IMPLEMENTASI MODEL PAIKEM DALAM MENGINTERNALISASI NILAI-NILAI ISLAM PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SD IT ALMUNADI MEDAN MARELAN

Masitah Khairani (1), Salminawati (2)
(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia,
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

Abstrak

Internalisasi nilai-nilai islam pada mata pelajaran umum selalu dilakukan di SD IT Al-Munadi, dan yang menariknya proses internalisasi nilai-nilai islam ini dilakukan menggunakan model pembelajaran yang bervariatif, salah satunya modelPAIKEM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model PAIKEM dalam proses internalisasi nilai-nilai islam pada mata pelajaran PPKn di kelas 4 SD IT Al-Munadi serta hambatan hambatan yang dialami guru dalam proses tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yang dimana pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu penerapan model PAIKEM berjalan dengan baik dan dianggap sebagai model pembelajara PPKn yang menyenangkan karena penggunaannya yang aktif,inovatif kreatif dan menyenangkan. Dalam proses internalisasi nilai-nilai islam pada mata pelajaran PPKn ini pun terlaksana dengan baik apabila menggunakan model PAIKEM dalam prosesnya. Adapun hambatan-hambatan yang terjadi yaitu keterbatasan media yang efekti, keterbatasan waktu, kurangnya motivasi peserta didik dan dorongan dari orang tua.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Fauziah, N. S., & Sahlani, L. (2023). implementasi Model Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif Efektif dan Menyenangkan ( PAIKEM ) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Islamic Journal of Education, 2(1), 21–30. https://doi.org/10.54801/ijed.v2i1.172

H, I. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam melalui Pembelajaran PAI di SDN 5 Pasui. 3(2), 95–102. https://doi.org/10.33487/mgr.v3i2

Hendra, J. I., & Montessori, M. (2019). Internalisasi Nilai Religius dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah Daerah Tertinggal. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 11(1), 84–94. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jupiis.v11i1.12932

Lubis, S. K. (2023). Implementasi Pendidikan Kewarganegaraan dalam Meningkatkan Sikap Moderasi Beragama Siswa di SD IT Al Munadi Medan Marelan. 12(3), 373–390. https://doi.org/10.58230/27454312.244

Malinda, S., Martati, B., & Naila, I. (2024). Media Konkrit berbasis Lingkungan untuk Menanamkan Karakter Gotong-Royong. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 4501-4512.

Mahariah. (2023). Internalization of Religious Values for Elementary-Age Children in Integrated Islamic Elementary School. 15(2017), 1425–1433. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i2.2507

Muspiroh, N. (n.d.). INTEGRASI NILAI ISLAM DALAM PEMBELAJARAN IPA (Perspektif Pendidikan Islam). XXVIII(3), 484–498. https://doi.org/10.15575/jpi.v28i3.560

Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif (M. Albina (ed.)). Riau: CV. Harfa Creative.

Nasution, A. G. J., Ritonga, A. P., Sagala, D. I. S., & Hasanah, S. (2023). Metode Pembelajaran PKn SD Al-Wasliyah 11 Amplas Abdul. 3(1), 140–150. https://doi.org/10.47467/edui.v3i1.3155

Nasution, T., Harahap, P., Utara, S. A. L., & Utara, U. I. N. S. (2020). Internalisasi Karakter Melalui Pendidikan Islam Pada Pendidikan Dasar Anak. I(2), 125–136. E-ISSN: 2721-0561

Rambe, A. H. (2021). Implementasi Model Students Teams Achievement Division ( STAD ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa. 12(1). https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v12i1

Rambe, R. N. K., & Salminawati. (2019). Integration Of Islamic Values In English Learning At Madrasah Ibtidaiyah Teacher Training Program (PGMI) Uin North Sumatera. Jurnal Tarbiyah, XXIV(1). https://doi.org/10.30829/tar.v26i1.410

Rif’atul Fadilah, Muqawim, Jonata, A. S. A. H. (2022). Integrasi Nilai-Nilai Islam Siswa Dalam Pembelajaran Fikih Di Mi Tanwirul Hija Cangkreng Sumenep. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(9), 2211–2226. https://doi.org/10.53625/jabdi.v1i9.1263

Rohana, S. (2022). Model Pembelajaran Paikem Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. 2(2), 327–345. https://doi.org/10.47498/ihtirafiah.v2i02.1241

Sanusi, N. I., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Kupang, U. M., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., & Kupang, U. M. (2021). Implementasi Model Pembelajaran PAIKEM. 2016, 370–376. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4869

Sari, S. P., & Muliati, I. (2021). Implementasi Model PAIKEM pada Pembelajaran PAI di Kelas IV SDN 53 Kota Padang. 5, 11216–11224. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2794

Simatupang, S. S., & Sapri. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Melalui Mata Pelajaran IPS di. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8, 1347–1356. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1484

Syafaruddin, Mesiono, Butar-Butar, Amrilsyah, & Assingkily, M. S. (2020). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Management Of Learning Islamic Education. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(1), 32–45. https://doi.org/10.24252/auladuna.v7i1a4.2020

Wandini, R. R., Maghfhirah, S., & Hasibuan, A. T. (2021). Analisis Desain Pembelajaran PKn di Sd/Mi Kelas Tinggi. Jurnal Magistra, 12(1), 59–71. https://doi.org/10.31942/mgs.v12i1.4377

Yusnaldi, E. (2019). Potret Baru Pemblajaran Ips (Dr. Usiono & Drs. Mahidin (eds.)). Medan: Perdana Publishing.

Zunidar. (2019). Peran Guru Dalam Inovasi Pembelajaran. Nizhamiyah, IX, 41–56. http://dx.doi.org/10.30821/niz.v9i2.550

Penulis

Masitah Khairani
masitah0306201083@uinsu.ac.id (Kontak utama)
Salminawati
Khairani, M., & Salminawati. (2024). IMPLEMENTASI MODEL PAIKEM DALAM MENGINTERNALISASI NILAI-NILAI ISLAM PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SD IT ALMUNADI MEDAN MARELAN. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(2). https://doi.org/10.30651/else.v8i2.23517

Rincian Artikel