SIKAP PEDULI SISWA SEKOLAH DASAR TERHADAP LINGKUNGAN SEKOLAH

Diah Agustina (1), Febrina Dafit (2)
(1) Universitas Islam Riau, Indonesia,
(2) Universitas Islam Riau, Indonesia

Abstrak

Lingkungan hidup kini menjadi topik yang senantiasa menarik untuk dibahas dalam dunia pendidikan khususnya dalam jenjang sekolah dasar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa informasi yang sering dijumpai yaitu tentang kurangnya sikap peduli terhadap lingkungan. Untuk itu sikap peduli lingkungan ini wajib diterapkan sejak dini yang sudah sesuai dengan peraturan pemerintahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memastikan bagaimana perasaan siswa di Kelas VA SD 025 Kabupaten Indrasakti Kampar terhadap menjaga lingkungan. Studi deskriptif kualitatif semacam ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Penelitian ini dilaksanakan pada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa SD 025 Indrasakti Kabupaten Kampar memiliki sikap sadar lingkungan yang selaras dengan lima indikator sikap tersebut. Indikator-indikator ini mencakup tindakan siswa yang segera membuang sampah dari ruang kelas, menghemat listrik setelah kelas selesai, dan menjaga kebersihan ruang kelas secara terus-menerus. Bersihkan diri Anda sendiri, kemudian lakukan proyek lingkungan berbasis komunitas seperti mengosongkan tempat sampah, dan terakhir ikut serta dalam menjaga kebersihan kawasan sekitar.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Abidin, Oky. (2018). Lingkungan Go Green Dalam Meningkatkan Karakteristik Siswa Sekolah Dasar Untuk Membentuk Karakter Siswa Kreatif Dalam Pemanfaatan Lingkungan. Sidoarjo: Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3201

Aini, T. N., Akbar, S., & Winahyu, S. E. (2021). Implementasi Program Adiwiyata Berbasis Partisipatif Dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 30(1), 57. https://doi.org/10.17977/um009v39i12021p057

Aprilia, F., Naila, I., & Putra, D. A. (2024). Analisis sikap peduli pada lingkungan melalui gerakan jumasih pada peserta didik kelas 3 sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 4764-4780.

Asmani, J. M. 2013. Buku Panduan Internalisassi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta: DVA Press.

Chika Maulidya. (2020). Analisis Pengetahuan Lingkungan Dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Di Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Indonesia

Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI No.20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Junaidi, A., Rakhmadi, F. A., Melati, A., & Triyana, K. (2020). Wawasan Islam tentang Menjaga Lingkungan dan Implementasinya dalam Perancangan Sistem Pengukuran Gas Amonia. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam dan Sains, 2(7), 41.

Maria Hilaria Jima. (2021). Perilaku Peduli Lingkungan Pada Masyarakat Di Desa Penfui Timur Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang. Program Studi Pendidikan Geografi, Universitas Nusa Cendana, 2, 76–82.

Malinda, S., Martati, B., & Naila, I. (2024). Media Konkrit berbasis Lingkungan untuk Menanamkan Karakter Gotong-Royong. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 4501-4512.

Matin Arifudin. (2017). Tingkat Pengetahuan Kebersihan Lingkungan Sekolah Pada Siswa Kelas V Dan V SD Negeri Sambiroto 2 Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman. Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 10.

Narut, Y. F., & Nardi, M. (2019). Analisis Sikap Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar di Kota Ruteng. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 259–266. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p259-266

Novianti Rahmawati, M. Qahfi, S. A. (2020). Sikap Peduli Lingkungan Sekolah Pada Siswa Di Madrasah Aliyah Swasta Ash-Shalihin Katingan Tengah. Pedagogie, STKIP Muhammadiyah Sampit, 8(1).

Nur Meily Adlika. (2020). Analisis Sikap Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas Xi Ips Sma Di Kota Pontianak. PIPSI, 5 Nomor 2(Bulan September 2020), 45–48 Abdulatif, S., & Dewi, D. A. (2021). 3610-9499-1-Sm. 04, 103–109.

Pemerintah Pusat. (2009). Undang-Undang (UU) tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. 32.

Pratiwi, D. M., Tisngati, U., & Erviana, L. (2021). Pemahaman Siswa SD tentang Sikap Peduli Lingkungan melalui Program Adiwiyata. 6(32), 180–188.

Prof. Dr.Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif kuantitatif dan R & D. Rahmah, S. (2021). The Analysis Of The Enviromental Care Of 5th Grades Student At Sd Negeri 181 Pekanbaru Analisis Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas V Sd. 8, 1–8.

Rahmawati, dkk.(2021) Korelasi antara kecerdasan naturalis terhadap sikap peduli lingkungan sekitar siswa SD Negeri Pulorejo 01. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 8 (1), hlm. 15-27.

Siskayanti, J., & Chastanti, I. (2022). Analisis Karakter Peduli Lingkungan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1508–1516. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2151

Syaputra, I. A., Naila, I., & Putra, D. A. (2023). ANALISIS PENEREPAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN DI SEKOLAH DASAR. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 5911-5925.

Warni, K., Wulandari, F., & Sumarli, S. (2022). Analisis Sikap Peduli Lingkungan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1645–1651. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2197

Zuchdi, Darmiyati. 2011. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik. Yogyakarta: UNY Press

Penulis

Diah Agustina
diahagustina@student.uir.ac.id (Kontak utama)
Febrina Dafit
Agustina, D., & Dafit, F. (2024). SIKAP PEDULI SISWA SEKOLAH DASAR TERHADAP LINGKUNGAN SEKOLAH . ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(2). https://doi.org/10.30651/else.v8i2.23611

Rincian Artikel