Pengaruh Persepsi Siswa dalam Pembelajaran Socio-Scientific Issuess Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar
Abstrak
Penerapan pendekatan pembelajaran berbasis socio scientific issue memiliki peran penting karena di dalam pendekatan pembelajaran yang berbasis socio scientific issue juga melibatkan penggunaan topik atau sebuah masalah ilmiah yang mewajibkan peserta didik agar terlibat secara langsung di dalam dialog,diskusi,dan debat. Penelitian ini bertujuan untuk mendsekripsikan serta mengetahui pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang penerapan pembelajaran berbasis socio scientific issue terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis metode deskriptif survei. Populasi di dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SDIT El-Haq dengan jumlah populasi atau sampel yang digunakan ialah 26 siswa dalam satu kelas. Instrumen yang digunakan berupa angket tentang pembelajaran yang berbasis socio scientific issue dan soal pilihan ganda hasil belajar siswa. Kemudian data ini dianalisis menggunakan analisis regresi linier sederhana. Dan hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang penerapan pendekatan pembelajaran berbasis socio scientific issue terhadap hasil belajar siswa di SDIT El-Haq.
Artikel teks lengkap
Referensi
Anagün, Ş. S., & Özden, M. (2010). Teacher candidate’s perceptions regarding socio-scientific issuess and their competencies in using socio-scientific issuess in science and technology instruction. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 9, 981–985. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.271
Berprestasi, M., Kelas, S., Smp, V. I. I., & Tirto, N. (2010). HUBUNGAN PERSEPSI TERHADAP KOMPETENSI GURU DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 TIRTO Disusun oleh: Pangky Irawan M2A605060 FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG 2010.
Creswell, J. W., & Miller, D. L. (2000). Determining validity in qualitative inquiry. Theory into Practice, 39(3), 124–130. https://doi.org/10.1207/s15430421tip3903_2
Daniah, D. (2020). Pentingnya Inkuiri Ilmiah Pada Praktikum Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Peningkatan Literasi Sains Mahasiswa. Pionir: Jurnal Pendidikan, 9(1), 144–153. https://doi.org/10.22373/pjp.v9i1.7178
Dianti, P., Sunandar, A., & Setiadi, A. E. (2023). Analisis Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berargumentasi Siswa dengan Model Argument Driven Inquiry Berbasis Socio-Scientific Issues. Jurnal Ilmu Kependidikan, 12(2), 1–14.
Dopo, F. B., & Ismaniati, C. (2016). Persepsi Guru Tentang Digital Natives, Sumber Belajar Digital Dan Motivasi Memanfaatkan Sumber Belajar Digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(1), 13. https://doi.org/10.21831/tp.v3i1.8280
Herawati*, D., & Istiana, R. (2021). Socioscientific Issuess-based Textbook on the Topic of Sustainable Development Goals to Develop Prospective Teachers’ 21st Century Thinking Skills. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 256–265. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.18648
Ika-Budi-601-614 (1).pdf. (n.d.).
Ke, L., Sadler, T. D., Zangori, L., & Friedrichsen, P. J. (2020). Students’ perceptions of socio-scientific issues-based learning and their appropriation of epistemic tools for systems thinking. International Journal of Science Education, 42(8), 1339–1361. https://doi.org/10.1080/09500693.2020.1759843
Nida, S., Rahayu, S., & Eilks, I. (2020). A survey of Indonesian science teachers’ experience and perceptions toward socio-scientific issuess-based science education. Education Sciences, 10(2), 1–15. https://doi.org/10.3390/educsci10020039
Nurlita, E. (2019). Persepsi siswa terhadap socio-scientific issuess (ssi) mengenai minyak bumi dan energi alternatif. In Repository.Uinjkt.Ac.Id. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46527
Pratiwi, E. S., & Sukartono. (2023). Implementasi Media Variatif Dalam Sekolah Dasar Else ( Elementary School Education. ELSE (Elementary School Education Journal), 7(2), 219–229.
Rachmawati, R. C., & Diningsih, E. (2021). Pengenalan Sosio Scientific Issues secara Daring terhadap Kemampuan Penalaran Siswa. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 15(1), 31–36. https://doi.org/10.26877/mpp.v15i1.7840
Rahayu, S. (2019). Socioscientific Issuess : Manfaatnya dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Socioscientific Issuess : Manfaatnya dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Sains , Nature of Science ( NOS ) dan Higher Order Thinking Skills ( HOTS ). Seminar Nasional Pendidikan IPA UNESA, October 2019, 2. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.16332.16004
Rozie, F. (2018). Persepsi guru sekolah dasar tentang penggunaan media pempelajaran sebagai alat bantu pencapaian tujuan pembelajaran. Widyagogik: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 1–12.
Sadler, T. D., & Zeidler, D. L. (2004). The Morality of Socioscientific Issuess: Construal and Resolution of Genetic Engineering Dilemmas. Science Education, 88(1), 4–27. https://doi.org/10.1002/sce.10101
Sakila, R., Lubis, N. faridah, Saftina, Mutiara, & Asriani, D. (2023). Pentingnya Peranan IPA dalam Kehidupan Sehari-Hari. Jurnal Adam : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 119–123.
Shofiyah, N. (2015). Deskripsi Literasi Sains Awal Mahasiswa Pendidikan IPA Pada Konsep IPA. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 4(2), 113–120. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i2.13
Siska, Yunita, & Ubaidillah, M. (2019). Strategi Socio-scientific Issuess untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa pada Konsep Sistem Respirasi di Kelas XI MIPA SMAN 1 Suranenggala. Jurna Ilmu Alam Indonesia, 2(1), 50–69. www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/jiathe Perception of Science Teachers on Socio-. (2019). 6.
Penulis
Hak Cipta (c) 2025 fitria Wulandari, Cindy Tsalsabillah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright
The copyright holder for articles published by ELSE is the author.
Licence
Scientific articles published in this journal are licensed under license
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.