PENGARUH PENDEKATAN MINDFUL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstrak
Proses pembelajaran IPAS di sekolah dasar masih menekankan pada transformasi informasi faktual, pengembangan penalaran yang bersifat verbalistik, proses penyajiannya juga belum disajikan secara terpadu di mana pembelajaran IPA dan IPS masih dilakukan secara terpisah, serta proses evaluasi juga masih berpaku pada pemahaman peserta didik mengenai suatu konsep. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendekatan mindful learning terhadap hasil belajar IPAS di Kelas V sekolah dasar pada materi Daerahku Kebanggaanku dengan sub topik A: “Seperti Apakah Budaya Daerahku?”. Sampel penelitian ini terdiri dari peserta didik kelas V SDN Wangisagara 02 sebagai kelompok eksperimen dan peserta didik kelas VA SDN Toblong 02 sebagai kelompok kontrol yang terletak di Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung di tahun ajaran 2023/2024 yang dipilih dengan menggunakan non-random sampling melalui teknik purposive sampling. Penelitian ini dikembangkan menggunakan metode quasi-experiment dengan desain pretest and post-test with non-equivalent control group design. Alat ukur penelitian yang digunakan adalah instrumen tes hasil belajar IPAS yang telah melalui tahapan validasi pada expert judgment dan uji coba instrumen. Hasil analisis data mengindikasikan adanya perbedaan hasil belajar IPAS yang cukup signifikan di mana pendekatan mindful learning memberikan pengaruh sebesar 38,56% terhadap hasil belajar IPAS sedangkan pendekatan konvensional memberikan pengaruh sebesar 30,47%.
Kata Kunci: Pendekatan Pembelajaran; Mindful Learning; Hasil Belajar IPAS
Artikel teks lengkap
Referensi
Andreani, D, Gunansyah, G. 2023. Persepsi Pendidik Sekolah Dasar tentang Mata Pelajaran IPAS Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Penelitian Pendidikan Pendidik Sekolah Dasar, 11, 1841–1854.
Anika, M., Fajar, W., & Kunci, K. 2020. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make-A Match Dalam Meningkatkan Kompetensi Sikap Peserta didik dan Kompetensi Pengetahuan Peserta didik Pada Pelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 80–85.
Bakosh, L. S., Snow, R. M., Tobias, J. M., Houlihan, J. L., & Barbosa-Leiker, C. 2016. Maximizing Mindful learning: Mindful Awareness Intervention Improves Elementary School Students’ Quarterly Grades. Mindfulness, 7(1), 59–67. https://doi.org/10.1007/s12671-015-0387-6.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. 2018. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications, Inc.
Gayatri, N. K. P., Suniasih, N. W., & Sujana, I. W. 2023. Pendekatan Mindfulness Berbantuan Media Animasi Berpengaruh terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS di Kelas V Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Instruction, 4(2), 105–111. https://doi.org/10.23887/iji.v4i2.57738.
Hanifah, N. 2019. Pengembangan instrumen penilaian Higher Order Thinking Skill (HOTS) di sekolah dasar. Conference Series Journal, 1(1), 18–23.
Hasanah, O. N., & Sukartono. 2024. Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran IPAS di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal), 8(1), 204–213.
Juliharti, L., Fitria, Y., & Amini, R. 2023. Analisis Teori Pembelajaran Bruner terhadap Berpikir Tingkat Tinggi Peserta didik Sekolah Dasar. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 13(2).
Julio Saputra, M., Piscayanti, K. S., & Agustini, D. A. E. 2020. The Effect of Mindful learning on Students’ Writing Competency. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(4), 553. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i4.25484
Khairiyah, U., Gusmaniarti, Asmara, B., Suryanti, Wiryanto, & Sulistiyono. 2023. Fenomena Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Pembentukan Karakter Profil Pelajar Pancasila Peserta didik Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal), 7(2), 172–178.
Kurniawan, A. B., & Hidayah, R. 2020. Kepraktisan Permainan Zuper Abase Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Asam Basa. UNESA Journal of Chemical Education, 9(3), 317–323. https://doi.org/10.26740/ujced.v9n3.p317-323
Langer, Ellen J. 2007. Kedahsyatan Mindful learning (Edisi Terjemahan). Penerbit Erlangga.
Magalhães, S., Nunes, T., Soeiro, I., Rodrigues, R., Coelho, A., Pinheiro, M., … Limpo, T. 2022. A Pilot Study Testing the Effectiveness of a Mindfulness-Based Program for Portuguese School Children. Mindfulness, 13(11), 2751–2764. https://doi.org/10.1007/s12671-022-01991-8.
Marlina M., Efrina E., & Kusumastuti, G. 2020. Model Asesmen Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Orthopedagogik, 1(03), 1–20.
Marlina. 2018. Implementasi Pendekatan Pembelajaran Mindful learning dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam pada Peserta didik Kelas VIII A Di SMP Budaya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018/2019 [Undergraduate Thesis]. [Lampung (Indonesia)]: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Nurhayati, R. (n.d.). Masalah Penyebaran Data. Materi Kuliah Statistik Universitas Negeri Yogyakarta. [Internet]. [cited 5 Mei 2024]. Available from: https://staffnew.uny.ac.id/upload/198801292014042002/pendidikan/materi-kuliahstatistik.pdf.
Putri, E. Y. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Mindful learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi Peserta didik Kelas 2 AK SMK Panca Budi-2 Medan T.P 2012/2013 [Undergraduate Thesis]. [Medan (Indonesian)]: Universitas Negeri Medan.
Siahaan, N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Mindful learning Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Ekonomi Peserta didik Kelas IX SMP METHODIST-9 MEDAN T.A 2018/2019 [Undergraduate Thesis]. [Medan (Indonesia)]: Universitas HKBP Nommensen.
Sitopu, W. F., 2020. Pengaruh Pendekatan Mindful learning terhadap Hasil Belajar Aqidah Akhlak Peserta didik Kelas VIII di MTS Taman Pendidikan Islam Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Taushiah FAI UISU, Vol. 10 No.1, 70–78.
Syahid, A. 2019. Gembira Bersekolah: Memaknai Fun Learning di Sekolah Dasar. Education, 1(1), 171–172.
Tejawati. 2016. Pengaruh Pendekatan Mindful learning dan Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta didik SD Muhammadiyah Sleman [Master’s Thesis]. [Yogyakarta (Indonesia)]: Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Penulis
Hak Cipta (c) 2024 Putri Laisya Abdurrochim, Nurdinah Hanifah, Aah Ahmad Syahid

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright
The copyright holder for articles published by ELSE is the author.
Licence
Scientific articles published in this journal are licensed under license
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.