PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Pandemi Covid-19 menyebabkan terjadinya kedaruratan di segala bidang. Kedaruratan di bidang pendidikan ditandai dengan kebijakan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan supervisi akademik pada masa pandemi Covid-19 di SDIT Aljabar Gondang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Visitasi kelas untuk observasi pembelajaran tidak dapat dilaksanakan, dikarenakan proses pembelajarannya dengan cara pembelajaran jarak jauh (PJJ). Karena itu visitasi kelas diganti dengan visitasi pembelajaran kelas virtual. Instrumen yang digunakan adalah google form. Kepala sekolah mengirim instrumen kepada guru yang disupervisi melalui google form, selanjutnya guru tinggal mengisi. Instrumen visitasi kelas virtual mengacu pada instrumen visitasi kelas dalam pembelajaran normal, tetapi redaksinya diedit menyesuaikan kebutuhan untuk mendapatkan informasi tentang pelaksanakan PJJ. Berdasarkan vitasi kelas virtual tersebut diketahui bahwa dalam masa pandemi Covid-19 para guru SDIT Al Jabar Gondang tetap melaksanakan tugasnya, yaitu dengan cara blanded learning. Pembelajaran jarak jauh (PJJ) secara on line yang dicampur dengan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas secara bergiliran. PJJ dilaksanakan untuk menyampaikan materi pembelajaran yang esensial, sedangkan PTM terbatas untuk pengumpulan tugas dan pemberian bimbingan khusus yang tidak dapat dilaksanakan secara efektif melalui PJJ
Full text article
Generated from XML file
Authors
Kuspini, S., Sumardjoko, B., Widyasari, C., & Rahmawati, L. E. (2022). PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1), 121–140. https://doi.org/10.30651/else.v6i1.8949
Copyright
The copyright holder for articles published by ELSE is the author.
Licence
Scientific articles published in this journal are licensed under license
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.