IMPLEMENTASI MODEL PAIKEM DALAM MENGINTERNALISASI NILAI-NILAI ISLAM PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SD IT ALMUNADI MEDAN MARELAN
Abstrak
Internalisasi nilai-nilai islam pada mata pelajaran umum selalu dilakukan di SD IT Al-Munadi, dan yang menariknya proses internalisasi nilai-nilai islam ini dilakukan menggunakan model pembelajaran yang bervariatif, salah satunya modelPAIKEM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model PAIKEM dalam proses internalisasi nilai-nilai islam pada mata pelajaran PPKn di kelas 4 SD IT Al-Munadi serta hambatan hambatan yang dialami guru dalam proses tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yang dimana pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu penerapan model PAIKEM berjalan dengan baik dan dianggap sebagai model pembelajara PPKn yang menyenangkan karena penggunaannya yang aktif,inovatif kreatif dan menyenangkan. Dalam proses internalisasi nilai-nilai islam pada mata pelajaran PPKn ini pun terlaksana dengan baik apabila menggunakan model PAIKEM dalam prosesnya. Adapun hambatan-hambatan yang terjadi yaitu keterbatasan media yang efekti, keterbatasan waktu, kurangnya motivasi peserta didik dan dorongan dari orang tua.
Artikel teks lengkap
Referensi
Fauziah, N. S., & Sahlani, L. (2023). implementasi Model Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif Efektif dan Menyenangkan ( PAIKEM ) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Islamic Journal of Education, 2(1), 21–30. https://doi.org/10.54801/ijed.v2i1.172
H, I. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam melalui Pembelajaran PAI di SDN 5 Pasui. 3(2), 95–102. https://doi.org/10.33487/mgr.v3i2
Hendra, J. I., & Montessori, M. (2019). Internalisasi Nilai Religius dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah Daerah Tertinggal. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 11(1), 84–94. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jupiis.v11i1.12932
Lubis, S. K. (2023). Implementasi Pendidikan Kewarganegaraan dalam Meningkatkan Sikap Moderasi Beragama Siswa di SD IT Al Munadi Medan Marelan. 12(3), 373–390. https://doi.org/10.58230/27454312.244
Malinda, S., Martati, B., & Naila, I. (2024). Media Konkrit berbasis Lingkungan untuk Menanamkan Karakter Gotong-Royong. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 4501-4512.
Mahariah. (2023). Internalization of Religious Values for Elementary-Age Children in Integrated Islamic Elementary School. 15(2017), 1425–1433. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i2.2507
Muspiroh, N. (n.d.). INTEGRASI NILAI ISLAM DALAM PEMBELAJARAN IPA (Perspektif Pendidikan Islam). XXVIII(3), 484–498. https://doi.org/10.15575/jpi.v28i3.560
Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif (M. Albina (ed.)). Riau: CV. Harfa Creative.
Nasution, A. G. J., Ritonga, A. P., Sagala, D. I. S., & Hasanah, S. (2023). Metode Pembelajaran PKn SD Al-Wasliyah 11 Amplas Abdul. 3(1), 140–150. https://doi.org/10.47467/edui.v3i1.3155
Nasution, T., Harahap, P., Utara, S. A. L., & Utara, U. I. N. S. (2020). Internalisasi Karakter Melalui Pendidikan Islam Pada Pendidikan Dasar Anak. I(2), 125–136. E-ISSN: 2721-0561
Rambe, A. H. (2021). Implementasi Model Students Teams Achievement Division ( STAD ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa. 12(1). https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v12i1
Rambe, R. N. K., & Salminawati. (2019). Integration Of Islamic Values In English Learning At Madrasah Ibtidaiyah Teacher Training Program (PGMI) Uin North Sumatera. Jurnal Tarbiyah, XXIV(1). https://doi.org/10.30829/tar.v26i1.410
Rif’atul Fadilah, Muqawim, Jonata, A. S. A. H. (2022). Integrasi Nilai-Nilai Islam Siswa Dalam Pembelajaran Fikih Di Mi Tanwirul Hija Cangkreng Sumenep. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(9), 2211–2226. https://doi.org/10.53625/jabdi.v1i9.1263
Rohana, S. (2022). Model Pembelajaran Paikem Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. 2(2), 327–345. https://doi.org/10.47498/ihtirafiah.v2i02.1241
Sanusi, N. I., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Kupang, U. M., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., & Kupang, U. M. (2021). Implementasi Model Pembelajaran PAIKEM. 2016, 370–376. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4869
Sari, S. P., & Muliati, I. (2021). Implementasi Model PAIKEM pada Pembelajaran PAI di Kelas IV SDN 53 Kota Padang. 5, 11216–11224. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2794
Simatupang, S. S., & Sapri. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Melalui Mata Pelajaran IPS di. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8, 1347–1356. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1484
Syafaruddin, Mesiono, Butar-Butar, Amrilsyah, & Assingkily, M. S. (2020). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Management Of Learning Islamic Education. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(1), 32–45. https://doi.org/10.24252/auladuna.v7i1a4.2020
Wandini, R. R., Maghfhirah, S., & Hasibuan, A. T. (2021). Analisis Desain Pembelajaran PKn di Sd/Mi Kelas Tinggi. Jurnal Magistra, 12(1), 59–71. https://doi.org/10.31942/mgs.v12i1.4377
Yusnaldi, E. (2019). Potret Baru Pemblajaran Ips (Dr. Usiono & Drs. Mahidin (eds.)). Medan: Perdana Publishing.
Zunidar. (2019). Peran Guru Dalam Inovasi Pembelajaran. Nizhamiyah, IX, 41–56. http://dx.doi.org/10.30821/niz.v9i2.550
Penulis
Hak Cipta (c) 2024 Masitah Khairani, Salminawati

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright
The copyright holder for articles published by ELSE is the author.
Licence
Scientific articles published in this journal are licensed under license
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.