PERPUSTAKAAN DIGITAL CERITA FABEL UNTUK PEMBELAJARAN MEMBACA DI KELAS V

Authors

  • Eva Nopitasari Universitas Pendidikan Indonesia
  • Prana Dwija Iswara Universitas Pendidikan Indonesia, Sumedang
  • Ali Ismail Universitas Pendidikan Indonesia, Sumedang

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v8i1.21532

Abstract

Keterampilan membaca merupakan suatu keterampilan seseorang menangkap ide dan gagasan melalui kata dan kalimat dalam bentuk tulisan. Permasalahan yang dialami oleh peserta didik kelas V yaitu keterbatasan pemahaman kosakata yang sulit. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran membaca dalam hubungannya dengan keterampilan menulis karangan fiksi. Media yang dikembangkan dinamai perpustakaan digital cerita fabel (PDCF). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Design and Development (D&D). Peneliti mengembangkan media PDCF dan peneliti menemukan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam menulis karangan cerita fiksi. Hasil wawancara dengan narasumber guru kelas menunjukkan bahwa media perpustakaan digital cerita fabel 97,14% layak digunakan sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar. Media ini memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengenal dan memperkaya kosakata baru beserta maknanya. Peneliti menguatkan teori bahwa semakin banyak peserta didik membaca, semakin kaya pengalamannya untuk dituangkan dalam tulisan atau cerita. Sekalipun efek media membaca tidak selamanya langsung mempengaruhi keterampilan menulis, namun bahan bacaan bagi peserta didik akan mendorong peningkatan menulis dan memperkaya wawasannya.

Kata Kunci: Perpustakaan digital; cerita fabel; media pembelajaran; keterampilan menulis

References

Bahri, A., Khaltsum, U., & Nasra, R. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Metode Brainstorming terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(1), 67-78.

Bonilla López, M., Van Steendam, E., Speelman, D., & Buyse, D. (2021). Comprehensive corrective feedback in second language writing: The response of individual error categories. Journal of Writing Research, 13(vol. 13 issue 1), 31–70. https://doi.org/10.17239/jowr-2021.13.01.02

Camayang, J. G., & Bautista, R. G. (2022). Teaching in the midst of the pandemic: Insights and perspectives from the lenses of the pre-service teachers. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 11(4), Article 4. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i4.23016

Fitriana, F., Yarmi, G., & Ardiasih, L. S. (2021). Hubungan Regulasi Diri dan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas V SD. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 219-232.

Fitriani, S., Istaryatiningtias, I., & Qodariah, L. (2021). A child-friendly school: How the school implements the model. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 10(1), Article 1. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i1.20765

Gunobgunob-Mirasol, R. (2020). A Survey of Grade 5 and 6 Pupils’ Attitudes Toward Reading. Reading Psychology, 41(3), 229–239. https://doi.org/10.1080/02702711.2020.1768982

Gusti, Y. (2020). Pengembangan Model Literasi melalui Dongeng dalam Memotivasi Membaca dan Menulis Berbasis Bahasa Indonesia: English. Studia Komunika: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 34-43.

Hariyanto, S., Warsono, W., & Harmanto, H. (2020). Kompetensi Guru SD Muhammadiyah Manyar Gresik dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Komunikasi (TIK). ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 116-123.

Harningrum, A. A., Yarmi, G., & Juhana, J. (2022). Hubungan Penguasaan Struktur Kalimat dan kemampuan Berpikir Kritis dengan Keterampilan Menulis Eksposisi Siswa Kelas V SD. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1), 141-153.

Haslinda, H., & Rubianto, R. (2022). Pengaruh Penguasaan Kosakata Berbantu Media Kartu Kata Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas IV UPT SPF SD Rappokalling 67/1. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1), 167-179.

Iswara, Prana Dwija. 2022. Belajar Baca. Sumedang: Caraka. https://drive.google.com/drive/folders/178ZleGqBlBM6hvBaKmPf2qHYp7LJ_4Lf?usp=sharing

Khamidah, N. (2017). Penggunaan Media Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2b).

Kustandi, C. and Situmorang, R., 2013. Pengembangan Digital Library Sebagai Sumber Belajar. Perspektif Ilmu Pendidikan, 27(1), pp.60-68.

Kusumajanti, W. (2023). The Use of Folklore E-Books in Introducing Archaic Vocabulary for Elementary School Students. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(2), 166-171.

Laila, Alfi, C. Asri Budiningsih, and Kastam Syamsi. 2021. “Textbooks Based on Local Wisdom to Improve Reading and Writing Skills of Elementary School Students.” International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE) 10(3):886–92.

Mcnamara, D. S., & Allen, L. K. (2019). Writing. Office of Naval Research (ONR): Institute of Education Sciences (ED).

Nopitasari, E., Fadhilah, D. L., & Aeni, A. N. (2022). Pemanfaatan Animasi Tono dan Tini Sebagai Media Penyampaian Akhlak Mulia Bagi Siswa Kelas 1 SD. Al-Fikri: Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam, 5(1), 10-21.

Nouri, J. (2019). A socio-cultural model for orchestrating mobile learning activities. International Journal of Technology Enhanced Learning, 11(2), 172. https://doi.org/10.1504/IJTEL.2019.098783

Putra, I. R., Sukartiningsih, W., & Indarti, T. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Esai Berbasis Lingkungan Menggunakan Model Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 1-18.

Ruddamayanti, R., 2019, March. Pemanfaatan buku digital dalam meningkatkan minat baca. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang (Vol. 12, No. 01).

Sariani, S., Khairat, M. E., & Yaningsih, -. (2021). An Optimization of Language Learning in Writing Through E-Learning: Encountering Covid-19 Pandemic. International Journal of Language Education, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.26858/ijole.v5i1.15375

Setiawan, F. (2017). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Media Gambar Berseri. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1).

Taja, Nadri, Encep Syarief Nurdin, Aceng Kosasih, Edi Suresman, and Tedi Supriyadi. 2021. “Character Education in the Pandemic Era: A Religious Ethical Learning Model through Islamic Education.” International Journal of Learning, Teaching and Educational Research 20(11).

Teo, P. (2019). Teaching for the 21st century: A case for dialogic pedagogy. Learning, Culture and Social Interaction, 21, 170–178. https://doi.org/10.1016/j.lcsi.2019.03.009

Wahidmurni, W. (2017). Pemaparan metode penelitian kualitatif.

Wahyuni, V. I., & Arifin, M. B. U. B. (2022). Efektivitas Model Mind Mapping dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD/MI. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 351-366.

Walter, K., Dockrell, J., & Connelly, V. (2021). A sentence-combining intervention for struggling writers: Response to intervention. Reading and Writing, 34(7), 1825–1850. https://doi.org/10.1007/s11145-021-10135-8

Ulfa, D. M., & Soenarto, S. (2017). Pengaruh penggunaan media video dan gambar terhadap keterampilan menulis kembali isi cerita kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 22-34.

Published

2024-02-17

Issue

Section

Artikel