Pengembangan Instrument Self-Regulated Learning Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Sekolah Dasar

Niswatus Sa'idah (1), Mhmd Habibi (2)
(1) Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia,
(2) Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bermaksud mengembangkan instrument self-regulated learning pada pembelajaran IPS siswa kelas 3 SD. Urgensi instrumen self-regulated learning yaitu membantu meningkatkan hasil belajar dengan cara menetapkan tujuan belajar dan keefektifan memonitor dengan menumbuhkan kepercayaan diri pada diri peserta didik Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat validitas dan juga reliabilitas instrument self-regulated learning. Adapun indikator self-regulated learning yaitu perencanaan belajar, motivasi belajar, metakognisi, perilaku belajar dan evaluasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R & D) atau penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan 4D yang disederhanakan menjadi 3D. Dalam penelitian ini melibatkan sebanyak 17 responden, yaitu siswa kelas 3 SD BPMAA Pekanbaru. Adapun bentuk instrument yang dikembangkan yaitu berupa pernyataan yang berjumlah 31 butir pernyataan. Analisis validitas dan reliabilitas instrument ini menggunakan SPSS versi 25.00 for windows. Adapun hasil validitas instrument dengan nilai r tabel dengan jumlah responden sebanyak 17 siswa, untuk df (N-2) pada taraf signifikan 0,05 adalah 0,4821, maka dari 31 item pernyataan 26 items valid dan 5 item tidak valid. Untuk hasil reliabilitas instrument yaitu apabila sig. lebih dari 0,60 maka dinyatakan reliable dan dapat digunakan. Maka sesuai dengan hasil analisis reliabilitas dengan alpha cronbach 0,923, maka instrument self-regulated learning ini dinyatakan reliable dan dapat digunakan. Maka dapat disimpulkan bahwa instrument yang dikembangkan dapat digunakan untuk mengukur self-regulated learning siswa kelas 3 sekolah dasar.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Agnezi, L. A. (2019). validitas reliabilitas, efektivitas, dan praktikalitas bahan ajar non cetak.

Anisah, L. (2022). Utilizing “wordwalls’as an assessment tool for indonesian junior high school students. English Review: Journal of English Education.

Astuti, N., Kaspul, K., & Riefani, M. K. (2022). Validitas Modul Elektronik “Pembelahan Sel” Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 6(1), 94–102.

https://doi.org/10.24036/jep/vol6-iss1/667

Boekaerts, M. (1999). Self Regulated Learning. International Journal of Education Research, 31(6), 445–457.

Brenner, C. A. (2022). Self ‑ regulated learning , self ‑ determination theory and teacher candidates ’ development of competency ‑ based teaching practices. Smart Learning Environments. https://doi.org/10.1186/s40561-021-00184-5

Butler, D. L., Cartier, S. C., Schnellert, L., & Gagnon, F. (2011). Secondary students ’ self-regulated engagement in reading : researching self- regulation as situated in context. Psychological Test and Assessment Modeling, 53(2011), 73–105.

Borg, W.R. & Gall, M.D. (1983). Educational research: An introduction. New York: Longman.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model. Halaqa: Islamic Education Journal.

Hamonangan, R. H., & Widyarto, S. (2019). Pengaruh Self Regulated Learning dan Self Control terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1).

Indrayanto, M. Q. (2019). Pengaruh Self Regulated Learning terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa SMA Negeri 20 Gowa. Shaut Al Arabiyyah, 6(2), 142. https://doi.org/10.24252/saa.v6i2.7125

Isra Syahputri, F. D. (2021). Pengembangan E-Modul Membaca Siswa Kelas 3 Sdn 029 Pekanbaru. Qalamuna -Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 671–686. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.1081

Magdalena, I., Fauziah, S. N., Faziah, S. N., & Nupus, F. S. (2021). Analisis Validitas, Reliabilitas, Kesulitan Dan Daya Beda Butir Soal Ujian Akhir Semester Tema 7 Kelas Iii Sdn Karet 1 Sepatan. BINTANG: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(2), 198–214.

Maulida, L., Murtinugraha, R. E., & Arthur, R. (2023). Model Four-D Sebagai Implementasi Untuk Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Modul Mata Kuliah K3. Jurnal Pendidikan West Science, 1(07), 433–440. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i07.532

Noprinda, C. T., & Soleh, S. M. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(2), 168–176. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i2.4342

Parantika, I. W. ., Sariyasa, & I.G. Astawan. (2022). Pengembangan Instrumen Self Regulated Learning dan Kecerdasan Emosional Pada Pembelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6(2), 133–140.

Salsabila, A. K., Azmy, B., & Susiloningsih, W. (2023). Development of an E-Module Based on Project Based Learning Material on the Human Circulatory System for Class V Elementary School. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 8(3), 938. https://doi.org/10.58258/jupe.v8i3.5932

Sukowati, D., Prasetyo, D. Y. B., & Yuwono, T. A. (2021). Analisis Kualitas Sensori Ikan Asap Berbahan Bakar Briket Campuran (Arang Bonggol Jagung dan Daun Jati) dan Bahan Bakar Kayu. Jurnal Pijar Mipa, 16(1),81. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i5.1712

Torang, S. (2023). Tahapan Model Penelitian Dan Pengembangan Research And Development (R&D). DIROSAT: Journal of Education, Social Sciences & Humanities, 1(4),142–158. https://doi.org/10.58355/dirosat.v1i4.48

Winne, P. H., & Hadwin, A. F. (1998). Studying as Self-Regulated Learning (& A. C. G. (Eds. . In D. J. Hacker, J. Dunlosky (ed.); The educat, Issue January 1998). Lawrence Erlbaum Associates Publishers.

Winne, P. H., & Perry, N. E. (2017). Measuring Self-Regulated Learning. In Handbook of Self-Regulation (Issue October). https://doi.org/10.1016/b978-012109890-2/50045-7

Zimmerman, B. (2002). Becoming a Self-Regulated Learner : An Overview Becoming Learner : Self-Regulated Overview. In Theory into Practices. https://doi.org/10.1207/s15430421tip4102

Penulis

Niswatus Sa'idah
22311023671@students.uin-suska.ac.id (Kontak utama)
Mhmd Habibi
Sa’idah, N., & Mhmd Habibi. (2025). Pengembangan Instrument Self-Regulated Learning Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 9(1). https://doi.org/10.30651/else.v9i1.25094

Rincian Artikel