Media Batik Flannel Board untuk Meningkatkan Kreativitas dan Pemahaman Konsep Perbandingan Matematika pada Siswa Sekolah Dasar
Abstrak
Di era pembelajaran kurikulum merdeka saat ini, penggunaan media dalam pembelajaran menjadi sangat relevan terhadap belajar differensiasi setiap siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji korelasi antara penggunaan media pembelajaran berupa flannel board, dengan daya berpikir kreatif serta hasil belajar siswa Hasil dari penelitian ini yaitu penerapan media batik flannel board cukup signifikan dengan hasil kreativitas siswa kelas control (yang tidak dikenai variabel) adalah mencapai skor rata-rata 66,4 di bawah angka ketuntasan 75 sedangkan hasil kreativitas siswa kelas eksperimen (yang dikenai variabel) adalah mencapai skor rata-rata 83,5 di atas angka ketuntasan 75 dengan uji kenormalan One Sample Kolmogorov-Smirnov Test. Sedangkan berdasarkan hasil pemahaman siswa kelas control mencapai skor rata-rata 66,4 di bawah angka ketuntasan 75 sedangkan hasil pemahamaman siswa kelas eksperimen yaitu kelas yang dikenai media batik flannel board mencapai skor rata-rata 83,5 di atas angka ketuntasan 75 dengan uji kenormalan One Sample Kolmogorov-Smirnov, dengan test signifikansinya di atas 0,05 artinya data normal. Simpulannya implementasi media Batik Llannel Board dapat meningkatkan kreativitas dan pemahaman konsep materi Perbandingan Matematika pada siswa kelas V sekolah dasar.
Artikel teks lengkap
Referensi
Sukerti, N. N. (2021). Penerapan Metode Demontrasi Berbantuan Media Sederhana untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik (Muatan Matematika). Journal of Education Action Research, 5(2), 232-238.
Rahmalia, D., & Suryana, D. (2021). Pengembangan Media papan flanel untuk meningkatkan kecerdasan logika matematika pada anak. Jurnal Basicedu, 5(2), 605-618.
Evayani, R. W., Syaikhu, A., & Herminastiti, R. (2020). Peningkatan Kemampuan Bercerita Anak melalui Media Papan Flanel. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III (pp. 106-112).
Selly, A. S., Umam, N. K., & Subayani, N. W. (2022). Pengembangan Media Papan Flanel Pecahan Matematika Kelas 2 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 3(2), 322-330.
Nasution, A., & Nugraheni, A. S. (2021). Pengembangan Media Papan Flanel Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik di MI. SD, 1, 14.
Sakti, H. G., & Parhan, H. (2020). Pengaruh Media Papan Flanel Terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Paedagogy, 7(3), 226-231.
Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman konsep anak pada pembelajaran matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1-8.
Aledya, V. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa. May, 0–7.
Murdiana, M., Jumri, R., & Damara, B. E. P. (2020). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 152-160.
Murtiyasa, B., & Hayuningtyas, W. (2020). Pengaruh Strategi Pembelajaran Tipe Kooperatif Dan Kreativitas Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 358-368.
Oktaviani, C., & Mellyzar, M. (2021). Implementasi Pembuatan Bahan Ajar Pocket Book Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Kreativitas Mahasiswa. Lantanida Journal, 8(2), 157-167.
Aqip, Zainal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru. Bandung: Yrama Widya.
Arikunto, S. dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Cetakan Ketiga. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Dimyati, dan Mujiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: Rineka Cipta.
Efendi, M. Mahfud, dkk. 2000. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Malang: UMM Press.
Hamzah. 2007. Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Moleong, L. J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Cetakan ke-22. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muksetyo Gatot, dkk. 2007. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas terbuka.
Prihandoko. 2006. Pemahaman dan Penyajian Konsep Matematika Secara Benar dan Menarik. Jakarta: Depdiknas.
Putra, E. D. 2011. Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kubus Dan Balok Kelas VIII SMP Negeri 2 Batu. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Susilana, R. dan Riyana, C. 2009. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Penulis
Hak Cipta (c) 2025 Arif Zulkifli, Sudarti, Trapsilo Prihandono

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright
The copyright holder for articles published by ELSE is the author.
Licence
Scientific articles published in this journal are licensed under license
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.