PENGEMBANGAN MEDIA SIKLUS AIR TIGA DIMENSI PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran siklus air tiga dimensi guna meningkatkan berpikir kreatif siswa TPI Syifaurrahma. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) diadaptasi dari model ADDIE. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu lembar pre-test dan postest, angket guru dan siswa, serta dokumentasi. Penelitian ini divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Berdasarkan dari ahli materi diperoleh nilai 92% termasuk kategori sangat valid. Ahli media diperoleh nilai 93% termasuk dalam kategori sangat valid. Berdasarkan dari data hasil uji coba kepraktisan dari respon hasil angket 26 siswa mendapatkan presentasi nilai sebesar 97% kemudian hasil angket dari respon guru wali kelas V memperoleh nilai 95% termasuk kategori sangat praktis. Hasil uji evektifitas diperoleh dari nilai pretest dan posttest yang mengalami perubahan signifikan dan mendapat nilai N-gain sebesar 0,99 sehingga dapat disimpulkan bahwa setelah menggunakan media siklus air mampu meningkatkan keefektifitas belajar siswa pada pembelajaran.
Kata Kunci: Siklus Air Tiga Dimensi, Berpikir Kreatif
Full text article
References
Abdurrahman, A. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Tata Surya dengan Media Planetarium pada Siswa Kelas VI SDN Semundal Tahun Pelajaran 2018/2019. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 3(2), 308–315. https://doi.org/10.58258/jisip.v3i2.761
Amanda, O. F. R., & Istianah, F. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA RASI ( DIORAMA SIKLUS AIR ) PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SIKLUS AIR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR Abstrak. Jpgsd, 10, 1629–1639.
Anas, N., Maharani, A., Hasibuan, Laila, A., Nabillah, R., & Ramadani, S. (2023). PENGARUH CONTEXTUAL TEACHNGAND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA DI SD MUHAMMADIYAH 18 MEDAN. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 271. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1707
Billa, A. S., Faradita, M. N., & Naila, I. (2023). Analisis Aktifitas Siswa dalam Pembelajaran IPAS dari Perspektif Model Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(3).
Dahlan, Z., & Ningrum, P. P. (2023). Pengembangan Medıa Swıvel Wheel Untuk Menıngkatkan Hasıl Belajar Sıswa Pada Mata Pelajaran IPS Dı Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 250–262. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5363
Daniyati STAI DRKHEZ Muttaqien Purwakarta, A., Bulqis Saputri STAI DRKHEZ Muttaqien Purwakarta, I., Aqila Septiyani STAI DRKHEZ Muttaqien Purwakarta, S., & Setiawan STAI KHEZ Muttaqien Purwakarta, U. D. (2023). Konsep Dasar Media Pembelajaran Ricken Wijaya STAI DR.KHEZ Muttaqien Purwakarta. Journal of Student Research (JSR), 1(1), 282–294.
Djaelani, K. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Pada Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 153–160. https://doi.org/10.46368/jpd.v10i1.413
Elya Rosalina1, A. S. (2021). Printed issn: 2798-2483 online issn: 2798-2491. Jurnal Bakti Nusantara Linggau, 2(1), 13–19. https://jurnal.lp3mkil.or.id/index.php/bnl/article/view/68/44
Hasibuan, S., Harahap, M., Siregar, R. A. B., & ... (2024). Analisis Peningkatan Motivasi Belajar dan Berpikir Kreatif Siswa SD Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Ilmiah …, 1(3), 149–154.
Hidayah, N. C., Ulya, H., & Masfuah, S. (2021). Analisis kemampuan berpikir kreatif siswa sekolah dasar berdasarkan tingkat kemampuan matematis [Analysis of the creative thinking ability of elementary school students based on the level of mathematical ability]. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1368–1377. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1366
Krisyuliani, A., Noor Rahmad, I., Guru Sekolah Dasar, P., & Kusuma Negara, S. (2021). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III Pengembangan Media Pembelajaran Diorama Siklus Air pada Mata Pelajaran IPA. 824–829.
Kurniawan, C., & Hidayati, H. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Siklus Air Dan Dampaknya Pada Tema Peristiwa Dalam Kehidupan Untuk Kelas V Sdn Jetis Ii. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 5(2). https://doi.org/10.30738/trihayu.v5i2.4929
Kusmiati, E., Chabibah, N., & Khoiri Rizkiah, M. (2021). Penerapan Model Pictorial Riddle Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ips. Jurnal Tahsinia, 2(2), 114–123. https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.298
Lestari, Y. D. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 16(1), 73–80. https://doi.org/10.52217/lentera.v16i1.1081
Mardianto, Sipahutar, M. G., Suhardi, & Nirwana. (2021). Strategi dan Media Pembelajaran PAI. Jurnal ITTIHAD, V(1), 12–22. http://ejournal-ittihad.alittihadiyahsumut.or.id/index.php/ittihad/article/viewFile/110/100
Pertama Wati, T., & Maemunah, M. (2021). Kreativitas Anak Usia Dini Berdasakan Aliran Progresivisme. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 5(2), 205–212. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v5i2.1303
Pratama, H. R., Naila, I., & Faradita, M. N. (2024). ANALISIS KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN MEDIA DIORAMA PADA PEMBELAJARAN MATERI EKOSISTEM. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 927-937.
Putra, I. K. D., & Suniasih, N. W. (2021). Media Diorama Materi Siklus Air pada Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 238. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.32878
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia Restu Rahayu 1 , Sofyan Iskandar 2 , Yunus Abidin 3. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104.
Rambe, Andina, H., Aufa, Nurjamilah, Ritonga, Nadya, Z., & Annisa, E. (2022). Meningkatkan Kreativitas Siswa dengan Memanfaatkan Barang Bekas dan Tidak Terpakai Menjadi Sebuah Karya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1611–1615.
Riris, N. R., & Syahfitri, R. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Ular Tangga Raksasa Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas 4 SD Muhammadiyah 08 Medan. Jurnal Inspirasi Pendidikan (ALFIHRIS), 1(4), 138–153. https://doi.org/10.59246/alfihris.v1i4.428
Ritonga, F. H., & Aufa, A. (2023). Pengaruh media kartu kata bergambar dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan di sekolah dasar. 9(1), 382–387.
Rohani, Astuti, D. W., & Hemafitri. (2023). PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA INFOKUS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH MADRASAHALIYAH NEGERI KABUPATEN SEKADAU. 3(1).
Sari, K., Naila, I., & Mirnawati, L. B. (2023). Pengaruh Metode Snowball Throwing Berbantu Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(3).
Siregar, N., Rambe, A. H., & Fitri, N. (2023). LKM BERBASIS KREATIVITAS PADA MATKUL MEDIA. 9(2), 1200–1212.
Siregar, T. J., & Andriani, H. (2023). Pengaruh Permainan Balok Susun Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 7(2), 243–251. https://doi.org/10.35706/sjme.v7i2.9341
Wandini, R. R., Nur, N. M., Lubis, H. A., Amalia, A., Br. Sitepu, S., & Wandini, R. R. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran Matematika dengan Menerapkan Model Drill. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 369–378. https://doi.org/10.56832/edu.v1i3.142
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074
Yusnaldi, E. (2018). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN MINAT MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK DI PGMI UIN SUMATERA UTARA.
Authors
Copyright (c) 2024 Deby Puspita Sinaga, Nirwana Anas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Copyright
The copyright holder for articles published by ELSE is the author.
Licence
Scientific articles published in this journal are licensed under license
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.