Pengembangan Media Flashcard dengan Metode Peer Teaching Materi Pengaruh Kalor Terhadap Suhu dan Wujud Benda
Abstrak
Dalam dunia pendidikan, pembelajaran sains kurang efektif jika hanya dilakukan dengan menghafal atau mendengarkan penjelasan guru secara pasif. Dalam kegiatan pembelajaran sains, harus ada proses ilmiah, menghasilkan produk ilmiah dengan melakukan percobaan/eksperimen dan membentuk sikap ilmiah siswa. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk membuat media Flashcard dengan metode peer teaching pada materi tentang pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda yang termasuk dalam kategori valid yang disetujui oleh ahli materi, ahli media, dan guru sebagai pengguna serta praktis dan efektif ketika digunakan dalam pembelajaran sains. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian dilakukan dalam uji coba di SDN 2 Plosokerep dan pengujian di SDN 1 Kepanjenlor dengan subjek siswa kelas IV. Data diperoleh berdasarkan hasil observasi, wawancara, kuesioner, dan tes. Uji validitas media Flashcard memperoleh skor rata-rata 94,1% dalam kategori sangat valid. Uji kepraktisan mendapatkan rata-rata 89,1% dalam kategori sangat praktis dan uji efektivitas dengan rata-rata 81% dalam kategori efektif. Dengan kesimpulan bahwa penelitian dan pengembangan ini dapat menghasilkan media Flashcard yang memenuhi kategori uji validitas, kepraktisan, dan efektivitas.
Artikel teks lengkap
Referensi
Afkarina, S. R. (2022). Penggunaan Metode Tutor Sebaya Pada Pembelajaran Kaligrafi Arab di ICIS (Institute of Culture and Islamic Studies) UIN Kiai Haji Achmad Siddiq jember. http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15198%0Ahttp://digilib.uinkhas.ac.id/15198/1/T20181203 Salis R A wtrmk.pdf
Ariastika, D. (2022). Penerapan Literasi Digital pada Pembelajaran IPA dalam Menghadapi Kesiapan Pendidikan di Era Society 5.0. FORDETAK: Seminar Nasional Pendidikan: Inovasi Pendidikan Di Era Society 5.0, 132–142. https://emea.mitsubishielectric.com/ar/products-solutions/factory-automation/index.html
Ariyanto, M. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Kenampakan Rupa Bumi Menggunakan Model Scramble. Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 133. https://doi.org/10.23917/ppd.v3i2.3844
Branch, R. M. (2021). Instructional Design: The ADDIE Approach. Encyclopedia of Evolutionary Psychological Science, 4159–4163.
Chairiyah, Nadziro, & Pratomo, W. (2021). Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Menggunakan Media Flashcard Powerpoint Di SDN Berbah 2 Sleman. Jurnal Persada, 4(1), 46–50. https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/perseda%0APeran
Hartanti, D. P. (2018). Kegiatan Ekstrakurikuler Jurnalistik Untuk Meningkatkan Ketrampilan Menulis di SDIT Nur Hidayah Surakarta Tahun 2018. Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Febriyanto, B., & Yanto, A. (2019). Penggunaan media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(2), 108. https://doi.org/10.32585/jkp.v3i2.302
Fitriyan, Z., Prasasti, P. A. T., & Agustianti, T. L. (2023). Pengembangan Media Space Book Berbasis Qr Code Materi Tata Surya Dengan Penguatan Karakter Gemar Membaca Pada Kelas Vi Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 4876–4886. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7732
Fittria, M. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Melalui Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar. Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia and Society, 1(1), 540-553.
Gustinasari, M., Lufri, & Ardi. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Konsep Disertai Contoh pada Materi Sel untuk Siswa SMA. Bioeducation Journal, 1(1), 2354–8363.
Hastari, R. S. D. (2022). Ekspresif Lisan Anak Usia 4-5 Tahun. 11.
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042
Husniyah, R., Widiatsih, A., Fajarisman, F., Kunrozazi, K., & Kurniawan, N. (2022). Pengembangan Website Menggunakan Google Sites Materi Produksi Pada Tumbuhan Dan Hewan Untuk Smp/Mts Pada Masa Pademi Covid 19. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 6(1), 47–58. https://doi.org/10.31537/ej.v6i1.616
Kelana, J. B., & Wardani, D. S. (2021). Model Pembelajaran IPA SD. Cirebon: Edutrimedia Indonesia.
Khalida, B. R., & Astawan, I. G. (2021). Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 182–189.
Khoiriyah, J. (2021). Peer teaching as a Learning Method to Improve the Result of Learning of Industrial Clothing Manufacturing Subject. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(3), 329–338. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i3.292
Khoirunnisa, Z., Thohir, M. A., & Utama, C. (2023, June). Development of Science Monopoly on Force Theme for Elementary School Students. In Proceeding of International Conference on Innovation in Elementary Education (Vol. 1, No. 1, pp. 1-11).
Lathifa, N. N. (2016). Strategi Pembelajaran Kooperatif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Ta’dib, 19(1), 31. https://doi.org/10.31958/jt.v19i1.449
Muqodas, I. (2015). Mengembangkan kreativitas siswa sekolah dasar. Metodik Didaktik, 9(2), 25-33.
Nuraini, A. (2022). Pengembangan Media Flashcard Berbarcode Materi Pengaruh Kalor Terhadap Perubahan Suhu Dan Wujud Benda Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal PGSD, 10(02), 302–316. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/45587
Nisa, D. H. (2025). Pengaruh Metode Peer Tutoring Dengan Psikososial Terhadap Self Confidence Siswa Dan Pemahaman Konsep Matematis (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).
Pradana, R. A., & Santosa, A. B. (2020). Studi Literatur Media Pembelajaran Flash Card Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Perekayasaan Sistem Radio Dan Televisi. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 09(03), 575–583.
Prasetya, D. J., & Kholis, N. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Peer teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Dasar Dan Pengukuran Listrik Di SMK N Nusawungu. E-Journal , 6(4), 312–318. http://journal.student.uny.ac.id/ojs
Pratiwi, D. D. (2016). Pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan Geogebra terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 191–202. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i2.34
Pratiwi, T., & Muhtarom, T. (2025). Analisis Karakteristik Model Pembelajaran Berbasis Pendekatan Konstruktivisme untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 5(1), 183-197.
Pratiwi, Y. D., Bintartik, L., & Putra, A. P. (2020). Development of POE Learning Model-Based Booklet for Elementary School. 508(Icite), 277–284. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201214.249
Purbosari, P. M. (2016). Pembelajaran Berbasis Proyek Membuat Ensiklopedia Ilmu Pengetahuan Alam (Ipa) Untuk Meningkatkan Academic Skill Pada Mahasiswa. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 231. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p231-238
Rahmawati, S. (2022). Kemampuan Guru dalam Mengimplementasikan Model Pembelajaran Lesson Study Mata Pelajaran Matematika di Tingkat Madrasah Tsanawiyah. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 2(3), 172–186. https://doi.org/10.55868/jeid.v2i3.142
Sugiyono. (2019). METODE PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN (Research and Development/ R&D). 38.
Sumarli, S., Anitra, R., & Safitri, S. (2022). Pemahaman Konsep Siswa Sd Pada Materi Kalor Dan Perpindahannya Ditinjau Dari Gaya Belajar. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 6(1), 150-165.
Suryana A. (2017). Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian Kualitatif, 17, 43. http://repository.unpas.ac.id/30547/5/BAB III.pdf
Susdamayanti, R. (2014). Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Badung 3 Bangkalan. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 3(2), 100–110. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v3i2.61
Turnip, S. P., Sihombing, L. N., & Sijabat, D. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema 3 Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan Kelas V SD Negeri Percontohan Pematang Siantar. Journal on Education, 06(01), 2879–2890.
Vivien Pitriani, N. R., Wahyuni, I. G. A. D., & Gunawan, I. K. P. (2021). Penerapan Model Addie Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Lectora Inspire Pada Program Studi Pendidikan Agama Hindu. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 515–532. https://doi.org/10.37329/cetta.v4i3.1417
Wahyuningtyas, P., Bintartik, L., & Putra, A. P. (2020). Lectora-Based Interactive E-Book Development for Elementary Schools. 508(Icite), 257–264. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201214.246
Widayati, P. A. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Peer teaching Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas Ii Sdn Dukutalit 01 Dalam Pembelajaran Tematik. Indonesian Journal of Elementary School, 3(2), 202–210. https://doi.org/10.26877/ijes.v3i2.15459
Yusup, A. A. M., & Sari, A. I. C. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Peer teaching Kuliah Kalkulus. Research and Development Journal Of Education, 6(2), 1–12.
Penulis
Hak Cipta (c) 2025 Priya Kusuma Bahari Bahari, Aynin Mashfufah, Yusuf Hanafi, Salis Fariha Ramadhani, Ade Eka Anggraini, Siti Faizah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright
The copyright holder for articles published by ELSE is the author.
Licence
Scientific articles published in this journal are licensed under license
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.