Pengembangan Media MeKoBin (Memutar Kotak Binatang) pada Tema 7 Benda, Hewan, dan Tanaman Sekitar Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar

Laksono Adi Swasono (1), Sudjalil Sudjalil (2), Belinda Dewi Regina (3)
(1) Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia,
(2) Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia,
(3) Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia

Abstract

Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian yang mengembangkan sebuah media pembelajaran bersifat tematik yang diberi nama media MEKOBIN (Memutar Kotak Binatang).Uji coba produk tersebut dilakukan di SDN Kwaron II Kota Jombang. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran MEKOBIN (2) mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran MEKOBIN. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Sebagai sumber data yaitu siswa kelas I SDN Kwaron II Kota Jombang, Jombang tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 12 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media MEKOBIN bernilai layak digunakan terlihat dari hasil kriteri (valid, efektif, dan menarik), terbukti dari pemerolehan hasil presetase 83% validasi materi dan 73% dari hasil validasi media, nilai rata-rata keefektifan siswa kelas I uji coba sebesar 81%, dan 84% diambil dari nilai kemenarikan dari hasil angket respon pengguna.


Kata Kunci: Pengembangan, Media MEKOBIN, Pembelajaran Tematik


Abstract: This research developed a thematic learning media namely MEKOBIN (Spinning Animal Box). The product test was done at SDN Kwaron II Jombang City. This research aimed (1) describe MEKOBIN thematic learning media (2) describe the feasibility of MEKOBIN thematic learning media. This research used R&D (Research and Development) by means of ADDIE learning development (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The subject of this research comprised 12 students of the first grader of SDN 1 Kwaron Jombang City in the academic year of 2018/2019. The result revealed that MEKOBIN was feasible based on criteria (valid, effective, and attractive) that were proven by 83% percentage of material validation and 73% percentage of media validation, the average of affectivity of test was 81%, and 84% of the attractiveness of questionnaire.


Keywords: Development, Media MEKOBIN, Thematic Learning


Full text article

Generated from XML file

References

Ardyad, A. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Haryono, A. D. (2015). Metode Praktis Pengembangan Sumber dan Media Pembelajaran. Malang: Pustaka Inspiratif Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Kencana.

Sadiman, A. (2010). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT RAJAGRAFINDO PERSADA Sudjana, Nana, & Rivai, A. (2009). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Suryani, & Hendryadi. (2015). Metode Riset Kuantitatif Teori dan Aplikasi pada Peneltian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Jakarta: Prenadamedia Group. Tageh, & Kirna. (2010). Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan. 2010: Universitas Pendidikan Ganesha.

Authors

Laksono Adi Swasono
laksonoadiswasono412@gmail.com (Primary Contact)
Sudjalil Sudjalil
Belinda Dewi Regina
Swasono, L. A., Sudjalil, S., & Regina, B. D. (2020). Pengembangan Media MeKoBin (Memutar Kotak Binatang) pada Tema 7 Benda, Hewan, dan Tanaman Sekitar Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.30651/else.v4i1.3311

Article Details