ANALISIS MANAJEMEN PELAYANAN DAN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN INKLUSI BERDASARKAN TEORI DIFFERNTIATED OF INSTRUCTION DI SEKOLAH DASAR NEGERI PLUMUTAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2023

Nova Lailatul Azizah (1), Panca Dewi Purwati (2), Nugraheti Sismulyasih (3)
(1) Universitas Negeri Semarang, Indonesia,
(2) Universitas Negeri Semarang, Indonesia,
(3) Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Abstrak

Pendidikan atau sekolah yang menerima semua anak tanpa memandang potensi, kondisi fisik, mental, emosisosial, agama, gender maupun latar belakang ekonomi. Sebuah pelayanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus tanpa memandang kondisi fisik, intelegensi,sosial, emosional, dan kondisinya lainnya untuk belajar bersama dengan anak-anak normal di sekolah regular yang biasa disebut pendidikan inklusi. Sejalan dengan teori Differentiated Of Instruction yang menjelaskan bahwa setiap anak dapat belajar dalam satu kelas sesuai dengan tingkat kempuan berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelayanan dan peningkatan mutu dalam penerapan implementasi pendidikan inklusi di SD. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data menggunakan instrumen wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembeljaran dan evaluasi pembelajaran pendidikan inklusi di buat dengan mengimbangi kemampuan peserta didik terutama peserta didik anak berkebutuhan khusus. Penerapan pendidikan inklusi di SD Plumutan sesuai dengan teori Differentiated Of Instruction.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Andini, D. W. (2020). Pengembangan Kurikulum dan Implementasi Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Yogyakarta: PT Kanisius.

Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Atmaja. (2018). Pendidikan Dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: PT Rosdakarya.

Azhar. (2019). Konseptualisasi Peningkatan Mutu Pendidikan Tinggi melalui Total Quality Management (TQM. TARBIYA ISLAMIA: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 1-25.

Bahri, S. (2022). Manajemen Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 4 Nomor 1 Tahun 2022 , 94 -100.

Budiyanto. (2017). Pengantar Pendidikan Inklusif Berbasis Budaya Lokal. Jakarta: Prenadamedia Group.

Dinar Westri Andini, A. R. (2020). Pengembangan Kurikulum dan Implementasi Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Yogyakarta: PT Kanisius.

E.Susan. (2019). Manajemen sumber daya manusia. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 952-962.

Hamzah. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Literasi Nusantara.

Ibrahim. (2018 ). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Ikramullah, A. S. (2020). Optimalisasi Manajemen Sekolah Dalam Menerapkan Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 131-139.

Ismi, Y. S. (2019). Manajemen Kurikulum dalam Meningkatkan Mutu. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 257-266.

Januariani, Prim Masrokan, & Imam Fuadi. (2023). Manajemen Pelayanan dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Inklusi Sekolah di Tulungagung. Al-Fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 18–30. https://doi.org/10.54396/alfahim.v5i1.486.

Kristiana Natalia1, M. (2019). Manajemen Pembelajaran Inklusi dalam Mewujudkan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan.

Kustawan. (2016a). Manajemen Pendidikan Inklusif. Jakarta: PT Luxima Metro Media.

Kustawan. (2019). Penilaian Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: PT Luxima Metro Media.

Moleong. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasution, M. H. (2019). Manajemen Mutu Terpadu (MMT) dalam Pendidikan Islam. AlMuaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 228–248.

Nia Uzlifatun Ni’mah, D. (2022). Problematika Penyelenggara Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. JOTE Volume 3 Nomor 3 Tahun 2022, 345 353.

Olivia. (2017). Pendidikan Inklusi untuk Anak-anak Berkebutuhan Khusus Diintegrasikan Belajar di Sekolah Umum. Yogyakarta: ANDI.

Parnoto. (2020). Manajemen Pembinaan Perpustakaan Rumah Pintar Di KecamatanSemarang Barat. Media Pustakawan, 16-25.

Purwaningsih. (2019). Analisis Inovasi Administrasi Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran (Studi Man Rejang Lebong. Edukasi, 136-152.

Robiatul Munajah, A. M. (2021). Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU Volume 5 Nomor 3 Tahun 2021, 1183 - 1190.

Sembung, M. P., Joufree Rotty, V. N., & Lumapow, H. R. (2023). Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Cakrawala Repositori IMWI, 6(4), 613–621. https://doi.org/10.52851/cakrawala.v6i4.384

Seniwati, A. &. (2017). Buku Panduan Pendidikan Inklusif Sekolah Dasar. Denpasar: PT Percetakan Bali.

Setiawan. (2018). Kompetensi Pedagogis & Profesional Guru PAUD dan SD/MI. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Alfabeta Bandung.

Titi Susilowati, S. T. (2022). Manajemen Pendidikan Inklusi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. -Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 920 -928.

Ulfatin. (2018). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Malang: Media Nusa Creative.

Warsah. (2020). Islamic Psychological Analysis Regarding To Raḥmah Based Education Portrait At IAIN Curup. Jurnal Psikologi Islami, 29-41.

Wijaya. (2019). Manajemen Pendidikan Inklusif Sekolah Dasar. Jakarta : Prenadamedia Group.

Penulis

Nova Lailatul Azizah
novaaziz4h@gmail.com (Kontak utama)
Panca Dewi Purwati
Nugraheti Sismulyasih
Lailatul Azizah, N., Purwati, P. D., & Sismulyasih, N. (2024). ANALISIS MANAJEMEN PELAYANAN DAN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN INKLUSI BERDASARKAN TEORI DIFFERNTIATED OF INSTRUCTION DI SEKOLAH DASAR NEGERI PLUMUTAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2023. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(2). https://doi.org/10.30651/else.v8i2.22447

Rincian Artikel