PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN WAYANG FAUNA IPA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Authors

  • Fadilla Putri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Aufa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Abstract

Penelitian ini mengkaji bagaimana pengaruh penggunaan media pembelajaran wayang fauna pada kelas IPA terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VI MIS Ikhwanul Muslimin Tembung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain kuasi-eksperimental, dimana kelas VI-A digunakan sebagai kelompok eksperimen yang terdiri dari 23 siswa, sedangkan kelas VI-B digunakan sebagai kelompok kontrol yang juga terdiri dari 23 siswa. Analisis menggunakan uji beda berpasangan (paired sample t-test) menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa setelah penerapan media wayang fauna. Temuan ini menunjukkan peluang yang menjanjikan untuk memajukan teori-teori pendidikan.

 

Kata Kunci: Wayang Fauna; Berpikir Kritis; Media Pembelajaran

References

Andina. (2021). Media Dan Sumber Belajar Di Mi / Sd.

Chalil, A. (2008). Pembelajaran Berbasis Firtah. Jakarta: Balai Pustaka.

Hasanah, N. (2020). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Microsoft Power Point Sebagai Media Pembelajaran Pada Guru Sd Negeri 050763 Gebang. 1(2), 34–41.

Juni, S. (2022). Edu Manage. 1–11.

Kusumawati, I. T., Soebagyo, J., & Nuriadin, I. (2022). Studi Kepustakaan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Penerapan Model Pbl Pada Pendekatan Teori Konstruktivisme. 5(1), 13–18.

Latifah, N., Marini, A., & Maksum, A. (2021). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SEKOLAH DASAR (Sebuah Studi Pustaka). Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6, 42-51.

Maysarah. (N.D.). Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Memecahkan Masalah Struktur Aljabar. 52–60.

Muamalah, R. F., Ambarwati, M. D., Fauzi, M., & Naila, I. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WAYANG GOLEK TERHADAP KEMAMPUAN BERCERITA PADA SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR. PROCEEDING UMSURABAYA, 1(1).

Nisa, Ummi Khoirun. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Problem Based Learning Berbantuan Media Wayang Kartun Materi Membuat Cerita Kelas Ii Sd 5 Margorejo.

Ridlwan, M., Naila, I., & Nurdianah, L. (2022). Pembekalan Literasi Dasar Guru Sekolah Dasar Islam untuk Mencapai Sustainable Development Goal (SDGs): Pendidikan Berkualitas. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 15(2), 249-262.

Riris. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Ular Tangga Raksasa Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas 4 Sd Muhammadiyah 08 Medan Rizki Syahfitri Utara , Medan , Indonesia Sahkholid Nasution Utara , Medan , Indonesia Riris Nurkholidah Rambe Menentukan. 1(4), 138–153.

Rizky, R. (2022). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Memotivasi Siswa Sdn Muarasitulen. 6, 14114–14120.

Safran. (2021). Implementation Of Principles And Practices Of Democracy. 4(1), 102–116.

Salim, H. (2019). Penelitian Pendidikan Metode, Pendidikan Dan Jenis. Medan: Kencana (Divisi Prenadamedia Group).

Susanti. (2019). Jurnal Utile Penerapan Model Group Investigation ( Gi ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di Kelas Ilmu Pengetahuan Dan Sehingga Teknologi Yang Semakin Maju Manusia Dituntut Potensi Untuk Yang Selalu Mengembangkan Agar Siswa Tidak Bosan D. V, 123–133.

Susanti, E. (2023). Mengembangkan Media Pembelajaran Anak Usia Dini Di Paud Ainun Mahya Desa Lobu Huala Kecamatan Kualuh Selatan Kabupaten Labuhan Batu Utara. 3(2), 88–95.

Susanto, H., & Akmal, H. (2019). Media pembelajaran sejarah era teknologi informasi: Konsep dasar, prinsip aplikatif, dan perancangannya. Media Pembelajaran. Banjarmasin: Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Diambil dari http://eprints.ulm.ac.id/8313/1/10. Media Pembelajaran Sejarah Era Teknologi Informasi.pdf

Wahyuningtyas. (2020). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan. 2(1), 23–27.

Wiliawanto. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Question Student Have Untuk Meningkatkan Kemampuan. 3(1), 136–145.

Yusnaldi, E. (2023). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Ips Di Sd / Mi. 7, 32160–32166.

Published

2024-06-28

Issue

Section

Artikel