PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN WAYANG FAUNA IPA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DI MIS IKHWANUL MUSLIMIN TEMBUNG

Fadilla Putri (1), Aufa (2)
(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia,
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

Abstrak

Kemampuan berpikir kritis adalah suatu keterampilan atau kesanggupan berpikir yang efektif meliputi aktivitas yang telah dilakukan, kemudian mengevaluasi aktivitas ataupun tindakan yang telah dilakukan tersebut sehingga didapat suatu pemecahan masalah. Wayang fauna yang akan dibawakan untuk mengembangkan kemampuan berpikit kritis siswa, wayang fauna ini dikembangkan dari penelitian terdahulu yaitu wayang kartun yang akan menjadi wayang fauna. Wayang fauna  sebagai media pembelajaran yang berwujud bendatiruan yang mewakili aslinya yang terbuat dari kertas karton tebal, bamboo dan cat acrilyc. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui media wayang fauna IPA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodologi kuantitatif yang menggunakan teknik eksperimen dengan desain kuasi eksperimen dalam bentuk nonequivalent control group design, temuan penelitian ini memiliki potensi untuk menginspirasi teori baru. Pada akhir penelitian hasil komperasi dengan paired sample t-test, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa pada data pretest dan posttest terhadap media wayang fauna.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Andina. (2021). Media Dan Sumber Belajar Di Mi / Sd.

Chalil, A. (2008). Pembelajaran Berbasis Firtah. Jakarta: Balai Pustaka.

Hasanah, N. (2020). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Microsoft Power Point Sebagai Media Pembelajaran Pada Guru Sd Negeri 050763 Gebang. 1(2), 34–41.

Juni, S. (2022). Edu Manage. 1–11.

Kusumawati, I. T., Soebagyo, J., & Nuriadin, I. (2022). Studi Kepustakaan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Penerapan Model Pbl Pada Pendekatan Teori Konstruktivisme. 5(1), 13–18.

Latifah, N., Marini, A., & Maksum, A. (2021). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SEKOLAH DASAR (Sebuah Studi Pustaka). Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6, 42-51.

Maysarah. (N.D.). Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Memecahkan Masalah Struktur Aljabar. 52–60.

Muamalah, R. F., Ambarwati, M. D., Fauzi, M., & Naila, I. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WAYANG GOLEK TERHADAP KEMAMPUAN BERCERITA PADA SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR. PROCEEDING UMSURABAYA, 1(1).

Nisa, Ummi Khoirun. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Problem Based Learning Berbantuan Media Wayang Kartun Materi Membuat Cerita Kelas Ii Sd 5 Margorejo.

Ridlwan, M., Naila, I., & Nurdianah, L. (2022). Pembekalan Literasi Dasar Guru Sekolah Dasar Islam untuk Mencapai Sustainable Development Goal (SDGs): Pendidikan Berkualitas. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 15(2), 249-262.

Riris. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Ular Tangga Raksasa Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas 4 Sd Muhammadiyah 08 Medan Rizki Syahfitri Utara , Medan , Indonesia Sahkholid Nasution Utara , Medan , Indonesia Riris Nurkholidah Rambe Menentukan. 1(4), 138–153.

Rizky, R. (2022). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Memotivasi Siswa Sdn Muarasitulen. 6, 14114–14120.

Safran. (2021). Implementation Of Principles And Practices Of Democracy. 4(1), 102–116.

Salim, H. (2019). Penelitian Pendidikan Metode, Pendidikan Dan Jenis. Medan: Kencana (Divisi Prenadamedia Group).

Susanti. (2019). Jurnal Utile Penerapan Model Group Investigation ( Gi ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di Kelas Ilmu Pengetahuan Dan Sehingga Teknologi Yang Semakin Maju Manusia Dituntut Potensi Untuk Yang Selalu Mengembangkan Agar Siswa Tidak Bosan D. V, 123–133.

Susanti, E. (2023). Mengembangkan Media Pembelajaran Anak Usia Dini Di Paud Ainun Mahya Desa Lobu Huala Kecamatan Kualuh Selatan Kabupaten Labuhan Batu Utara. 3(2), 88–95.

Susanto, H., & Akmal, H. (2019). Media pembelajaran sejarah era teknologi informasi: Konsep dasar, prinsip aplikatif, dan perancangannya. Media Pembelajaran. Banjarmasin: Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Diambil dari http://eprints.ulm.ac.id/8313/1/10. Media Pembelajaran Sejarah Era Teknologi Informasi.pdf

Wahyuningtyas. (2020). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan. 2(1), 23–27.

Wiliawanto. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Question Student Have Untuk Meningkatkan Kemampuan. 3(1), 136–145.

Yusnaldi, E. (2023). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Ips Di Sd / Mi. 7, 32160–32166.

Penulis

Fadilla Putri
fadillaputri89@gmail.com (Kontak utama)
Aufa
Putri, F., & Aufa. (2024). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN WAYANG FAUNA IPA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DI MIS IKHWANUL MUSLIMIN TEMBUNG. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(2). Diambil dari https://journal.um-surabaya.ac.id/pgsd/article/view/22575

Rincian Artikel