A Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Keliling dan Luas Bangun Datar Berdasarkan Teori Kesalahan Newman
Abstrak
Numerasi dalam AKM yang dikontekstualisasikan dalam berbagai jenis soal memiliki tujuan untuk mengevaluasi kompetensi siswa. Sehingga perlu diketahui letak kesalahan siswa, untuk memperbaiki cara siswa menyelesaikan masalah matematika. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah pada soal AKM terkait materi keliling dan luas bangun datar. Penelitian ini merupkan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian yang dipilih dalam penelitian ini didasarkan pada pertimbangan hasil tes kemampuan matematika siswa pada kategori tinggi (80 sampai 90), sedang (65 sampai 80) dan rendah (kurang dari 65. Kemudian dipilih 3 siswa secara acak untuk setiap tingkat kemampuan, dengan rincian 1 siswa berkemampuan tinggi, 1 siswa berkemampuan sedang, dan 1 siswa berkemampuan rendah. Teknik pengumpulan data dalam peneltiian ini adalah tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model miles dan huberman. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa dengan kemampuan matematika tinggi dan sedang tidak mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal AKM bangun datar keliling dan luas. Sebaliknya, siswa dengan kemampuan matematika rendah cenderung mengalami kesalahan dalam memahami soal, melakukan transformasi soal, serta dalam proses pengerjaan.
Artikel teks lengkap
Referensi
Albay, E. M. (2019). Analyzing the effects of the problem solving approach to the performance and attitude of first year university students. Social Sciences & Humanities Open. Retrieved from https://api.semanticscholar.org/CorpusID:213266139
Andriatna, R., Sujadi, I., Budiyono, Kurniawati, I., Wulandari, A. N., & Puteri, H. A. (2024). Junior high school students’ numeracy in geometry and measurement content: Evidence from the minimum competency assessment result. AIP Conference Proceedings, 3046(1), 20036. https://doi.org/10.1063/5.0194570
Arnidha, Y. (2015). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bilangan Cacah. Jurnal Pendidikan Matematika (e-DuMath), 1(1), 52–63. Retrieved from https://ejournal.umpri.ac.id/index.php/edumath/article/view/82/33
Azhar, E., Saputra, Y., & Nuriadin, I. (2021). Eksplorasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siwa Pada Materi Perbandingan Berdasarkan Kemampuan Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.3767
Cockcroft, W. H. (1982). Mathematics counts. HM Stationery Office.
Febriana, Ni. (2024). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Fungsi Eksponensial Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan, 24(2), 147–156. https://doi.org/https://doi.org/10.52850/jpn.v24i2.10945
Hidayat, R., Siregar, E. Y., & Elindra, R. (2022). Analisis Faktor-faktor Rendahnya Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di SMK Swasta Teruna Padangsidimpuan. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(3). https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v5i3.3944
Kurniawan. (2019). Pemahaman Siswa Berkemampuan Matematika Tinggi Dalam Pemecahan Masalah Dimensi Tiga. Jurnal PRIMATIKA, 8(2). https://doi.org/https://doi.org/10.30872/primatika.v8i2.141
Mendikbud. Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Pelaksaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19). , Pub. L. No. 4 (2020). Indonesia.
Nadia, A. I., Afiani, K. D. A., & Naila, I. (2022). Penggunaan aplikasi wordwall untuk meningkatkan hasil belajar matematika selama pandemi covid-19. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 12(1), 33-43.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Novita, N. (2021). Asesmen Nasional ( AN ): Pengetahuan dan Persepsi Calon Guru. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(1). https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jisip.v5i1.1568
Nur’aini, I. L., Harahap, E., Badruzzaman, F. H., & Darmawan, D. (2017). Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis Dengan GeoGebra. Matematika, 16(2), 1–6. https://doi.org/10.29313/jmtm.v16i2.3900
Prakitipong, N., & Nakamura, S. (2006). Analysis of Mathematics Performance of Grade Five Students in Thailand Using Newman Procedure. Journal of International Cooperation in Education, 9(1), 111. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/242143733_Analysis_of_Mathematics_Performance_of_Grade_Five_Students_in_Thailand_Using_Newman_Procedure
Purnomo, H., Hidayanto, E., Permadi, H., & Anwar, L. (2022). Development of Instrument Numeracy Skills Competency Assessment ( MCA ) in Indonesia Test of Minimum. International Journal of Instruction, 15(3), 635–648. https://doi.org/v15 n3 p635-648 Jul 2022
PUSMENDIK. (2022). Komponen, Level, Domain, Subdomain, Kompetensi dan Contoh Soal. Retrieved June 22, 2024, from https://pusmendik.kemdikbud.go.id/an/asesmen_kompetensi_minimum/view/literasi-matematika
Rahmawati, D., Fatimah, A. T., & Sunaryo, Y. (2021). Kesalahan penyelesaian mathematical word problem siswa smk teknik dan bisnis sepeda motor berdasarkan taksonomi solo. Jurnal Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (J-KIP), 2(2), 47–54. Retrieved from https://jurnal.unigal.ac.id/J-KIP/article/view/5319/4015
Rizqiani, S. A., & Hayuhantika, D. (2020). Analisis metakognisi dalam penyelesaian masalah matematika ditinjau dari tingkat kemampuan matematika. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 5(1), 26. https://doi.org/10.29100/jp2m.v5i1.1734
Setiaputra, F. I., & Kholid, M. N. (2023). Pupil’s mathematical literacy object dimension for solving the minimum competency assessment. AIP Conference Proceedings, 2727(1), 20092. https://doi.org/10.1063/5.0141407
Siskawati, F. S., Chandra, F. E., & Irawati, T. N. (2021). Profil Kemampuan Literasi Numerasi Di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Universitas Mercu Buana, 5(101), 253–261. Retrieved from https://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suhita, Rintis, R. S. A. (2013). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Dalam Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 1(2).
Swastika, A., & Lukita, G. (2020). Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Daring Berbasis Learning Management System ( LMS ) Schoology Pada Mata Kuliah Probabilitas. Indonesian Journal of Instructional, 1(2), 9–13. Retrieved from http://journal.kurasinstitute.com/index.php/ijit
Tayeb, T., Angriani, A. D., Humaerah, S. R., Sulasteri, S., & Rasyid, M. R. (2018). The Students’ Errors in Answering Geometric Tests with Newman Procedures. Journal of Physics: Conference Series, 1114(1), 12048. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1114/1/012048
Ulusoy, F. & Argun, Z. (2019). Secondary school students’ representations for solving geometric word problems in different clinical interviews. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology (IJEMST), 7(1). https://doi.org/10.18404/ijemst.328341
Wardhani, I. (2020). Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Terbuka.
Wijaya, A., & Dewayani, S. (2021). Framework Asesmen Kompetensi Minimum ( AKM ). Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Badan Penelitian, Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Penulis
Hak Cipta (c) 2024 Yeni Tri Wahyuni, Intan Sari Rufiana, Siti Faizah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright
The copyright holder for articles published by ELSE is the author.
Licence
Scientific articles published in this journal are licensed under license
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.