PENGUATAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, BUDAYA ORGANISASI, KREATIVITAS GURU DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEINOVATIFAN GURU
Abstrak
Penelitian ini bertujuan menemukan strategi dan cara untuk meningkatkan keinovatifan guru madrasah tsanawiyah negeri melalui penguatan kepemimpinan transformasional, budaya organisasi, dan kreativitas guru. Penelitian menggunakan metode path analysis dan analisis SITOREM dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian 178 orang dan sample dihitung menggunakan rumus slovin sebanyak 123 guru sekolah madrasah tsanawiyah negeri. Uji statistik yang dilibatkan dalam penelitian ini diantaranya uji prasayat, uji hipotesis dengan analisis jalur, uji korelasi serta uji koefisien determinasi. Untuk analisis indikator menggunakan analisis SITOREM. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif langsung: (1) kepemimpinan transformasional terhadap keinovatifan guru (βy1=0,262); (2) budaya organisasi terhadap keinovatifan guru (βy2=0,225); (3) kreativitas guru terhadap keinovatifan guru (βy3=0,441); (4) kepemimpinan transformasional terhadap kreativitas guru (βx13=0,534); (5) budaya organisasi terhadap kreativitas guru (βx23=0,399); (6) Terdapat pengaruh positif tidak langsung kepemimpinan transformasional terhadap keinovatifan guru melalui kreativitas guru, nilai Zhitung (6,187); (7) positif tidak langsung budaya organisasi terhadap keinovatifan guru melalui kreativitas guru, nilai Zhitung (6,814). Penelitian ini berkesimpulan bahwa penguatan kepemimpinan transformasional, budaya organisasi, dan kreativitas guru dapat meningkatkan keinovatifan guru khususnya di sekolah madrasah tsanawiyah negri kabupaten bogor.
Artikel teks lengkap
Referensi
Akbar, L., & Imaniyati, N. (2019). Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(2), 176. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18012
Amanda, E. A., Budiwibowo, S., & Amah, N. (2017). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan di PDAM Tirta Taman Sari Kota Madiun. Assets: Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan, 6(1), 1. https://doi.org/10.25273/jap.v6i1.1289
Cresswel, J. W. (2016). Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran (Keempat). Pustaka Pelajar.
Cropley, D. H., Kaufman, J. C., & Cropley, A. J. (2011). Measuring creativity for innovation management. Journal of Technology Management and Innovation, 6(3), 13–40. https://doi.org/10.4067/s0718-27242011000300002
Ekasari, R. R., Gunawan, G., & Sahidu, H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Laboratorium Terhadap Kreatifitas Fisika Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(3), 106–110. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i3.296
Feri, S., Rahmat, A., & Supeno, B. (2020). Pengaruh Motivasi, Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening Studi Pada PT. Champion Kurnia Djaja Technologies. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 4(1), 134–151. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v4i1.172
Fitri Wahyuni, & Binti Maunah. (2021). Kepemimpinan Transformasional dalam Pendidikan Islam. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 2(2), 141–162. https://doi.org/10.21154/sajiem.v2i2.51
Gafriyani, G., Sukarno, G., & Sawitri, D. K. (2023). Organizational Commitment as an Intervening Variable at Small and Medium Enterprises of Tenun and Batik Gedog Zaenal Tuban Analisis Budaya Organisasi Terhadap Organizational Citizenship Behavior ( OCB ) dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Interven. 4(4), 4380–4389.
Ghifar, R., Yusuf, A. E., Sumardi, S., & Wulandari, F. (2019). Peningkatan Kreativitas Guru Melalui Pengembangan Supervisi Kepala Sekolah Dan Iklim Organisasi. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 790–799. https://doi.org/10.33751/jmp.v7i2.1328
Horng, J. S., Hong, J. C., ChanLin, L. J., Chang, S. H., & Chu, H. C. (2005). Creative teachers and creative teaching strategies. International Journal of Consumer Studies, 29(4), 352–358. https://doi.org/10.1111/j.1470-6431.2005.00445.x
Huda, M., & Farhan, F. (2019). Pengaruh Budaya Organisasional Dan Komitmen Organisasional. Jurnal Manajemen Motivasi, 15(2), 62. https://doi.org/10.29406/jmm.v15i2.1557
Irdiyansyah I,,, & Atti, H. (2022). nd an Be Research on ELT st ar i Be.
Jufrizen, J., & Lubis, A. S. P. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Kepemimpinan Transaksional terhadap Kinerja Pegawai Dengan Locus Of Control Sebagai Variabel Moderating. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 41–59. https://doi.org/10.30596/maneggio.v3i1.4874
Kettler, T., Lamb, K. N., Willerson, A., & Mullet, D. R. (2018). Teachers’ Perceptions of Creativity in the Classroom. Creativity Research Journal, 30(2), 164–171. https://doi.org/10.1080/10400419.2018.1446503
Khusus, A. B. (2021). 1 , 2 1,2. 3(2), 81–91.
Lina, D. (2021). Analisis Pengaruh Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Motivasi Kerja Dampaknya Terhadap Kinerja Pegawai Dinas …. 14(Xx), 77–97. https://osf.io/preprints/2bfvh/
Loveless, A. (2002). Literature Review in Creativity , New Technologies and Learning Report 4: FutureLab Series. Learning, July, 40.
MUAFIAH, A. F. (2019). No TitleΕΛΕΝΗ. Αγαη, 8(5), 55.
Mullet, D. R., Willerson, A., N. Lamb, K., & Kettler, T. (2016). Examining teacher perceptions of creativity: A systematic review of the literature. Thinking Skills and Creativity, 21, 9–30. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2016.05.001
Naila, I., Ridlwan, M., & Nurdianah, L. (2022). Using ECL Media to Improve Information Literacy of Islamic Elementary School Students. In Elementary School Forum (Mimbar Sekolah Dasar) (Vol. 9, No. 2, pp. 289-302). Indonesia University of Education. Jl. Mayor Abdurachman No. 211, Sumedang, Jawa Barat, 45322, Indonesia. Web site: https://ejournal. upi. edu/index. php/mimbar/index.
Naila, I., Kusumajanti, W., & Anggraini, A. E. Ethnoscience and Web-based Learning Media to Maintain Cultural Awareness in Science Classroom: An Exploratory Sequential Study. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 16(2), 199-212.
Nika, S., Hidayat, N., & Laihad, G. H. (2022). Peningkatan Literasi Digital Melalui Penguatan Efikasi Diri dan Kepemimpinan Visioner. Jurnal Manajemen …, 10(02), 88–93. https://journal.unpak.ac.id/index.php/JMP/article/view/6102%0Ahttps://journal.unpak.ac.id/index.php/JMP/article/download/6102/3356
Pardede, L., & Parangin-angin, A. (2020). Peningkatan Kreativitas Guru Melalui Peran Pengawas dalam Memahami Fungsi Tugas Kepala Sekolah Di SMA Negeri 17 Medan. Jurnal Pendidikan Religious, 2(1), 1–12. http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalreligi/article/view/421
S Hardhienata. (2017). The Development of Scientific Identification Theory to Conduct Operation Research in Education Management. 166, 2017,. 10.1088/1757-%0A899X/166/I/012017
Siti Halimah , Rita Retnowati, H. (2019). HUBUNGAN ANTARA KEPEMIMPINAN VISIONER KEPALA SEKOLAH DAN KEINOVATIFAN DENGAN EFEKTIVITAS KERJA GURU. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN, 7(2), 81–91.
Sudrajat, A., Setiyaningsih, S., & Sarimanah, E. (2020). Peningkatan Kreativitas Guru Melalui Pengembangan Servant Leadership Dan Efikasi Diri Guru Tetap Yayasan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2), 70–73. https://doi.org/10.33751/jmp.v8i2.2756
Sugiono, E., & Rachmawati, W. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi Danmotivasi Ekstrinsik Terhadap Kinerja Karyawan Pt Semen Padang, Jakarta Selatan. Oikonomia: Jurnal Manajemen, 15(1), 57–69. https://doi.org/10.47313/oikonomia.v15i1.644
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sukmayanti, E., Hidayat, N., & Herfina, H. (2021). Penguatan Kepemimpinan Visioner Dan Motivasi Kerja Dalam Upaya Meningkatkan Kreativitas Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(2), 96–101. https://doi.org/10.33751/jmp.v9i2.4239
Supardi, & Aulia Anshari. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Tranformasional Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Ptpn Ix Batujamus. Jurnal Publikasi Manajemen Informatika, 1(1), 85–95. https://doi.org/10.55606/jupumi.v1i1.243
Sutianah, E., Sunaryo, W., & Yusuf, A. E. (2018). Hubungan Antara Gaya Kepemimpinan Karismatik Kepala. Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2), 654–662.
Syamsuar, S., & Reflianto, R. (2019). Pendidikan Dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Era Revolusi Industri 4.0. E-Tech : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.24036/et.v2i2.101343
Transformasional, K., & Efikasi, D. A. N. (2019). 1 1 , 2 , 2. 7(1), 740–747.
Utomo, U., & Azimah, N. (2018). Kreativitas Guru Dalam Menggunakan Lagu-Lagu Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Seni Musik, 7(1), 25–33. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jsm/article/view/24335
Vidergor, H. E. (2023). The effect of teachers’ self- innovativeness on accountability, distance learning self-efficacy, and teaching practices. Computers & Education, 199(July 2022), 104777. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2023.104777
Wardani, R. K., Mukzam, D. M., & Mayowan, Y. (2016). ( Studi Pada Karyawan PT Karya Indah Buana Surabaya ). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 31(1), 58–65. ttp://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/download/1213/1395
Penulis
Hak Cipta (c) 2024 Ahmad Fauzi, Soewarto Hardhienata, Iyan Irdiyansyah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright
The copyright holder for articles published by ELSE is the author.
Licence
Scientific articles published in this journal are licensed under license
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.