PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS GOOGLE SITES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN BERBASIS BUKTI DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

Bob Syahrizal Ghozali (1), Supeno (2), Mohammad Imam Farisi (3)
(1) Universitas Terbuka, Jember, Indonesia,
(2) Universitas Terbuka, Jember, Indonesia,
(3) Universitas Terbuka, Jember, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis validitas, kepraktisan, dan keefektifan e-modul berbasis google sites untuk meningkatkan kemampuan penalaran berbasis bukti pada siswa SD Al-Furqon Kabupaten Jember dalam pembelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and Development dengan model pengembangan ADDIE dengan tahapan meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data pada uji validitas, uji kepraktisan, dan uji efektifitas. Analisis hasil tes kemampuan penalaran berbasis bukti menggunakan analisis n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas e-modul berbasis google sites adalah 95,2 % dengan kategori sangat valid. Uji kepraktisan dengan respon siswa terhadap penggunaan e-modul interaktif sebesar 93,5% dengan kriteria sangat baik, dan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan e-modul berbasis google sites sebesar 93,2% dengan kategori sangat efektif. Hasil analisis n-gain menunjukkan penggunana e-modul berbasis google sites dapat meningkatkan kemampuan penalaran berbasis bukti sebesar 0,96 dengan kategori tinggi. Implikasi penelitian ini hasil pengembangan e-modul berbasis Google Sites dapat menjadi alternatif pendukung pembelajaran, untuk meningkatkan kemampuan penalaran berbasis bukti dan memberikan kemudahan serta membangun pengetahuan peserta didik dalam memahami materi IPA.


Kata Kunci: E-Modul, Google Sites, Kemampuan Penalaran Berbasis Bukti, Pembelajaran IPA

Full text article

Generated from XML file

References

Anjani, F., Supeno, & Subiki. (2020). Kemampuan Penalaran Ilmiah Siswa Sma dalam Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing disertai Diagram Berpikir Multidimensi. Lantanida Journal, 8(1), 1–95. https://doi.org/373/lj.v8i1.6306

Arikunto. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Asri, A. S. T., & Dwiningsih, K. (2022). Validitas E-Modul Interaktif sebagai Media Pembelajaran untuk Melatih Kecerdasan Visual Spasial pada Materi Ikatan Kovalen. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 465–473. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.465-473

Astutik, A. W., Supeno, Wicaksono, I., & Prasetiyaningsih, A. (2023). E-Modul Interaktif Berbasis Articulate Storyline untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Berbasis Bukti. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 7(2), 253–263. https://j.ustjogja.ac.id/index.php/wacanaakademika/article/view/16078

Belia, G., Utaminingsih, S., Setiadi, G., & Darmanto, E. (2022). Pengembangan E-modul dengan Aplikasi Flip PDF Professional Materi Bilangan Bulat pada Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 5(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v5i2.8757

Dedi Junaedi. (2019). Desain pembelajaran model ADDIE. STAI Syamsul Ulum.

Dewi, A., Ayu, N., & Lestari, P. (2020). E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 433–441. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.28035

Efendi, B. M. S., & Insani, N. (2024). Implementasi E-Modul Berbantuan Google Sites dengan Model PBL dalam Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(1), 402–416. https://doi.org/10.51574/jrip.v4i1.1406

Erlina, N., Susantini, E., Wasis, W., Wicaksono, I., & Pandiangan, P. (2018). The Effectiveness of Evidence-Based Reasoning In Inquiry-Based Physics Teaching To Increase Students’ Scientific Reasoning. Journal of Baltic Science Education, 17(6), 972–985. https://doi.org/10.33225/jbse/18.17.972

Febrianti, Z. T., & Dwiningsih, K. (2023). Analysis of the Validity Level of Interactive E-Modules to Improve Visual-Spatial Intelligence on Molecular Shape. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 12(2), 11–22. https://doi.org/10.23960/jppk.v12.i2.2023.02

Fena Emilda, A. (2024). Analisis Penggunaan E-Modul Berbasis Keterampilan Sosial Berorientasi Jagung Pada Pembelajaran IPA SD di SDN 1 Proppo Pamekasan. ELSE (Elementary School Education Journal), 8(1), 147–155. https://doi.org/https://doi.org/10.30651/else.v8i1.20817

Hardianti, R., & Alyani, F. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Google Sites pada Materi Rangka Manusia Kelas V Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 5596–5604. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8707

Himawan, N. A., Jumadi, J., & Purwanto, E. (2020). Identifikasi Kemampuan Penalaran Siswa Kelas XI di MAN 4 Bantul Pada Suhu Dan Kalor. EDUSAINS, 12(1), 30–37. https://doi.org/10.15408/es.v12i1.12784

Lutfiatul Hidayah, T., & Nuha, U. (2022). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Menggunakan Laboratorium Virtual Terhadap Keterampilan Argumentasi Ilmiah Siswa SMP. Sains Dan Teknologi, 9(1), 2022–2239. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v8i1.425

Maghfiroh, L., & Shofiyah, N. (2023). Exploring the Influence of the Evidence-Based Reasoning Model in the Inquiry Approach to Enhancing Students’ Scientific Reasoning. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 5(2), 136. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v5i2.10737

Mardhiyyah, L., Supeno, S., & Ridloz, Z. R. (2022). Development of E-Modules to Improve Scientific Explanation Skills in Science Learning for Junior High School Students. Jurnal Pendidikan MIPA, 23(1), 34–44. https://doi.org/10.23960/jpmipa/v23i1.pp34-44

Midroro, J. N., Prastowo, S. H. B., & Nuraini, L. (2021). Analisis Respon Siswa Sma Plus Al-Azhar Jember Terhadap Modul Fisika Digital Berbasis Articulate Storyline 3 Pokok Bahasan Hukum Newton Tentang Gravitasi. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, 10(1), 8. https://doi.org/10.19184/jpf.v10i1.23762

Nurhusain, M., & Hadi, A. (2021). Desain Pembelajaran Statistika Terapan Berbasis Kasus Berkualitas Baik (Valid, Praktis, dan Efektif) untuk Mahasiswa Pendidikan Matematika. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 3(2), 105–119. https://doi.org/10.31605/ijes.v3i2.951

OECD. (2019). PISA 2018 results (volume I): What students know and can do. OECD Publishing Paris.

Putra, P. D. A., Yusmar, F., Kasah, I. J., Handayani, R. D., & Fadzil, H. M. (2024). Evidence-Based Reasoning: Evaluating Daily Experiences In The Engineering Design Classroom For Middle School Students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 13(1), 29–39. https://doi.org/10.15294/jpii.v13i1.49124

Putri, A. F., Naila, I., & Afani, K. D. A. (2023). Pengembangan media Google Sites berbasis ethno sains pada mata pelajaran IPAS sekolah dasar. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(3), 433-442.

Rahayu, R., Fikroh, R. A., Sari, D. R., & Ridzaniyanto, P. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Google Sites Bermuatan Chemo-Entrepreneurship pada Materi Gugus Fungsi Senyawa Karbon. Lantanida Journal, 10(2), 95. https://doi.org/10.22373/lj.v10i2.14496

Ratnawati, S., & Wahyuni, S. (2023). Efektifitas E-Modul Interaktif Berbasis Google Sites Mata Pelajara IPA Listrik Statis dan Dinamis untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa MTS. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama, 10(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v10i1.2997

Sevtia, A. F., Taufik, M., & Doyan, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Google Sites untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Konsep dan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1167–1173. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.743

Wang, C. Y. (2015). Scaffolding Middle School Students’ Construction of Scientific Explanations: Comparing a cognitive versus a metacognitive evaluation approach. International Journal of Science Education, 37(2), 237–271. https://doi.org/10.1080/09500693.2014.979378

Wulandari, T., Supeno, S., & Diah Wahyuni. (2024). Pengaruh Model Learning Cycle 5E Disertai LKPD Berbasis Diagram Berpikir Multidimensi Terhadap Kemampuan Scientific Reasoning Siswa SMP. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 7(1), 1–11. https://doi.org/10.24246/juses.v7i1p1-11

Ziebell, N., & Skeat, J. (2020). Evidence-based reasoning processes in education: A model to support interventionist practice. Australian Journal of Teacher Education, 45(3), 81–93. https://doi.org/10.14221/ajte.2020v45n3.6

Authors

Bob Syahrizal Ghozali
bsghozali@gmail.com (Primary Contact)
Supeno
Mohammad Imam Farisi
Ghozali, B. S., Supeno, & Farisi, M. I. (2024). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS GOOGLE SITES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN BERBASIS BUKTI DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(2). https://doi.org/10.30651/else.v8i2.22631

Article Details