Mengukur Gelombang Otak Siswa yang Mengalami Gangguan untuk Menentukan Kesiapan Mereka dalam Belajar

Tining Hariyanti (1), Muhamad Amirul Haq (2), Sulton Dedi Wijaya (3), Marista Oktaviani (4), Alwan Fayyadh (5), Elmira Ivana (6), Hafiz Firman Abdullah (7)
(1) Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia,
(2) Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia,
(3) Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia,
(4) Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia,
(5) Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia,
(6) Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia,
(7) Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara gelombang otak dan tingkat kesiapan siswa difabel dengan kategori mild-cognitive impairment dalam belajar menggunakan sinyal EEG (Electroencephalography). Sinyal EEG digunakan untuk merekam aktivitas listrik otak yang dihubungkan dengan berbagai kondisi mental, termasuk kesiapan belajar. Metode yang digunakan melibatkan pengumpulan data dari siswa difabel dengan melakukan pengukuran gelombang otak sebelum dan selama proses pembelajaran. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi signifikan antara jenis gelombang otak tertentu, seperti gelombang alfa dan beta, dengan tingkat kesiapan siswa dalam menerima materi pembelajaran. Temuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru dalam pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif dan sesuai dengan kondisi mental siswa difabel, serta menjadi acuan untuk optimasi kurikulum pendidikan inklusif berbasis teknologi.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Biasiucci, A., Franceschiello, B., Biology, M. M.-C., & 2019, undefined. (n.d.). Electroencephalography. Cell.Com. Retrieved December 30, 2024, from https://www.cell.com/current-biology/fulltext/S0960-9822(18)31551-3

Downing, J. E., & Peckham-Hardin, K. D. (2007). Inclusive education: What makes it a good education for students with moderate to severe disabilities? Research and Practice for Persons with Severe Disabilities, 32(1), 16–30. https://doi.org/10.2511/RPSD.32.1.16

Gauthier, S., Reisberg, B., Zaudig, M., Petersen, R. C., Ritchie, K., Broich, K., Belleville, S., Brodaty, H., Bennett, D., Chertkow, H., Cummings, J. L., de Leon, M., Feldman, H., Ganguli, M., Hampel, H., Scheltens, P., Tierney, M. C., Whitehouse, P., & Winblad, B. (2006). Mild cognitive impairment. Lancet, 367(9518), 1262–1270. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(06)68542-5/ASSET/4E39A3F5-4E58-4388-9747-876A097297B1/MAIN.ASSETS/GR1.JPG

Muazza, M., Hadiyanto, H., … D. H.-J. K., & 2018, undefined. (n.d.). Analyses of inclusive education policy: A case study of elementary school in Jambi. Journal.Uny.Ac.Id. Retrieved December 30, 2024, from https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/14968

neurology, G. M.-P.-H. of clinical, & 2020, undefined. (n.d.). Electroencephalography. Elsevier. Retrieved December 30, 2024, from https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9780444639349000184

Paludan Malver, L., Brokjaer, A., Staahl, C., Graversen, C., Andresen, T., Mohr Drewes, A., & Asbjørn Mohr Drewes, P. (2013). Electroencephalography and analgesics. Wiley Online Library, 77(1), 72–95. https://doi.org/10.1111/bcp.12137

Petersen, R. C. (2016). Mild cognitive impairment. CONTINUUM Lifelong Learning in Neurology, 22(2, Dementia), 404–418. https://doi.org/10.1212/CON.0000000000000313

Petersen, R. C., & Negash, S. (2008). Mild Cognitive Impairment: An Overview. CNS Spectrums, 13(1), 45–53. https://doi.org/10.1017/S1092852900016151

Sanford, A. M. (2017). Mild Cognitive Impairment. Clinics in Geriatric Medicine, 33(3), 325–337. https://doi.org/10.1016/J.CGER.2017.02.005/ASSET/544652A5-3648-4EDB-8121-3941F31C2F89/MAIN.ASSETS/GR3.SML

Sen, D., Mishra, B. B., & Pattnaik, P. K. (2023). A Review of the Filtering Techniques used in EEG Signal Processing. 7th International Conference on Trends in Electronics and Informatics, ICOEI 2023 - Proceedings, 270–277. https://doi.org/10.1109/ICOEI56765.2023.10125857

Siron, Y., … R. M. D. and D. I. in, & 2017, undefined. (n.d.). Implementing inclusive education: What are elementary teacher obstacles? Case study in East Jakarta, Indonesia. Atlantis-Press.Com. Retrieved December 30, 2024, from https://www.atlantis-press.com/proceedings/icddims-17/25893016

Penulis

Tining Hariyanti
Muhamad Amirul Haq
amirulhaq@ft.um-surabaya.ac.id (Kontak utama)
Sulton Dedi Wijaya
Marista Oktaviani
Alwan Fayyadh
Elmira Ivana
Hafiz Firman Abdullah
Hariyanti, T., Haq, M. A., Wijaya, S. D., Oktaviani, M., Fayyadh, A., Ivana, E., & Firman Abdullah, H. (2025). Mengukur Gelombang Otak Siswa yang Mengalami Gangguan untuk Menentukan Kesiapan Mereka dalam Belajar. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 9(1). https://doi.org/10.30651/else.v9i1.25098

Rincian Artikel