Peningkatan Keterampilan Proses IPA Melalui Pendekatan Science, Environment, Technology, and Society (SETS) Di Sekolah Dasar

Rima Ismunayah (1), Din Azwar Uswatun (2), Iis Nurasiah (3), Astri Sutisnawati (4)
(1) Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Indonesia,
(2) Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Indonesia,
(3) Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Indonesia,
(4) Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Indonesia

Abstrak

Kemampuan pemahaman siswa kelas V dalam Pembelajaran IPA masih rendah, dikarenakan sebagian siswa masih menganggap pembelajaran IPA itu sulit, sehingga siswa membutuhkan keterampilan yang menekankan pada fakta, konsep dan proses. Maka penilitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses IPA melalui pendekatan SETS pada siswa kelas V SDN Selabintana Wetan. Pendekatan SETS ini dapat menimbulkan dan meningkatkan keterampilan proses IPA yang mana dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat langsung dalam proses kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimana dalam pelaksanaannya dilakukan sebanyak dua siklus. Subjek penelitian ini yakni siswa kelas V sebanyak 26 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi. Hasil penelitian dapat dibuktikan dengan meningkatnya keterampilan proses IPA yang ditunjukan oleh siswa pada hasil pembelajaran IPA melalui pendekatan SETS yaitu pada pelaksanaan pra siklus ketuntasan siswa hanya 33% karena semua siswa kurang menunjukan indikator keterampilan proses, kemudian pada pelaksanaan siklus I ketuntasan siswa mencapai 78% dan siklus II ketuntasan siswa mencapai 90%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan SETS mampu meningkatkan keterampilan proses IPA pada siswa kelas V SDN Selabintana Wetan.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Amali, K., Kurniawati, Y., & Zulhiddah. (2019). "Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik Berbasis Sains Teknologi Masyarakat Pada Mata Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar." Journal Of Natural Science and Integration. 2(2), 191-202.

Amanda , S., Muharrami, K. L., & Rosidi, I. (2018). "Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Yang Berbasis SETS." Jurnal NSER. 1(1), 57-64.

Chan , F., Budiono, H., & Setiono, P. (2019). "Pengembangan Multi Media Interaktif Berbasis Keterampilan Proses Dasar pada Materi Tumbuhan dan Bagian-bagiannya di Sekolah Dasar." Junal Else (Elementary School Education Journal), 3(1), 9-17.

Fatchan , A., Soekamto, & Hadi, Y. (2015). "Pengaruh Model Pembelajaran Science, Environment, Technology, and Society (SETS) Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Secara Tertulis Berupa Penulisan Karya Ilmiah Bidang Geografi Siswa SMA." Jurnal Pendidikan dan pembelajaran (JPP), 21(1), 33-40.

Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). "Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa." Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5, 181-188.

Hayati, A. I., Rosana, D., & Sukardiyono. (2019). "Pengembangan Modul Potensi Lokal Berbasis SETS Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses IPA." Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(2), 248-257.

Holil, A. (2017). "Pembelajaran IPA Inovatif Untuk Sekolah Sehari Penuh (Full Day School)." Jurnal Else (Elementary School Education Journal, 1(2), 60-67.

Iskandar , M., Hendra, Syafril, Putra , A. E., Nanda, D. W., & Efendi , R. (2023). "Developing Interactive Multimedia for Natural Science in High School." International Journal of Multidisciplinary Research of Higher Education, 6(3), 128-135.

Khasanah , N. (2015). "SETS (Science, Environmental, Technology, and Society) Sebagai Pendekatan Pembelajarn IPA Modern Pada Kurikulum 2013." Prosiding KPSDA, 1(1), 272-273.

Komariah , S., Azmi, N., & Gloria, R. (2015). "Penerapan Pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, Society) Dalam Pembelajaran Biologi Berbasis Imtaq Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Di SMA Negri 08 Kota Cirebon." Scientiae Educatia, 5(1), 1-11.

Kristyowati, R. (2018). "Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Ipa Sekolah Dasar Berorientasi Lingkungan." Prosiding Seminar dan Diskusi Pendidikan Dasar, 282-287.

Lestari, S., & Suryani, E. (2021). "Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis SETS Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV SD Hj. Istiati Moenadi Ungatan." Jurnal Perseda , 4(1), 40-45.

Permanasari, A. (2016). "STEM Edocation: Inovasi Dalam Pembelajaran Sains." SNPS, 23-34."

Qoyyimah, T. F., & Nogroho, F. O. (2021). "Pengarauh Model Pembelajaran Guided Ingulry Berbasis Pictorial Riddle Dalam Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran IPA dI Sdn Gudang." Jurnal Perseda, 4(3), 141-147.

Rini, C. P. (2017). "Pengaruh Pendekatan SETS (Science, Environment, Technology and Society) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar." Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 56-64.

Rukajat, A. (2022). Teori dan Praktik Penilitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Suhada, H. (2017). "Model Pembelajaran Inquiry Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPA." JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 13-24.

Supriyadi. (2019). Pendidikan IPA SD. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tessarani, Y. (2016). "Pengaruh Pendekatan Science, Environment, Technology and Society (SETS) Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Keterampilan Proses IPA Siswa SMP." Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 5(4), 1-9.

Widyaningtyas, R., Rusilowati, A., & Mosik. (2014). "Penembangan Komik Bervisi Sets Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Kelas IV Materi Sumber Daya Alam dan Kebencanaan Alam Tahun 2012/2013." Unnes Physics Education Journal, 3(1), 1-5.

Penulis

Rima Ismunayah
rimaismu025@ummi.ac.id (Kontak utama)
Din Azwar Uswatun
Iis Nurasiah
Astri Sutisnawati
Ismunayah, R., Uswatun, D. A., Nurasiah, I., & Sutisnawati, A. (2025). Peningkatan Keterampilan Proses IPA Melalui Pendekatan Science, Environment, Technology, and Society (SETS) Di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 9(1). https://doi.org/10.30651/else.v9i1.21975

Rincian Artikel