HUBUNGAN PENGUASAAN STRUKTUR KALIMAT DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN KETERAMPILAN MENULIS EKSPOSISI SISWA KELAS V SD
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara (1) penguasaan struktur kalimat dan keterampilan menulis eksposisi, (2) kemampuan berpikir kritis dan keterampilan menulis eksposisi, (3) penguasaan struktur kalimat dan kemampuan berpikir kritis secara bersama-sama dengan keterampilan menulis eksposisi. Penelitian dilaksanakan di SDN Wilayah Binaan I Makasar, Jakarta Timur tahun pelajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan pendekatan kuantitatif, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik korelasional (keterhubungan). Penelitian mengambil sampel dengan teknik cluster random sampling. Hasil analisis menunjukan bahwa (1) ada hubungan kuat antara penguasaan struktur kalimat dan keterampilan menulis eksposisi (2) ada hubungan kuat antara kemampuan berpikir kritis dan keterampilan menulis eksposisi (3) ada hubungan sangat kuat antara penguasaan struktur kalimat dan kemampuan berpikir kritis secara bersama-sama dengan keterampilan menulis eksposisi.
Full text article
Generated from XML file
Authors
Harningrum, A. A., Yarmi, G., & Juhana, J. (2022). HUBUNGAN PENGUASAAN STRUKTUR KALIMAT DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN KETERAMPILAN MENULIS EKSPOSISI SISWA KELAS V SD. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1), 141–153. https://doi.org/10.30651/else.v6i1.9192
Copyright (c) 2022 Annisa Arma Harningrum, Gusti Yarmi, Juhana Juhana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright
The copyright holder for articles published by ELSE is the author.
Licence
Scientific articles published in this journal are licensed under license
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.