PENGEMBANGAN MEDIA SIKLUS AIR TIGA DIMENSI PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Deby Puspita Sinaga (1), Nirwana Anas (2)
(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia,
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran siklus air tiga dimensi guna meningkatkan berpikir kreatif siswa TPI Syifaurrahma. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) diadaptasi dari model ADDIE. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu lembar pre-test dan postest, angket guru dan siswa, serta dokumentasi. Penelitian ini divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Berdasarkan dari ahli materi diperoleh nilai 92% termasuk kategori sangat valid. Ahli media diperoleh nilai 93% termasuk dalam kategori sangat valid. Berdasarkan dari data hasil uji coba kepraktisan dari respon hasil angket 26 siswa mendapatkan presentasi nilai sebesar 97% kemudian hasil angket dari respon guru wali kelas V memperoleh nilai 95% termasuk kategori sangat praktis. Hasil uji evektifitas diperoleh dari nilai pretest dan posttest yang mengalami perubahan signifikan dan mendapat nilai N-gain sebesar 0,99 sehingga dapat disimpulkan bahwa setelah menggunakan media siklus air mampu meningkatkan keefektifitas belajar siswa pada pembelajaran.


Kata Kunci: Siklus Air Tiga Dimensi, Berpikir Kreatif

References

Read More

Authors

Deby Puspita Sinaga
deby0306203100@uinsu.ac.id (Primary Contact)
Nirwana Anas
Sinaga, D. P., & Anas, N. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA SIKLUS AIR TIGA DIMENSI PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF SISWA . ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(2). https://doi.org/10.30651/else.v8i2.22918

Article Details