PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BIG BOOK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AWAL SISWA KELAS I MADRASAH IBTIDAIYAH

Yusri Yanti Pohan (1), Sapri (2)
(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia,
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pemahaman membaca awal siswa setelah menggunakan media belajar big book di MIS Ikhlasiyah Tuamang Medan. Metode Penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif menggunakan desain eksperimen semu. Seluruh populasi digunakan sebagai sampel pada pengambilan data pada sampel jenuh. Populasi penelitian ini adalah empat puluh siswa kelas satu MIS Ikhlasiyah Tuamang Medan. Teknik pengumpulan data menggunakan uji pre-tes dan post-tes untuk menganalisis hasil uji coba tes. Metode analisis data menggunakan uji homogenitas dan normalitas serta uji hipotesis dengan menggunakan uji sampel independen dengan menggunakan aplikasi SPSS 25. Nilai signifikansi dua sisi sebesar 0,002 < 0,05, dihasilkan dengan menggunakan pengujian hipotesis. Hasilnya menunjukkan hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (HO) ditolak. Kemampuan membaca awal siswa kelas I MIS Ikhlasiyah Tuamang Medan sangat dipengaruhi oleh penggunaan media big book. Dari hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini berdampak positif untuk siswa sehingga mampu mendorong motivasi belajar membaca siswa.


Kata Kunci: Media Pembelajaran; Big Book; Membaca Awal

Full text article

Generated from XML file

References

Devianty, R. (2020). Eksistensi bahasa indonesia pada masa pandemi. X(2), 27–41.

Ghazali, S., Amin, M., Suci, W., Rahmawati, N., & Anecy, G. (2013). Pengembangan Media Big Book untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas Awal MINU Ngingas Waru Sidoarjo. 2008, 159–183.

Hadiana, L. H., Hadad, S. M., Marlina, I., & Subang, S. (2018). 3 1,2,3. IV, 212–242.

Hasibuan, A. N., & Rambe, R. N. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan menggunakan Model CIRC (Coorporative Integrated Reading and Composition) di Kelas IV SD Negeri 112331 Aek Kota Batu. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 1(1), 19. https://doi.org/10.30821/eunoia.v1i1.1000

Kusumawati, T. I., Islam, U., & Sumatera, N. (2022). Berbagai Strategi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. 2(2), 138–148.

Maghfiroh, N., Surabaya, U. N., Surabaya, K., & Timur, J. (2022). BAHASA INDONESIA SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI MASYARAKAT DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI. 102–107.

Mesiono. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Dwi Utama Deli Serdang. 8(1), 58–68.

Naila, I., Ridlwan, M., & Nurdianah, L. Using ECL Media to Improve Information Literacy of Islamic Elementary School Students. Mimbar Sekolah Dasar, 9(2), 289-302.

Pratiwi, C. P. (2020). Analisis Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar: Studi Kasus pada Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1), 1. https://doi.org/10.30734/jpe.v7i1.558

Rafiqah, I., Mirnawati, L. B., & Naila, I. (2023). ANALISIS PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA DENGAN MEDIA FILM DONGENG MALIN KUNDANG PADA SISWA KELAS V SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 3274-3283.

Rambe, A. H., Studi, P., Guru, P., Ibtidaiyah, M., Ilmu, F., Dan, T., Islam, U., & Sumatera, N. (2021). MEDIA DAN SUMBER BELAJAR DI MI / SD.

Rohani, A., & Anas, N. (2022). Jurnal Cakrawala Pendas PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI COMIC PAGE CREATOR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS 2 SEKOLAH DASAR. 8(4), 1287–1295.

Siregar, Lailatun, P. K. (2024). media. 09, 562–575.

Solehuddin. (n.d.). Pembaharuan Pendidikan TK.

Sugiyono. (2021). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF DAN R&D.

Susanti, N. D., Arkam, R., & Mustikasari, R. (2023). STRATEGI PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MEDIA RODA EDUKATIF PADA AUD. 31–39.

Syarqawi, A., Fahira, A., Khalid, H. I., & Kharismaylinda, J. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4, 2148–2153.

Wandini, R., Anas, N., Sukma, E., Damanik, D., Albar, M., & Sinaga, M. R. (2020). Pengembangan Media Big Book Terhadap Kemampuan Memprediksi Bacaan Cerita Siswa Sekolah Dasar. 2(1), 108–124.

Yusnaldi, E., & Sumatera, U. I. N. (2018). Issn : 2086 – 4205.

Authors

Yusri Yanti Pohan
yusri0306201016@uinsu.ac.id (Primary Contact)
Sapri
Pohan, Y. Y., & Sapri. (2024). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BIG BOOK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AWAL SISWA KELAS I MADRASAH IBTIDAIYAH. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(2). https://doi.org/10.30651/else.v8i2.23312

Article Details