Pengembangan Flashcard Digital untuk Meningkatkan Penguasaan dan Pemahaman Kosakata Siswa Kelas II Sekolah Dasar

Faza Shafira Dini (1), Almuntaqo Zainuddin (2)
(1) a:1:{s:5:"en_US";s:34:"Universitas Muhammadiyah Surakarta";}, Indonesia,
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran flashcard digital untuk meningkatkan pemahaman dan penguasaan kosakata peserta didik kelas II SD Negeri Kertonatan 01. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang meliputi lima tahap: analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Media dirancang menggunakan aplikasi Canva dan dikonversi ke website Heyzine.com dengan tambahan audio kosakata. Validasi dilakukan oleh ahli media dan ahli materi untuk menguji kelayakan media yang kemudian diuji coba kepada guru dan 7 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa flashcard digital layak dan cukup efektif digunakan dalam pembelajaran. Validasi ahli media memperoleh hasil sebesar 74,6% sedangkan ahli materi mencapai 78%, yang termasuk kategori “Layak”. Hasil uji coba guru dan peserta didik masing-masing sebesar 90% dan 85,3% yang termasuk kategori “Sangat Layak”. Uji efektivitas menunjukkan peningkatan pemahaman peserta didik dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,68 dengan persentase efektivitas mencapai 68% yang dikategorikan “Cukup Efektif”. Dengan demikian, flashcard digital ini dapat membantu peserta didik dalam memahami dan menguasai kosakata dengan lebih baik. Penggunaan media ini memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan inovatif, sehingga dapat menjadi alternatif dalam pembelajaran kosakata di sekolah dasar.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Adzani, M. R., & Salahuddin, R. (2019). Flashcard Sentence As A Media For Increasing Elementary School Students’ Literacy Understanding. Jurnal At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 5(3), 401–410. https://doi.org/10.37758/jat.v5i3.511

Anggraeni, A. A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard Digital Berbasis Quizlet pada Materi Ikatan Kimia https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/72738.

Ardiyanti, A., Usman, M., & Bandu, I. (2018). Pembelajaran Kosakata Bahasa Prancis Dengan Media Flashcard (Studi Kasus Pada Mahasiswa Sastra Prancis). Jurnal Ilmu Budaya,6(1). https://doi.org/10.34050/jib.v6i1.4327.

Barokah, R. A., Lutfi, & Rahmatunnisa, S. (2023). Pengembangan Media Digital Crossword Puzzle pada Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Cerita Fiksi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(5), 3365–3375. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Batubara, H. H. (2021). Media Pembelajaran Digital (1st ed.). PT Remaja Rosdakarya. https://www.researchgate.net/publication/352887544_Media_Pembelajaran_Digital.

Ernawati, I. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 204–210. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i2.17315

Farmasari, S., Mahyuni, Wardana, L. A., & Junaidi, A. (2021). Maksimalisasi Penggunaan Flash Card Untuk Penguatan Kosakata Bahasa Inggris Siswa SMP Pinggiran Di Kota Mataram.78–88. https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v1i1.90.

Febriyanti, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard pada Materi Perubahan Wujud Benda Kelas III SD/MI. Institut Agama Islam Negeri Metro. https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8642/.

Fitriyani, E., & Nulanda, P. Z. (2017). Efektivitas Media Flash Cards dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2), 167–182. https://doi.org/10.15575/psy.v4i2.1744

Gaol, J. L. (2020). The Ability of Students Develop Narrative Paragraphs by Using Flash Card. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2), 56–64. https://doi.org/10.35335/cendikia.v10i2.1677

Lailusmi, H. (2022). Pengembangan Media Flashcard Dalam Pembelajaran IPA di Kelas V MIN 5 Kota Banda Aceh. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24130/.

Lisa, H. (2019). the Effectiveness of Flashcards on the Motivation To Increase English Vocabulary Among the Fourth Elementary School. JOALL (Journal of Applied Linguistics & Literature), 4(1), 43–53. https://doi.org/10.33369/joall.v4i1.6852

Nasir, A. M. (2016). Statistik Pendidikan. Media Akademi. https://doi.org/10.31227/osf.io/judwx.

Nawir, M., Khaeriyah, H., & Syamsuriyawati. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining terhadap Hasil Belajar Metematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 18 Lau Kabupaten Maros. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif), 100–108. https://ejournals.umma.ac.id/index.php/equals/article/view/422.

Rahmayanti, Luardini, M., & Asi, N. (2020). Teaching Vocabulary By Using Flashcard Media At the Fifth Grade Elementary School. Journal Compound, 8(2), 127–131. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/JCP/article/view/2440.

Rayanto, Y. H., & Sugiarti. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2: Teori dan Praktek. Lembaga Academic dan Research Institute. ISBN: 978-623-93491-2-7.

Setia, R. A. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (Nht) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Kearsipan. Universitas Pendidikan Indonesia. http://repository.upi.edu/view/creators/Setia=3ARestu_Arti=3A=3A.html.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. https://digilib.unigres.ac.id/index.php?p=show_detail&id=43.

Sumbertada, K. (2024). Uses Flashcards to Increase the Vocabulary of Elementary School Students. 4(2018), 326–335. https://jurnal.stkipahsingaraja.ac.id/index.php/jpmi/article/view/870.

Suryana, N., & Permadi, D. (2000). Pendekatan, Metode, Teknik dan Model Pembelajaran Bahasa Inggris di SD dan MI. Sarana Pancakarya. https://doi.org/10.31219/osf.io/y93ck.

Penulis

Faza Shafira Dini
a510210166@student.ums.ac.id (Kontak utama)
Almuntaqo Zainuddin
Shafira Dini, F., & Zainuddin, A. (2025). Pengembangan Flashcard Digital untuk Meningkatkan Penguasaan dan Pemahaman Kosakata Siswa Kelas II Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 9(2). https://doi.org/10.30651/else.v9i2.25658

Rincian Artikel