STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN SIKAP TOLERANSI SISWA SEKOLAH DASAR
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran objektif dan komprehensif tentang: a) Bagaimana sikap toleransi siswa kelas IV SDN 21 Pekanbaru; b) Bagaimana strategi guru untuk menumbuhkan toleransi siswa kelas IV SDN 21 Pekanbaru. Peneliti ini menerapkan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Meskipun jenis penelitian ini menggunakan metode fenomenologi dan bertujuan untuk peneliti agar mudah untuk menguraikan secara detail strategi guru didalam menanamkan sikap toleransi siswa. Pada penelitian ini, wawancara, observasi, serta dokumentasi merupakan teknik pengumpulan data. Instrumen penelitian dipakai yakni lembar angket, lembar pedoman wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan jika: Sikap toleransi yang dimiliki siswa yaitu sikap saling menghargai dan menghormati seperti meminta maaf jika melakukan kesalahan, menghargai pendapat teman, tidak mengolok teman berbeda agama serta rukun dalam kegiatan pembelajaran, sedangkan untuk strategi guru membangun toleransi peserta didik kelas IV SDN 21 Pekanbaru yaitu 1) dengan memberikan contoh atau teladan untuk selalu menghargai setiap manusia 2) dengan pembelajaran kelompok yang heterogen bertujuan untuk bisa saling bekerja sama serta bertukar pikiran didalam mempelajari suatu materi tanpa memandang perbedaan 3) strategi yang terakhir yang dilakukan adalah dengan kegiatan pembiasaan misalnya menghargai pendapat orang lain, tidak memotong pembicaraan dan mengangkat tangan sebelum bertanya
Artikel teks lengkap
Referensi
Abdulatif, S., & Dewi, D. A. (2021). 3610-9499-1-Sm. 04, 103–109.
Ananda, Rusydi. (2018). Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Anggraeni, M., Alya Febriyani, S., Wahyuningsih, Y., & Rustini, T. (2022). Pengembangan Sikap Toleransi Siswa Sekolah Dasar Pada Keberagaman Di Indonesia. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 7(1), 16–24. https://doi.org/10.22437/gentala.v7i1.15694.
Armawinda, Y., Noviana, E., & Hermita, N. (2022). Analisis Sikap Toleransi Siswa Kelas IV SDN 130 Pekanbaru. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(2), 84–91. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i2.35
Ariani, N. (2021). Definisi konsep profesi perguruan. Seri Publikasi Pembelajaran, 1(2), 1–3.
Habibah, A., & Putri, E. (2021). Analisis Peran Guru Ips Dalam Menumbuhkan Sikap Sosial Siswa Di SMPI As-Shofiani Ahmadi. Research and Development Journal of Education, 7(2), 343. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i2.10392.
Fitriyana, A. (2020). Strategi Guru Bk Dalam Menumbuhkan Sikap Toleransi Peserta Didik. Jurnal Fokus Konseling, 6(2), 75–85. https://doi.org/10.52657/jfk.v6i2.1219.
Ghorbal, S., & Lestari, S. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosi, Prasangka, dan Kualitas Pertemanan terhadap Sikap Toleransi Siswa pada Sekolah Berbasis Agama. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(2), 185–196. http://riset-iaid.net/index.php/jppi.
Habibah, A., & Putri, E. (2021). Analisis Peran Guru Ips Dalam Menumbuhkan Sikap Sosial Siswa Di SMPI As-Shofiani Ahmadi. Research and Development Journal of Education, 7(2), 343. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i2.10392.
Haryanti, N. D., Ratnasari, Y., & Riswari, L. A. (2023). Strategi Penanaman Karakter Toleransi Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1167–1175. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5014.
Ismail, R. 2017. Meningkatkan Sikap Toleransi Siswa Melalui Pembelajaran Tematik (Penelitian Tindakan pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar di Wilayah Kecamatan Kota Ternate Utara), Darul Ilmi:Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 2(1), 1- 13, (online),http://journal.radenintan.ac.id.
Kelly, E. (2018). Pembentukan Sikap Toleransi Melalui Pendidikan Multikultural Di Universitas Yudharta Pasuruan. Jurnal Psikologi : Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 5(1), 21–28. https://doi.org/10.35891/jip.v5i1.1167.
Moralita, J., Pancasila, J. P., & Vol, K. (2023). 5 1,2,3. 4(2), 51–61.
Ningrum, S. J., Ujianti, P. R., & Antara, P. A. (2022). Instrumen Penilaian Sikap Toleransi pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(3), 425–431. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/52851.
Naila, I., Kusumajanti, W., & Anggraini, A. E. Ethnoscience and Web-based Learning Media to Maintain Cultural Awareness in Science Classroom: An Exploratory Sequential Study. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 16(2), 199-212.
Pratiwi, J. C. 2015. Sekolah Inklusi untuk Anak Berkebutuhan Khusus: Tanggapan Terhadap Tantangan Kedepannya, Prossiding Ilmu Pendidikan, 1 (2), (online).http://jurnal.fkip.uns.ac.id.
Rifani, A. N. Al. (2021). Konsep Profesi Keguruan. Seri Publikasi Pembelajaran: Profesi Keguruan, Vol 1 No 2(2), 112–122.
Syaputra, I. A., Naila, I., & Putra, D. A. (2023). ANALISIS PENEREPAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN DI SEKOLAH DASAR. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 5911-5925.
Sutikno, Sobry.(2021). Strategi Pembelajaran. Jawa Barat: Penerbit Adab (CV. Adanu Abimata).
Sopian, Ahmad. "Tugas, peran, dan fungsi guru dalam pendidikan." Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah 1.1 (2016): 88-97
Sihombing, R. L., & Sukri, U. (2021). Pengaruh Strategi Pembelajaran Afektif Terhadap Karakter Mahasiswa. Skenoo : Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 116–127. https://doi.org/10.55649/skenoo.v1i2.6.
Tamaeka, V. (2022). 14 Toleransi: 14(1), 14–22.
Wahyuni, S. A., Yantoro, Y., & Hayati, S. (2020). Strategi Guru Dalam Menanamkan Sikap Toleransi Peserta Didik di Sekolah Inklusi. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 3(2), 153–161. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v3i2.2562.
Penulis
Hak Cipta (c) 2024 Sarafina, Febrina Dafit

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright
The copyright holder for articles published by ELSE is the author.
Licence
Scientific articles published in this journal are licensed under license
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.