W., Suharti, P., & Asy’ari, A. (2023). Development of practicum-based mobile augmented reality through the group investigation model to improve students’ creative thinking. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 9(2), 145–166. https://doi.org/10.22219/jpbi.v9i2.26316
  49. Wikantaa, W., Gayatri, Y., & Juniawan, F. (2023). The Urgency and Challenges of Flipped Classroom as A Learning Mode in The Digital Era in Indonesia. VIII(September), 227–236.