Mengukur Gelombang Otak Siswa yang Mengalami Gangguan untuk Menentukan Kesiapan Mereka dalam Belajar
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara gelombang otak dan tingkat kesiapan siswa difabel dengan kategori mild-cognitive impairment dalam belajar menggunakan sinyal EEG (Electroencephalography). Sinyal EEG digunakan untuk merekam aktivitas listrik otak yang dihubungkan dengan berbagai kondisi mental, termasuk kesiapan belajar. Metode yang digunakan melibatkan pengumpulan data dari siswa difabel dengan melakukan pengukuran gelombang otak sebelum dan selama proses pembelajaran. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi signifikan antara jenis gelombang otak tertentu, seperti gelombang alfa dan beta, dengan tingkat kesiapan siswa dalam menerima materi pembelajaran. Temuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru dalam pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif dan sesuai dengan kondisi mental siswa difabel, serta menjadi acuan untuk optimasi kurikulum pendidikan inklusif berbasis teknologi.
Artikel teks lengkap
Referensi
Biasiucci, A., Franceschiello, B., Biology, M. M.-C., & 2019, undefined. (n.d.). Electroencephalography. Cell.Com. Retrieved December 30, 2024, from https://www.cell.com/current-biology/fulltext/S0960-9822(18)31551-3
Downing, J. E., & Peckham-Hardin, K. D. (2007). Inclusive education: What makes it a good education for students with moderate to severe disabilities? Research and Practice for Persons with Severe Disabilities, 32(1), 16–30. https://doi.org/10.2511/RPSD.32.1.16
Gauthier, S., Reisberg, B., Zaudig, M., Petersen, R. C., Ritchie, K., Broich, K., Belleville, S., Brodaty, H., Bennett, D., Chertkow, H., Cummings, J. L., de Leon, M., Feldman, H., Ganguli, M., Hampel, H., Scheltens, P., Tierney, M. C., Whitehouse, P., & Winblad, B. (2006). Mild cognitive impairment. Lancet, 367(9518), 1262–1270. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(06)68542-5/ASSET/4E39A3F5-4E58-4388-9747-876A097297B1/MAIN.ASSETS/GR1.JPG
Muazza, M., Hadiyanto, H., … D. H.-J. K., & 2018, undefined. (n.d.). Analyses of inclusive education policy: A case study of elementary school in Jambi. Journal.Uny.Ac.Id. Retrieved December 30, 2024, from https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/14968
neurology, G. M.-P.-H. of clinical, & 2020, undefined. (n.d.). Electroencephalography. Elsevier. Retrieved December 30, 2024, from https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9780444639349000184
Paludan Malver, L., Brokjaer, A., Staahl, C., Graversen, C., Andresen, T., Mohr Drewes, A., & Asbjørn Mohr Drewes, P. (2013). Electroencephalography and analgesics. Wiley Online Library, 77(1), 72–95. https://doi.org/10.1111/bcp.12137
Petersen, R. C. (2016). Mild cognitive impairment. CONTINUUM Lifelong Learning in Neurology, 22(2, Dementia), 404–418. https://doi.org/10.1212/CON.0000000000000313
Petersen, R. C., & Negash, S. (2008). Mild Cognitive Impairment: An Overview. CNS Spectrums, 13(1), 45–53. https://doi.org/10.1017/S1092852900016151
Sanford, A. M. (2017). Mild Cognitive Impairment. Clinics in Geriatric Medicine, 33(3), 325–337. https://doi.org/10.1016/J.CGER.2017.02.005/ASSET/544652A5-3648-4EDB-8121-3941F31C2F89/MAIN.ASSETS/GR3.SML
Sen, D., Mishra, B. B., & Pattnaik, P. K. (2023). A Review of the Filtering Techniques used in EEG Signal Processing. 7th International Conference on Trends in Electronics and Informatics, ICOEI 2023 - Proceedings, 270–277. https://doi.org/10.1109/ICOEI56765.2023.10125857
Siron, Y., … R. M. D. and D. I. in, & 2017, undefined. (n.d.). Implementing inclusive education: What are elementary teacher obstacles? Case study in East Jakarta, Indonesia. Atlantis-Press.Com. Retrieved December 30, 2024, from https://www.atlantis-press.com/proceedings/icddims-17/25893016
Penulis
Hak Cipta (c) 2025 Muhamad Amirul Haq

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright
The copyright holder for articles published by ELSE is the author.
Licence
Scientific articles published in this journal are licensed under license
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.