Pengaruh Media Kartu Kata Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 2 SD
Abstrak
Membaca adalah bagian mendasar dari kemahiran berbahasa, terutama dalam bahasa Indonesia, yang merupakan bahasa nasional. Oleh karena itu, penguasaan kemampuan membaca permulaan merupakan prasyarat untuk menguasai kemampuan berbahasa lainnya. Mencari tahu apakah penggunaan media kartu kata berdampak pada kemampuan membaca siswa adalah tujuan dari penelitian ini. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen semu. Penilaian membaca digunakan untuk mengumpulkan data. Reliabilitas instrumen diuji dengan metode split-half, sedangkan validitasnya berdasarkan validitas isi. Analisis data menggunakan uji t. Disarankan agar guru menggunakan media kartu untuk mengajar membaca permulaan di kelas dua sekolah dasar karena dengan adanya penggunaan media kartu kata dapat mempengaruhi kemampuan membaca permulaan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,05 sesuai dengan uji perbedaan dua rata-rata dengan uji-t menggunakan perangkat lunak SPSS dengan tingkat signifikansi 0,05. Karena nilai sig 0,05, maka H0 ditolak untuk uji perbedaan rata-rata skor akhir kemampuan membaca permulaan siswa, khususnya antara dua pihak. Hal ini mengindikasikan bahwa terdapat perbedaan antara siswa yang menggunakan media kartu kata dengan yang tidak menggunakan media kartu kata.
Kata kunci: Kemampuan Membaca Siswa, Media Kartu Kata
Artikel teks lengkap
Referensi
Akmalia, A., Varda, L. T., & Rizqiyah, W. (2020). Pengembangan Kartu Kata Bergambar ( Flash Card ) Untuk Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Kosa Kata Di Madrasah Ibtidaiyyah Kelas III. Prosiding Semnasbama, IV(2), 398–407. http://prosiding.arabum.com/index.php/semnasbama/article/view/625.
Arsyad, Azhar. (2012). Media Pembelajaran. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.
Astuti, S. (2019). Penggunaan media kartu huruf untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan Ditkintan Komara kelompok B. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2). https://doi.org/20.27509/cd.v7i2.20546.
Asmonah, S. (2019). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan model direct instruction berbantuan media kartu kata bergambar. Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 29–37. https://doi.org/20.22832/jpa.v8i2.26682.
Alvionita, M., & Haris, A. A. (2020). Pengembangan Kartu Kata Bergambar ( Flash Card ) Media Kartu Kata dan Kartu Gambar pada Materi Kosakata Bahasa Indonesia 182 untuk Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Kosa Kata di Madrasah Ibtidaiyyah Kelas III. Prosiding Semnasbama, IV(2), 398–407.
Ayriza, Y. (2004). Perbandingan Efektifitas Tiga Metode Membaca Permulaan dalam Meningkatkan Kesadaran Fonologi Anak Pra Sekolah, Tesis, (tidak dipublikasikan). Yogyakarta : Universitas Gajah Mada.
Budi Rahman, Haryanto, “Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Flashcard Pada Siswa Kelas 1 SDN Bajayau Tengah 2”. Jurnal Prima Edukasi, Vol. 2 No. 2 2014.
Depdiknas. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas. 2009.
Fahrurrozi. (2016). Pembelajaran Membaca Permula Dasar. Jurnal Ilmiah PGSD VOL.X No.2. X(June), 222–227.
Hanum Zulfa Afifah. (2017). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Buku Pop-Up Pada Anak Cerebral Palsy Kelas Iv Slb G Daya Ananda Kalasan Tugas [Universitas Negeri Yogyakarta 2017]. In Program Studi Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta (Vol. 02). http://www.albayan.ae.
Oktaviyanti, I., Amanatulah, D. A., Nurhasanah, N., & Novitasari, S. (2022). Analisis Pengaruh Media Gambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5589–5597. https://doi.org/20.32004/basicedu.v6i4.2729
Ratnasari, D., Halidjah, S., & Utami, S. (2018). Penerapan Media Kartu Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(2), 2–22.
Rimhasni. (2020). Penggunaan Media Kartu Kata untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri 009 Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau. Jurnal Ilmiah Edu Research, 9(2), 38–47.
Sadiman, Arief S, dkk. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2003.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Utami, (2017). Pengaruh Penggunaan Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Permula Siswa Kelas 1 Sd NEGRI 1 Rajanasa Raya Bandar Lampung (Vol. 4). Universitas Lampung Bandar Lampung.
Nurul Hidayah dan Diah Rizki Nur Khalifah. Pembelajaran Bahasa Dan Satra Indonesia Untuk Sekolah Dasar. Yogyakarta: Pustaka Pranala. 2019.
Windarti, W., Kirana, T., & Widodo, W. (2023). Melatih Keterampilan Berpikir Krtitis Menggunakan Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) Pada Siswa SMP. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains).
Zubaidah, E. (2023). Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Diagnosa Dan Cara Mengatasinya. Yogyakarta: PGSD-FIP, UNY
Penulis
Hak Cipta (c) 2025 Tika Saputri, Ratnasari

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright
The copyright holder for articles published by ELSE is the author.
Licence
Scientific articles published in this journal are licensed under license
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.