KEMITRAAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Kuwat Kuwat Universitas Ahmad Dahlan
  • Fitri Nur Mahmudah Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v5i2.7091

Abstract

Pandemi covid-19 menjadi perubahan yang signifikan terhadap proses pembelajaran di Sekolah Dasar.  Hal ini berdampak pada orang tua untuk dapat aktif dalam melibatkan diri selama proses pembelajaran anak di rumah yang berlangsung.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemitraan orang tua dan sekolah dalam proses pembelajaran di rumah selama pandemi covid-19.  Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan pendekatan studi kasus.  Penelitian dilakukan di SD Muhammadiyah Kadisoka.  Sumber data dalam penelitian ini adalah guru berjumlah 3 orang.  Teknik pengambilan data dengan menggunakan wawancara terstruktur.  Analisis data menggunakan model studi kasus Miles & Huberman dengan bantuan software Atlas.ti versi 8.  Hasil dari penelitian ini adalah terdapat tujuh poin penting dalam kemitraan, yaitu (1) interaksi; (2) motivasi; (3) metode; (4) media; (5) prestasi; (6) pendampingan; (7) sikap; dan (8) komunikasi.

Author Biography

Kuwat Kuwat, Universitas Ahmad Dahlan

Magister Manajemen Pendidikan

References

Andiani. 2017. Interaksi dan komunikasi berbasis teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. JUTISI. 6(1):1375–1382.

Arifin S. 2012. Kemitraan Sekolah-Masyarakat sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan di Sampang, Jawa Timur. J Humanit. 8(1):203–219.

Asfihan A. 2019. Networking Komunikasi. :2.

Handayani T. 2011. Membangun komunikasi efektif untuk meningkatkan kualitas dalam proses belajar mengajar. TA’DIB. 2(1):274–302.

Ir. Bambang Sigit & Nizar SS. 2012. Membangun Jejaring Kerja dan Kemitraan. Jakarta: Kementrian Kehutanan.

Jeane Neltje Saly. 2005. Usaha Kecil, Penamanan Modal Asing dalam peresfektif pandangan Internasional. Jakarta: Badan Pembinaan Hukum Nasional.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2021. Data satuan pendidikan jenjang sekolah dasar (SD) provinsi Indonesia. Pus Data dan Teknol Inf [Internet].:1. https://referensi.data.kemdikbud.go.id/index11.php

Krismanda MA, Iriani A. 2017. Pengembangan Model Kemitraan Sekolah Dengan Orang Tua Melalui Media Sosial Dalam Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah di Sekolah Menengah Swasta. Kelola J Manaj Pendidik. 4(2):146–160.

Miles MB, Huberman AM. 1994. An expanded sourcebook qualitative data analysis second edition. [place unknown]: SAGE Publications Asia-Pacific Pte. Ltd.

Nasution MK. 2017. Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. Stud Didakt J Ilm Bid Pendidik. 11(1):9–16.

Padmadewi NN, Artini LP, Nitiasih PK, Suandana IW. 2018. Memberdayakan keterlibatan orang tua dalam pembelajaran literasi di sekolah dasar. J Ilmu Sos dan Hum. 7(1):64–76.

Palmer C, Bolderston A. 2018. A Brief Introduction to Qualitative Research. Can J Med Radiat Technol. 2(3):16–19.

Pemerintah Indonesia. 2003. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003. Sekretariat Negara. Jakarta.

Rahman B. 2014. Kemitraan orang tua dengan sekolah dan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa. J Pendidik Progresif. 4(2):129–138.

Syakdiyah A, Mahmudah NF, Wiwik W. 2019. Active Learner Strategies in Era of Disruption : a Literature Review. Int Conf Progress Civ Soc. 317(1):165–168.

Taufik A. 2020. Interaksi Komunikasi dalam Pendidikan. Edification. 2(2):124–132.

Published

2021-08-10

Issue

Section

Artikel