Analisis Nilai Pendidikan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab dalam Pembelajaran Musik Pada Pertunjukan CARITA di Sekolah Dasar
Abstrak
Penelitian ini bertujuan menganalisis nilai pendidikan karakter siswa yaitu disiplin dan tanggung jawab dalam pembelajaran musik pada pertunjukkan CARITA di SD Negeri Cicadas, Sukabumi. Kedua aspek ini merupakan nilai fundamental dalam membentuk karakter individu yang baik, baik di lingkungan sekolah maupun di masyarakat. Subjek penelitian terdiri dari 5 siswa laki-laki, yakni 1 siswa kelas 4, 3 siswa kelas 5, dan 1 siswa kelas 6. Pemilihan siswa kelas atas bertujuan agar siswa lebih mudah memahami nilai abstrak seperti harmoni, tempo, dan dinamika dalam memainkan gamelan, serta kurikulum seni musik tersebut sesuai dengan materi pembelajaran. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologis, melalui pengumpulan data primer yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi serta data sekunder berupa referensi data seperti jurnal. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran musik pada pertunjukkan CARITA ini terdapat karakter disiplin dan tanggung jawab pada siswa baik selama proses kegiatan maupun pada saat pertunjukkan.
Artikel teks lengkap
Referensi
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (CV. Syakir Media Pres (ed.)).
Adha, M. M., Putri, D. S., & Mentari, A. (2023). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Meningkatkan Kedisiplinan dan Tanggung Jawab Siswa. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan, 2(1).
Ahmad, & Muslimah. (2021). Memahami Teknik Pengolahan dan Analisis Data Kualitatif. Proceedings, 1(1), 173–186.
Antoni, A., & Wiza, R. (2021). Penanaman Karakter Disiplin di Asrama Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah Canduang. An-Nuha, 1(3), 386–400. https://doi.org/10.24036/annuha.v1i3.95
Budiyono, H. (2013). Penelitian Kualitatif Proses Pembelajaran Menulis. Jurnal Penelitian, 3(2), 12.
Cici Nugraheni Wirjosantosa. (2023). Pendampingan Gelar Karya dan Pentas Seni sebagai Wujud Pengaplikasian Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka (SD Negeri 4 Karanganyar). JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(2), 242–250. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v4i2.1364
Deril Sukma, Y., & Dyah, L. (2020). Jurnal perseda. Jurnal Persada, 4(2), 60–67.
Elvira, E. (2019). Manajemen Grup Sendratari pada Pogram Studi Pendidikan Sendratasik 76 Universitas Palangka Raya (UPR) (Sendratari Group Management In Sendratasic Education Study Program Palangkaraya University). Jurnal Tata Kelola Seni, 5(2), 76–87. https://doi.org/10.24821/jtks.v5i2.3259
Faishol, R., & Hidayah, F. (2021). Volume 01 , Number 05 February 2021. 01(05).
Idris, M. (2018). Ta’dibi : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Pendidikan Karakter: Perspektif Islam Dan Thomas Lickona, VII(September 2018). https://www.google.com/amp/s/m.liputan6.com/amp/2661828/kronologi-tawuran-bocah-sd-
Khairunnisa, K., & Jiwandono, I. S. (2020). Analisis Metode Pembelajaran Komunikatif untuk PPKn Jenjang Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(1), 9. https://doi.org/10.30651/else.v4i1.3970
Kusnadi, U., Mulyana, A., & Rachmania, S. (2023). Guru Dan Pembelajaran Musik Di Sekolah Dasar: Sebuah Refleksi Dalam Tinjauan Pedagogis-Filosofis. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 1652–1659. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i2.3374
Madina, A., Ardipal, Hakim, R., & Miaz, Y. (2021). Pendidikan Karakter dalam Pelaksanaan Pembelajaran Seni Musik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3134–3141. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1293
Maharani, I., Efendi, N., & Oktira, Yona, S. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4, 13090–13098.
Nasir, A., Nurjana, Shah, K., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Pendekatan Fenomenologi Dalam Penelitian Kualitatif 1. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(5), 4445–4451. https://j-innovative.org/index.php/Innovative%0APendekatan
Ningrum, R. W., Ismaya, E. A., & Fajrie, N. (2020). Faktor – Faktor Pembentuk Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Dalam Ekstrakurikuler Pramuka. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v3i1.5105
Nurasiah, I., Sumantri, M., Nurhasanah, N., & Casmana, R. (2022). Cultural Values’ Integration in Character Development in Elementary Schools: The Sukuraga as Learning Media. Frontiers in Education, 7(May). https://doi.org/10.3389/feduc.2022.849218
Nuryanto, S. (2017). Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler di SD Al Irsyad 01 Purwokerto. Jurnal Kependidikan, 5(1), 151–168. https://doi.org/10.24090/jk.v5i1.1260
Prihatmojo, A., & Badawi, B. (2020). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Mencegah Degradasi Moral di Era 4.0. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(1), 142. https://doi.org/10.20961/jdc.v4i1.41129
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin. 17(33), 81–95.
Rofii’uddiin, A. (2016). Kedisiplinan Siswa dalam Mengikuti Kegiatan Sekolah ( Studi Kasus di SD Negeri Panasan Sleman). Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(15), 397–407.
Suan, E. B. (2023). Manejemen Ansambel Musik dalam Kegiatan Ekstrakurikuler di SMK Kristen Reformasi Noelbaki. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 2074–2082. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1813
Suhaya. (2016). Pendidikan Seni Sebagai Penunjang Kreatifitas. FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 1(1), 1–10.
Suwartini, S. (2017). sitianafiah,+Journal+manager,+sri+suwarti_Pendidikan+Karakter+dan+Pembangunan+Sumber+Daya+Manusia+Keberlanjutan (3).pdf.
Thalha, A. (2019). Instrumen Pengumpulan Data. 7823–7830.
Triyani, E., Busyairi, A., & Anshori, I. (2020). Penanaman Sikap Tanggung Jawab Melalui Pembiasaan Apel Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Kelas Iii. Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 10(2), 150–154.
Tuasalamony, K., Hatuwe, R. S. M., Susiati, Masniati, A., & Marasabessy, R. N. (2020). Pengembangan pendidikan karakter di Sekolah Dasar Negeri 5 Namlea. Jurnal Pedagogy, 7(2), 81–90. https://ejournal.upm.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/608
Ulfa, D., Wibowo, M., & Sugiyo. (2015). Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar dengan Layanan Konseling Individual Teknik Self-Management. Indonesian Journal of Guidance and Counseling : Theory and Application, 5(1), 39–44.
Windah Wardhani, M. (2018). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Kedisiplinan Siswa Sdn Kepek Pengasih Kulon Progo Yogyakarta FACTORS CAUSING LOW DISCIPLINE OF STUDENTS AT SDN KEPEK PENGASIH KULON PROGO YOGYAKARTA. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(19), 1.877-1.886.
Yasin, & Muhammad. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin, Tanggung Jawab, dan Rasa Hormat di MIN 5 Bandar Lampung. 196.
Yuni, Q. F. (2017). Kreativitas Dalam Pembelajaran Seni Musik Di Sekolah Dasar: Suatu Tinjauan Konseptual. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1). https://doi.org/10.21043/elementary.v4i1.1980
Penulis
Hak Cipta (c) 2025 Synta Agustri

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright
The copyright holder for articles published by ELSE is the author.
Licence
Scientific articles published in this journal are licensed under license
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.