Penerapan Model Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Metode Brainstorming terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30651/else.v5i1.7351Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan menulis narasi dengan metode brainstorming pada model pembelajaran daring murid kelas V SD Inpres Bertingkat Mamajang II Kota Makassar. Jenis Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimental design, dengan bentuk desain nonequivalent contol group design yang terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Inpres Bertingkat Mamajang II yang aktif yang terdiri dari 2 kelas yaitu Kelas VA dan Kelas VB dengan jumlah murid sebanyak 40 orang. Berdasarkan hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar murid pada kelas yang tidak menggunakan metode brainstorming yaitu 77,5. sedangkan rata-rata hasil belajar keterampilan menulis narasi yang menggunakan metode brainstorming adalah 84,25. Hasil statistik inferensial dengan menggunakan uji t-test diperoleh t_hitung > t_tabel  4,60 > 2,09. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikatakan bahwa model pembelajaran daring dengan menggunakan metode brainstorming berpengaruh terhadap keterampilan menulis narasi murid. jadi penelitian yang dilakukan dengan penerapan metode brainstorming menunjukkan adanya keberhasilan dilihat dari perolehan hasil belajar murid Kelas V SD Inpres Bertingkat Mamajang II Kota Makassar.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Daring, Brainstorming, Menulis Narasi
Â
Abstract: This study aims to improve the learning outcomes of narrative writing skills using the brainstorming method on the online learning model for fifth grade students at Mamajang II Leveled Inpres Elementary School, Makassar City. This type of research is a quasi-experimental design, with a nonequivalent control group design consisting of two groups, namely the experimental group and the control group. The population in this study were all active students of class V SD Inpres Mamajang II, consisting of 2 classes, namely Class VA and Class VB with a total of 40 students. Based on the results of descriptive analysis, it shows that the average student learning outcomes in classes that do not use the brainstorming method are 77.5. while the average learning outcomes of narrative writing skills using the brainstorming method is 84.25. The results of inferential statistics using the t-test obtained tcount> ttable 4.60> 2.09. Based on the research results, it can be said that the online learning model using the brainstorming method affects students' narrative writing skills. So the research that was carried out by applying the brainstorming method showed that there was success seen from the learning outcomes of Class V students at Mamajang II Level Mamajang II Elementary School Makassar City.
Keywords: Online Learning Model, Brainstorming, Narrative WritingReferences
Dari Buku
DePorter, Bobbi. 2011. Quantum Learning. Jakarta: Mizan Pustaka.
Keraf, G. 2001. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Pamungkas, S. 2012. Bahasa Indonesia Berbagai Perspektif. Pacitan: CV Andi Offset.
Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sani, R. A. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Suparno. 2008. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
Dari Jurnal
Abdilah, H., Marzuki, M., & Marli, S. 2016. Pengaruh Brainstorming Terhadap Perolehan Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(9).
Amin, D. 2016. Penerapan Metode Curah Gagasan (Brainstorming) Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa. Jurnal Pendidikan Sejarah, 5(2), 1-15.
Gunawan, Ni Made Yeni Suranti, F. 2020. Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemic Period. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(2), 61–70.
Dari Skripsi
Arifuddin, Arwin. 2012. Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas XII SMK Negeri 8 Makassar dengan Menggunakan Metode Brainstorming. [Skripsi]. [Makassar (Indonesia)]: Universitas Muhammadiyah Makassar.
Dari Internet
Suryawan, O. 2020. Guru Diminta Aktif Awasi Pembelajaran Daring Agar Siswa Tetap Fokus. [Internet]. [dikutip 20 April 2020]. Tersedia dari: bbalipuspanews.com.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright
The copyright holder for articles published by ELSE is the author.
Licence
Scientific articles published in this journal are licensed under license
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.