CONFIDENCE WORKSHEET BERBASIS ETHNO-EDUTAINMENT UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SLOW LEARNER

Sekar Dwi Ardianti (1), Savitri Wanabuliandari (2)
(1) Universitas Muria Kudus,
(2)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis peningkatan kepercayaan diri siswa slow learner dalam pembelajaran menggunakan confidence worksheet berbasis ethno-edutainment. Metode penelitian ini adalah metode pre experimental. Dengan desain one group pretest posttest. Penelitian ini dilakukan di SD 4 Dersalam. Populasi penelitian ini adalah siswa slow learner di SD 4 Dersalam. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik nontes. Dengan instrumen angket kepercayaan diri siswa slow learner. Data dianalisis dengan menggunakan uji normalized gain. Berdasarkan analisis dengan menggunakan normalized gain <g>, terjadi peningkatan kepercayaan diri siswa slow learner dengan tingkat peningkatan rendah sebesar 14,29 %,  sedang sebesar 57,14 %, dan tinggi  sebesar 28,57 %. Secara klasikal diperoleh  nilai normalized gain <g> sebesar  33% atau 0,33 yang berarti tafsiran peningkatan kepercayaan diri siswa slow learner termasuk kategori sedang.

Full text article

Generated from XML file

Authors

Sekar Dwi Ardianti
sekar.dwi.ardianti@umk.ac.id (Primary Contact)
Savitri Wanabuliandari
Ardianti, S. D., & Wanabuliandari, S. (2022). CONFIDENCE WORKSHEET BERBASIS ETHNO-EDUTAINMENT UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SLOW LEARNER. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1), 92–99. https://doi.org/10.30651/else.v6i1.7743

Article Details