HUBUNGAN PENGUASAAN STRUKTUR KALIMAT DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN KETERAMPILAN MENULIS EKSPOSISI SISWA KELAS V SD

Annisa Arma Harningrum (1), Gusti Yarmi (2), Juhana Juhana (3)
(1) Universitas Terbuka, Indonesia,
(2) Universitas Terbuka, Indonesia,
(3) Universitas Terbuka, Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara (1) penguasaan struktur kalimat dan keterampilan menulis eksposisi, (2) kemampuan berpikir kritis dan keterampilan menulis eksposisi, (3) penguasaan struktur kalimat dan kemampuan berpikir kritis secara bersama-sama dengan keterampilan menulis eksposisi. Penelitian dilaksanakan di SDN Wilayah Binaan I Makasar, Jakarta Timur tahun pelajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan pendekatan kuantitatif, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik korelasional (keterhubungan). Penelitian mengambil sampel dengan teknik cluster random sampling. Hasil analisis menunjukan bahwa (1) ada hubungan kuat antara penguasaan struktur kalimat dan keterampilan menulis eksposisi (2) ada hubungan kuat antara kemampuan berpikir kritis dan keterampilan menulis eksposisi (3) ada hubungan sangat kuat  antara penguasaan struktur kalimat dan kemampuan berpikir kritis secara bersama-sama dengan keterampilan menulis eksposisi.

Full text article

Generated from XML file

Authors

Annisa Arma Harningrum
annisaarmaharningrum@gmail.com (Primary Contact)
Gusti Yarmi
Juhana Juhana
Harningrum, A. A., Yarmi, G., & Juhana, J. (2022). HUBUNGAN PENGUASAAN STRUKTUR KALIMAT DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN KETERAMPILAN MENULIS EKSPOSISI SISWA KELAS V SD. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1), 141–153. https://doi.org/10.30651/else.v6i1.9192

Article Details