PENGARUH PERMAINAN BERBURU METAFORA TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL DAN KOGNITIF SD/MI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan permainan Berburu Metafora untuk meningkatkan Keterampilan sosial dan Kognitif siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini terdapat permasalahan tentang bagaimana pemahaman siswa terhadap pembelajaran bahasa Indonesia dalam meningkatkan keterampilan sosial dan kognitif dengan menggunakan prmainan Berburu Metafora. Penelitian ini menggunakan metode yaitu menggunakan penelitian kuantitatif jenis Eksperimen kuasi dengan desain One Group pretest-posttest. Pada desain ini terdapat dua kelompok belajar yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Awal penelitian diamati menggunakan observasi dan memberikan pre-test untuk melihat pemahaman awal siswa dan pengamatan dan post-test diberikan setelah perlakuan untuk kelas kontrol mengajar tanpa permainan dan kelas eksperimen mengajar dengan menerapkan permainan Berburu Metafora. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V MIN 12 kota Medan, dengan jumlah siswa 56 siswa. 26 siswa laki-laki dan 30 siswa perempuan. Dari hasil uji analisis data menggunakan uji independent sampel test aplikasi SPSS untuk menemukan pengaruh permainan berburu metafora terhadap keterampilan sosial dan kognitif siswa. Bahwa penerapan permainan Berburu Matafora, pendidikan yang mempengaruhi keterampilan sosial dan kognitif siswa terbukti bermanfaat. Studi ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kinerja akademik, terbuti dengan peningkatan yang cukup besar pada nilai rata-rata post-test kelompok kontrol menjadi 66,00 dan eksperimen yaitu 75,00.
Full text article
References
Anwar, Z., & Fikriyati, A. (2020). Pendampingan Soft Skill Pada Siswa-Siswi SMK Muhammadiyah 2 Malang. Altruis: Journal of Community Services, 1(1), 9–24.
Arlina, A., Nasution, Z., Nasution, A. M., & Maisarah, M. (2022). Metode Pengembangan Kecerdasan Sosial dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Pondok Pesantren Yatim An-Nursali Binjai Sumatera Utara. Al Quds: Jurnal Studi Alquran Dan Hadis, 6(1).
Asmuni, A. (2020). Problematika pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 dan solusi pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281–288.
Basyiroh, I. (2017). Program pengembangan kemampuan literasi anak usia dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Paud Stkip Siliwangi Bandung, 3(2), 120–134.
Darwanto, D., & Putri, A. M. (2021). Penguatan literasi, numerasi, dan adaptasi teknologi pada pembelajaran di sekolah:(sebuah Upaya Menghadapi Era Digital dan Disrupsi). Eksponen, 11(2), 25–35.
Fricticarani, A., Hayati, A., Ramdani, R., Hoirunisa, I., & Rosdalina, G. M. (2023). Strategi pendidikan untuk sukses di era teknologi 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(1), 56–68.
Ginanjar, A. (2016). Penguatan peran ips dalam meningkatkan keterampilan sosial peserta didik. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 1(1), 118–126.
Handriyotopo. (2019). Wacana Metafora Retorika Visual Dalam Karya Seni Rupa Dan Desain. 1–50.
Hayati, R. (2016). Metafora Dalam Ragam Bahasa Puisi (Pendekatan Teori Cognitif Linguistik). Pena: Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi, 30(2), 21–32.
Husnaini, M., Sarmiati, E., & Harimurti, S. M. (2024). Pembelajaran Sosial Emosional: Tinjauan Filsafat Humanisme terhadap Kebahagiaan dalam Pembelajaran. Journal of Education Research, 5(2), 1026–1036.
Khadijah, S., Sit, M., & Sapri, S. (2019). PENGARUH MEDIA PAPAN FLANEL TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DI RA JAM’IYYATUSH SHOOLIHIIN KELURAHAN TANJUNG MULIA KECAMATAN MEDAN DELI. Jurnal Raudhah, 7(2).
Khairani, F. (2018). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kecerdasan Sosial Anak Kelompok A Di RA Harun Ar-Rasyid Kec. Percut Sei Tuan Kab Deli Serdang TA 2017.2018. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Kostikova, I., Holubnycha, L., Girich, Z., & Movmyga, N. (2021). Soft skills development with university students at English lessons. Revista Romaneasca Pentru Educatie Multidimensionala, 13(1), 398–416.
Kurniawan, H. (30 C.E.). Permainan Kreatif Anak untuk Meningkatkan Kecerdasan Bahasa. Yogyakarta: Kata Hati.
Kurwidaria, F. (2011). Kajian Stilistika Serat Rerepen Sarta Pralambang Warni-Warni Karya Mangkunegara IV. UNS (Sebelas Maret University).
Lestari, W., & Siregar, N. (2017). Peranan permainan tradisional engklek dalam mengembangkan keterampilan sosial anak usia sekolah dasar di desa Hamparan Perak. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 7(3), 305–311.
Maukar, A. L., Marisa, F., Vitianingsih, A. V., Berliana, B. C., & Rupasari, M. (2022). Model pembelajaran kolaborasi dengan gamifikasi: Sebuah kajian pustaka. Jointecs: Journal of Information Technology and Computer Science, 7(3), 121–128.
Mujawanah, F. (2021). GAYA BAHASA DALAM KUMPULAN PUISI PERJAMUAN KHONG GUAN KARYA JOKO PINURBO SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR DI SMA. Sasindo: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(2).
Mukjizah, M., & Yusriadi, Y. (2021). Prosiding seminar hasil penelitian kebahasaan dan kesastraan. Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Barat.
Nasution, S. (2020). Pembentukan lingkungan bahasa Arab di perguruan tinggi keagamaan Islam.
Nasution, S., Asari, H., Al-Rasyid, H., Dalimunthe, R. A., & Rahman, A. (2024). Learning Arabic Language Sciences Based on Technology in Traditional Islamic Boarding Schools in Indonesia. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 77–102.
Nursalim, L. A., Semmaila, B., & Alam, R. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Pemoderasi Pada Pt. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Makassar. Journal of Management Science (JMS), 1(1), 80–90.
Pratiwi, A., & Yusnaldi, E. (2022). Analisis Pengaruh Game Online terhadap Kegiatan Sosial dan Minat Belajar Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu: Jurnal of Elementary Education, 6(3), 4524–4530.
Rahaju, R., & Hartono, S. R. (2017). Pembelajaran Matematika Berbasis Permainan Monopoli Indonesia. JIPMat, 2(2).
Rosi, A. (2017). MENINGKATKAN KOMPETENSI KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 1(7), 801–810.
Rut, N., Gaol, R. L., Abi, A. R., & Silaban, P. (2020). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Keterampilan Sosial Anak Sd. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 449–455.
Saputri, E. M., Purwanti, S., & Marwiyati, U. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Problem Based Learning Pada Materi Waktu Kelas I SD Muhammadiyah Pandes Tahun Ajaran 2022/2023. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2).
Sari, F. (2018). Metode dalam pengambilan keputusan. Deepublish.
Sintiya, S., Harahap, K., & Anas, N. (2023). Analisis Pemahaman Guru terhadap Makna Kode Etik dan Peraturan di Sekolah SMP IT Al Afkari. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 252–258.
Sugiyono, D. (2010). Memahami penelitian kualitatif.
Sutianah, C. (2021). Peningkatan kompetensi kerja berbasis integrasi soft skills, hard skills dan entrepreneur skills program keahlian kuliner melalui penerapan teaching factory smk. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(08), 152–167.
Usmadi, U., Ningsih, N. F., & Ergusni, E. (2023). PERANAN PEMBELAJARAN DENGAN METAFORA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Differential: Journal on Mathematics Education, 1(1), 47–56.
Victoria, A., Mustafa, P. S., & Ardiyanto, D. (2021). Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga berbasis Blended Learning di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(2), 170–183.
Wandini, R. R. (2019). Pembelajaran matematika untuk calon guru mi/sd.
Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, K. H. M. (2020). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF, KUANTITATIF, ACTION RESEARCH, RESEARCH AND DEVELOPMENT (R n D). Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka.
Authors
Copyright (c) 2024 Raudhatul Jannah, Sahkholid Nasution
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Copyright
The copyright holder for articles published by ELSE is the author.
Licence
Scientific articles published in this journal are licensed under license
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.