Efektivitas Model Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Pembelajaran Bahasa Indonesia

Anni Malihatul Hawa (1), Lisa Virdinarti Putra (2), Ela Suryani (3), Kartika Yuni Purwanti (4), Hesti Yunitiara Rizqi (5)
(1) Universitas Ngudi Waluyo, Indonesia,
(2) Universitas Ngudi Waluyo, Indonesia,
(3) Universitas Ngudi Waluyo, Indonesia,
(4) Universitas Ngudi Waluyo, Indonesia,
(5) Universitas Ngudi Waluyo, Indonesia

Abstrak

Kurangnya keterampilan siswa dalam menulis dan berbicara pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Model reciprocal teaching  merupakan suatu alternatif untuk meningkatkan efektifitas siswa dalam menulis dan berbicara pada pembelajaran Bahasa Indonesia yang lebih optimal. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui peningkatan efektifitas pembelajaran Bahasa Indonesia dengan  penerapan model reciprocal teaching. Penelitian dilaksanakan menggunakan desain eksperimen kuasi dengan  teknik analisis deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Lokasi penelitian dilaksanakan di SD Hj. Isriati Moenadi Ungaran, Semarang dengan sampel penelitian melibatkan 36 siswa kelas V Imam Bonjol sebagai kelas eksperimen dan 36 siswa V Kartini sebagai kelas kontrol. Hasil nilai rata-rata keterampilan berbicara pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas eksperimen yang awalnya 53.58 setelah perlakuan menggunakan model reciprocal teaching nilainya naik menjadi 85.69. Hasil uji paired sample t-test juga menjukkan nilai signifikansi (Sig.) 0,001 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian ini membuktikan bahwa terjadi peningkatan keterampilan berbicara pada pembelajaran Bahasa Indonesia, dan dapat dikatakan model reciprocal teaching efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Hj. Isriati Moenadi Ungaran, Semarang.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Abraham, Irfan. (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8(3), 2476-2482.

Bahri, A., Khaltsum, U., & Nasra, R. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Metode Brainstorming Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(1), 67-78.

Bistari, B. (2017). Konsep dan Indikator Pembelajaran Efektif. Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan, 1(2), 13-20.

Ghufron, Syamsul. (2020). Pembelajaran Menulis Kata Dengan Media Kartu Kata Bergambar Pada Anak Tunagrahita Ringan. ELSE (Elementary School Education Journal), 4(2), 66–80.

Hidayat, S., Hendrayana, A., & Pujiastuti, H. (2018). Identification of Readiness of Developing University to Apply Information and Communication Technology (ICT) in Teaching and Learning. In SHS Web of Conferences (Vol. 42, p. 00117). EDP Sciences.

Harianto, E. (2020). Metode Bertukar Gagasan Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(4), 411-422.

Ilham, M, & Wijiati, IA. (2020). Keterampilan Berbicara: Pengantar Keterampilan Berbahasa. Pasuruan : Lembaga Academic & Research Institute.

KBBI VI Daring. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/efektif

Kusumajanti, W. (2023). The Use of Folklore E-Books in Introducing Archaic Vocabulary for Elementary School Students. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(2), 166-171.

Muchson, M. 2017. Statistik Deskriptif. Bogor: Guepedia.

Martaulina, S. D., Sianipar, S., & Harianja, R. (2021). Literacy as an Effective Media for Distance Learning. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(3), 591-599.

Palincsar, A. S., & Brown, A. L. (1984). Reciprocal Teaching of Comprehension-Fostering and Comprehension-Monitoring Activities. Cognition and Instruction, 1, 117-175.

Pradja, B. P., & Firmansyah, M. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 159-166.

Prasetyo, Dimas Ari. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknologi Dasar Otomotif Peserta Didik Kelas X TKRO2 SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 3(1), 65-72.

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Masa Pandemi Covid-19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–872.

Rahmawati, M., & Suryadi, E. (2019). Guru Sebagai Fasilitator Dan Efektivitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 4(1), 49–54.

Ramadani Shefa D, Mas’udhatul Qibtiyah. (2021) Apakah Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Dapat Meningkatkan Minat Belajar dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA?. Jurnal ilmiah pendidikan biologi, 7(3), 123 – 132.

Ridlwan, M., Naila, I., & Nurdianah, L. (2022). Pembekalan Literasi Dasar Guru Sekolah Dasar Islam untuk Mencapai Sustainable Development Goal (SDGs): Pendidikan Berkualitas. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 15(2), 249-262.

Sugiyono, S., & Lestari, P. (2021). Metode Penelitian Komunikasi (Kuantitatif, Kualitatif, Dan Cara Mudah Menulis Artikel Pada Jurnal Internasional).

Suparlan, S. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekoah Dasar. FONDATIA, 4(2), 245-258.

Tarigan, E. B., Simarmata, E. J., Abi, A. R., & Tanjung, D. S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Tematik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2294-2304.

Ubabuddin, U. (2019). Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural di Daerah Transmigrasi Dan Perbatasan: Studi Multisitus di MTs. Yasti Kabupaten Bengkayang dan MTs. Al-Muhajirin Kabupaten Sambas Kalimantan Barat (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Penulis

Anni Malihatul Hawa
Lisa Virdinarti Putra
Ela Suryani
Kartika Yuni Purwanti
Hesti Yunitiara Rizqi
hestiyunitiara@gmail.com (Kontak utama)
Anni Malihatul Hawa, Lisa Virdinarti Putra, Ela Suryani, Kartika Yuni Purwanti, & Hesti Yunitiara Rizqi. (2024). Efektivitas Model Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(1). https://doi.org/10.30651/else.v8i1.21779

Rincian Artikel