Analisis Kompetensi Guru Kelas dalam Mengimplementasikan Model Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 di SD Wilayah III Kecamatan Ujungbulu Kabupaten Bulukumba
Abstract
Abstrak:Â Kesiapan guru dalam proses implementasi kurikulum 2013 memegang peranan yang sangat penting dalam membentuk kepribadian anak guna mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui kompetensi guru kelas dalammengimplementasikan model pembelajaran kurikulum 2013di SD Wilayah III Kecamatan Ujungbulu Kabupaten Bulukumba. Model pembelajaran yang menjadi fokus adalahProblem Based Learning. Penelitian ini mengunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptifkualitatif.Instrumen berupa catatan seluruhaktivitas guru dalam proses pembelajaran,peneliti mengumpulkan data secara langsung melalui observasi dan wawancara.Subjek penelitian adalah guru kelas yang sudah sertifikasimengajar di kelas III dan kelas VI. Hasil penelitian yaitu: 1) Pelaksanaan standar kompetensi guru kelas terlaksana sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dengan catatan bahwa pelaksanaan kompetensi profesional khususnya aspek mengembangkankeprofesianmelaluitindakanreflektifmasih butuh perhatian khusus karena semua guru kelas yang menjadi subjek dalam penelitian ini jarang melakukannya. 2) Implementasi model pembelajaran Problem Based Learningterlaksana dengan baik dan cukup efektif digunakan dalam pembelajaran.Kesimpulkan penelitian ini bahwa guru kelas III dan Kelas VI SD Wilayah III Kecamatan Ujungbulu Kabupaten Bulukumba yang telah tersertifikasi merupakan guru profesional yang memiliki kompetensi yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan serta mampu mengimplementasikan model pembelajaran berbasis kurikulum 2013.
Â
Kata Kunci: Kompetensi Guru, Model Pembelajaran, Kurikulum 2013
Â
Abstract:Â Teacher readiness in the process of implementing the 2013 curriculum plays a very important role in shaping the personality of children in order to develop quality human resources. This study aims to determine the competence of classroom teachers in implementing the 2013 curriculum learning model in SD area III Ujungbulu District, Bulukumba Regency. The learning model is used as the focus in this study is Problem Based Learning. This study uses the type of qualitative research with a qualitative descriptive approach. Instrument in the form of a record of all teacher activities in the learning process, researchers collect data directly through observation and interviews. The object of the study was classroom teachers who had certified teaching in class III and class VI. The results of the study are: 1) The implementation of classroom teacher competency standards is carried out in accordance with established standards with a note that the implementation of professional competence especially aspects of developing professionalism through reflective action still needs special attention because all classroom teachers who are the subjects in this study rarely do so. 2) The implementation of the Problem Based Learning model is implemented well and quite effective in learning. The conclusion of the study is that class III and class VI teachers of SD area III in Ujungbulu District, Bulukumba District who have been certified are professional teachers who have competencies that are in accordance with established standards and are able to implement the 2013 curriculum-based learning model.
Keywords: Teacher Competency, Learning Model, 2013 Curriculum
Full text article
References
Dari buku
Hosnan.M. (2014).Pendekatan Saintifik dan Konstektual dalam pembelajaran abad 21.Bogor: Ghalia Indonesia
Kemendikbud.(2013). Pengembangan Kurikulum 2013.Paparan Mendikbud dalam Sosialisasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemdikbud
Kemendikbud.(2016). Buku Panduan PLPG 2016 Materi Pedagogik.Paparan Mendikbud dalam Sosialisasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud
Kurniasih, I. Sani, B. (2014). Sukses Mengimplikasikan Kurikulum 2013. Jogjakarta: Kata Pena.
Musfah, Jejen. (2011).Peningkatan Kompetensi Guru. Jakarta: Kencana
Dari Jurnal
Asniati (2018).Analisis Kompetensi Guru Kimia Dalam Mengimplementasikan Model Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 di SMK-SMAK Makassar. Chemistry Education Review (CER), Pend. Kimia PPs UNM, 2018, Vol.1, No.2 (1-12)
Jhon Helmi. (2014). Penilaian Autentik Dalam Kurikulum 2013 (Online). (http://jurnalalishlah.word/2014, Diakses pada tanggal 4 April 2017)
Dari Internet
Arends.(2012). Langkah-langkah Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM).https://ujungkulon22.blogspot.com/2016/06/model-dan-metode pembelajaran-berbasis.html. Diakses pada tanggal 1 April 2019
Fogarty. 1997. Langkah-langkah Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM).https://ujungkulon22.blogspot.com/2016/06/model-dan-metode-pembelajaran-berbasis.html. Diakses pada tanggal 1 April 2019
Susilo Nugroho. (2014). Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru (Online). (http://indo-dinamis.blogspot.co.id/2013/04/kualifikasi-akademik-kompetensi-guru.html. Di akses tanggal 31 Mei 2017)
Authors
Copyright
The copyright holder for articles published by ELSE is the author.
Licence
Scientific articles published in this journal are licensed under license
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.