Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Peran Komunitas Belajar Intrasekolah dalam Mengoptimalkan Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar

Wahyureni Andi Susilowati (1), Wahyu Sukartiningsih (2), Hitta Alfi Muhimmah (3)
(1) a:1:{s:5:"en_US";s:27:"Universitas Negeri Surabaya";}, Indonesia,
(2) Universitas Negeri Surabaya, Indonesia,
(3) Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan komunitas belajar intra sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran berdiferensiasi di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus di Sekolah Dasar Negeri Rejomulyo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunitas belajar intra sekolah berperan penting dalam mengoptimalkan pembelajaran berdiferensiasi melalui berbagai aspek, yaitu peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru, peningkatan kolaborasi antar guru, serta peningkatan motivasi dan kepemimpinan guru. Namun, terdapat beberapa tantangan dalam penerapan komunitas belajar intra sekolah ini, yaitu keterbatasan waktu, kurangnya sumber daya, dan kurangnya dukungan dari pihak terkait. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi sekolah dasar untuk melaksanakan implementasi kurikulum merdeka melalui peran komunitas belajar intrasekolah dalam mengoptimalkan pembelajaran berdiferensiasi dengan cara meningkatkan kapasitas guru, mengembangkan budaya kolaborasi, memanfaatkan IPTEK, dan mengevaluasi serta merefleksi untuk melakukan perbaikan dan pengembangan berkelanjutan.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Achmad, G. H., Ratnasari, D., Amin, A., Yuliani, E., & Liandara, N. (2022). Penilaian Autentik pada Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4, 5685–5699. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3280

Aisyah, H., Wiryanto, & Muhimmah, H. A. (2023). Konsep Merdeka Belajar dalam Prespektif Teori Belajar Humanistik. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 4895–4901. https://doi.org/10.23969/JP.V8I1.7831

Anggraini, D., Murjainah, M., & Heryanto, A. (2024). Students’ Learning Activities in Social Studies Using the Differentiated Learning Model in Fifth-Grade Elementary School. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 29–35. https://doi.org/10.26740/EDS.V8N1.P29-35

Ariyanti, R., & Hidayat, M. T. (2023). Analisis Kesiapan Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran Kurikulum Merdeka di SD Muhammadiyah 1 Karangjati. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), 15–18. https://doi.org/10.30651/ELSE.V7I1.12965

Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1–9. https://doi.org/10.47709/JPSK.V3I01.1951

BBGP Jawa Timur. (2024). Dashboard Sinergi Kombel BBGP Jawa Timur.

Ditjen GTK. (2023). Surat Edaran Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Nomor 4263/B/HK.04.01/2023 tentang Optimalisasi Komunitas Belajar. Kemendikbudristek.

Elviya, D. D., & Sukartiningsih, W. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar Lakarsantri I/472 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(8). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/54127

Fatimah, A. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2023). Analisis Reformasi Kurikulum terhadap Kualitas Pendidikan SD di Indonesia. ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 13(4), 406–417. https://doi.org/10.24114/ESJPGSD.V13I3.46636

Ferayanti, M., Nissa, H., Kurnianingsih, S., Irfan Rizqie, Patria Hertana, Tim IKM Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan, Tim IKM Ditjen PAUD dan Pendidikan Dasar & Menengah, Tim IKM Ditjen Pendidikan Vokasi, & Tim GovTech Edu. (2023). Panduan Optimalisasi Komunitas Belajar. Jakarta: Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Hasanah, O. N., & Sukartono. (2024). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran IPAS di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(1). https://doi.org/10.30651/ELSE.V8I1.20798

Hilmiyah, J., Widiastuti, R. Y., Umami, Y. S., & Rosyidah, U. (2023). Analisis Ketercapaian Program Guru Penggerak PAUD dalam Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi yang Berpusat pada Anak. Educative: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(3), 103–117. https://doi.org/10.37985/EDUCATIVE.V1I3.211

Khairiyah, U., Gusmaniarti, G., Asmara, B., Suryanti, S., Wiryanto, W., & Sulistiyono, S. (2023). Fenomena Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Pembentukan Karakter Profil Pelajar Pancasila Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(2), 172–178. https://doi.org/10.30651/ELSE.V7I2.16924

Kovtiuh, S. (2017). Differentiated Instruction: Accommodating the Needs of All Learners. https://tspace.library.utoronto.ca/handle/1807/77069

Marisa, L., Raharjo, T. J., & Wardani, S. (2024). Development of Science Teaching Modules Based on Differentiated Learning Integrated Social Emotional Competence to Enhance Learning Independence and Scientific Literacy in Elementary Schools. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(1). https://doi.org/10.30651/ELSE.V8I1.21950

Mendikbudristek. (2024). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2024. Mendikbudristek.

Mulyati, E., Indihadi, D., & Apriliya, S. (2024). Analisis gaya belajar dalam konteks diferensiasi pembelajaran menulis. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 8(2), 189–204. https://doi.org/10.20961/JDC.V8I2.87556

Pebriyanti, D. (2023). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pemenuhan Kebutuhan Belajar Peserta Didik Tingkat Sekolah Dasar. JURNAL KRIDATAMA SAINS DAN TEKNOLOGI, 5(01), 89–96. https://doi.org/10.53863/KST.V5I01.692

Putikadyanto, A. P. A., Amin, Moh. B., & Wachidah, L. R. (2024). Mewujudkan Sekolah Ramah Anak: Implementasi Disiplin Positif dalam Kurikulum Merdeka. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 106–116. https://doi.org/10.19105/KIDDO.V1I1.12766

Putri, A. Y., Muhimmah, H. A., & Istiqfaroh, N. (2024). Standar Pendidikan Nasional dalam Pola Kebijakan Kurikulum di Indonesia. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 4793–4806. https://doi.org/10.23969/JP.V9I2.14273

Rini, T. P. W., Rachman, A., Alfiah, S., & Shalihah, U. (2023). Profesionalisme Guru Sekolah Dasar Dalam Menghadapi Digitalisasi Media Pembelajaran Berbasis TPACK (Technology, Paedagogic, Content, And Knowledge). ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 13(3), 384–395. https://doi.org/10.24114/ESJPGSD.V13I3.49106

Rini, W. A., & Sukartiningsih, W. (2021). Pengembangan Media Puzzle Kata Bergambar Menggunakan Aplikasi Instagram untuk Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar pada Keterampilan Membaca Permulaan. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(6). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/40678

Siswati, B. H., Suratno, S., & Hariyadi, S. (2023). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru-Guru melalui Pelatihan Pembelajaran Kolaboratif di MA Nurul Islam Silo Jember. Jurnal PkM (Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(1), 1–7. https://doi.org/10.30998/JURNALPKM.V6I1.13885

Tanjung, Y. I., Wulandari, T., Lufri, L., Mufid, F., Andromeda, A., & Ramadhani, I. (2023). Model dan Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pendidikan IPA: Tinjauan Literatur Sistematis. ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 13(1), 68–80. https://doi.org/10.24114/ESJPGSD.V13I1.42751

Umayrah, A., & Wahyudin, D. (2024). Analisis Kesulitan Guru Sekolah Dasar dalam Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Gaya Belajar Siswa pada Kurikulum Merdeka. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 6(3), 1956–1967. https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V6I3.6599

Warini, S., Hidayat, Y. N., & Ilmi, D. (2023). Teori Belajar Sosial Dalam Pembelajaran. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(4), 566–576. https://doi.org/10.31004/ANTHOR.V2I4.181

Wibisono, A. (2019). Memahami Metode Penelitian Kualitatif. DJKN Kemenkeu.

Wuwur, E. S. P. O. (2023). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.55606/SOKOGURU.V3I1.1417

Penulis

Wahyureni Andi Susilowati
24010855033@mhs.unesa.ac.id (Kontak utama)
Wahyu Sukartiningsih
Hitta Alfi Muhimmah
Andi Susilowati, W., Sukartiningsih, W., & Alfi Muhimmah, H. (2025). Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Peran Komunitas Belajar Intrasekolah dalam Mengoptimalkan Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar . ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 9(1). https://doi.org/10.30651/else.v9i1.24927

Rincian Artikel